Penjualan Online Ikan Asin sebagai salah satu Usaha Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Nelayan Bagan Deli

Sri Wahyuni, Mesra B, Akhyar Lubis, Supina Batubara

Abstract


Abstract. The Target that is wanted to be achieved from the Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) is the application of the sale of salted fish online (e-comerce) at the Fisherman Society. Bagan Deli that has a search for the people of fishermen, if the fish is not sold or discharged, the wives of fishermen process it into salted fish. However, the salty fish market has constraints that are only limited to traditional markets in Bagan Deli and to brokers that are selling prices very cheap. The main Target of this program is to implement good online sales with existing applications such as Shopee, Buka Lapak and social media. Training and mentoring was directly acquired by the team to the UKM Desi group of the salty fish-making fishermen in Bagan Deli fisherman who would later become a pilot for another UKM group of salted fish processing. The result of this activity is that the group of salty fish makers know and apply the online salty fish distribution (e-comerce). Where before sales are made only limited to traditional sales in Bagan Deli market.

Keywords: E-Comerce, Salted Fish, UKM

Abstrak. Target yang ingin dicapai dari Program Pengabdian Masyarakat Stimulus (PKMS) adalah penerapan penjualan ikan asin secara online (e-comerce) pada Masyarakat Nelayan Bagan Deli. Bagan Deli yang mayorita mata pencarian penduduknya Nelayan, jika ikan tidak laku atau habis dijual maka para istri nelayan mengolahnya menjadi ikan asin. Namun penjualanan ikan asin memiliki kendala yaitu penjualan hanya sebatas pasar tradisional di Bagan Deli dan kepada tengkulak yang mengakibatakan harga yang dijual sangat murah. Target utama program ini yaitu mengimplementasikan penjualan secara online baik dengan aplikasi yang sudah ada seperti shopee, buka lapak atau pun melalui media sosial. Pelatihan dan pendampingan dilakuakn langsung oleh tim kepada UKM Desi kelompok para istri nelayan pembuat ikan asin di Bagan Deli nelayan yang nantinya akan menjadi percontohan bagi kelompok UKM lain pengolah ikan asin. Hasil dari kegiatan ini adalah para kelompok UKM pembuat ikan asin mengetahui dan menerapkan penjulanan ikan asin secara online (e-comerce). Dimana sebelum penjualan dilakukan hanya sebatas penjualan tradisional di pasar bagan Deli.

Kata kunci: Penjualan Online, UKM, Ikan Asin


Keywords


Penjualan Online, UKM, Ikan Asin

Full Text:

PDF

References


Nurhafifh Matondang, “Implementasi Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Bagi Usaha Kecil Menengah Bojong Gede-Bogor”. ETHOS Jurnal Penelitian dan Pengabdian. Vol.6 No.1 Januari 2018. Hal:30-38

Nurprapti Wahyu Widyastuti, “Meningkatkan Daya Saing Produk Usaha Mikro Melalui Desain Kemasan kelompok Usaha Produsen dan Retailer Makanan ‘Kue Subuh’” Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks. Vol.4 No.1 Juni 2018. Hal 17-25

Deddy Prihadi, “Pengaruh Kemampuan e-comerce dan Promosi Di Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran” Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol.3 No.1, Juni 2018. Hal.15-20

Heri Irawan, “Penerapan E-Commerce Berbasis Website Utuk Meningkatkan Pangsa Pasar Penjulana Keripik UD Aduhai Gampong Karangnyar Kecamatan Langsa Baro Kota Langsa” Seminar Nasional Teknik Industri, Lhokseumawe-Aceh, Agustus 2017. Hal 13-14

Marliana. 2012. Penerapan Agenda Pengingat Berbasis Aplikasi. Prosiding SnaPP 2014 Sains, Teknologi dan Kesehatan. Volume 3 Nomor 1, Tahun 2012.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v8i1.5214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License