Pelatihan Penggunaan Fasilitas Google dalam Kegiatan Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik

Syamsul Bahri, Merta Simbolon, Desy Kumala Sari, Abrahan Laurens Rettob

Abstract


Abstract. The ability to use information technology is an important ability in 21st century learning. This Community Service Activities (PKM) aims to conduct training and describing the pedagogical competency profile of teachers in SMK Negeri 1 Sota in utilizing information technology to support teaching and learning activities. The method used was training, mentoring, and evaluating the results of activities. The instrument used to obtain data after the training was a Likert scale questionnaire consisting of 3 aspects and distributed into 30 statements. The three aspects measured are the ability to use various information technology applications, the ability to utilize online learning media, and the ability to use search engines and data collectors. The data obtained were analyzed quantitatively and the results were categorized based on ideal standard deviations. The results obtained in this activity were the ability of teachers in SMK 1 Sota in utilizing information technology to support the learning process is still low.

Keywords: online learning media, pedagogical ability, google classroom, google form

Abtrak. Kemampuan memanfaatkan teknologi informasi (TI) dalam pembelajaran merupakan kemampuan yang penting dalam pembelajaran abad 21. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan mendeskripsikan profil kompetensi pedagogik guru di SMK Negeri 1 Sota dalam memanfaatkan TI untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam  kegiatan ini adalah pelatihan, pendampingan, serta evaluasi hasil kegiatan. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data setelah dilakukan pelatihan adalah angket dengan skala likert yang terdiri dari 3 aspek dan dijabarkan menjadi 30 pernyataan. Ketiga aspek yang diukur adalah kemampuan menggunakan berbagai aplikasi TI kemampuan dalam memanfaatkan media pembelajaran online, dan kemampuan dalam menggunakan mesin pencari dan pengumpul data. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan hasilnya dikategorikan berdasarkan simpangan baku ideal. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini adalah kemampuan guru-guru di SMK Negeri 1 Sota dalam menfaatkan TI untuk mendukung proses pembelajaran masih kurang.

Kata Kunci: media pembelajaran online, kemampuan pedagogik, google classroom, google form


Keywords


media pembelajaran online, kemampuan pedagogik, google classroom, google form

Full Text:

PDF

References


Albatani, & Razak. (2018). Desain Perkuliahan Bahasa Arab Melalui Google Classroom. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(1), 83–102.

Bappenas. (2014). Laporan Akhir: Kajian Evaluasi Program Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Khusus dan Daerah Tertinggal. Jakarta.

Batubara, H. H. (2016). Penggunaan Google Form sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 40–50. Retrieved from https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/91/88

Destiana, B., & Utami, P. (2017). Urgensi Kompetensi Pedagogik Guru Vokasional. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 211–222. https://doi.org/https://doi.org/10.1021/ja00724a013

Kemdikbud. (2016). Analisis Sebaran Guru Dikdasmen di Wilayah 3T (Terluar, Terdepan, dan Tertinggal) Tinjauan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud. (2018). Data Pokok Pendidik Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved April 12, 2018, from dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.od/sekolah/ A3D9B8FDE3D04F4BAC44

LPPM Unmus. (2016). Rencana Strategis Pengabdian Kepada Masyarakat. Merauke: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Musamus.

Mulyasa. (2011). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saudagar, F., & Idrus, A. (2009). Pengembangan Profesionalitas Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Savitri, D. I. (2019). Penggunaan Pembelajaran 4.0 Berbantuan Aplikasi Google Classroom dan Google Form dalam Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jurnal Borneo Saintek, 2(1), 20–25. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Widiarsa, I. G. P., Marhaeni, A. A. A. I. N., & Sutama, I. M. (2013). Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Terhadap Hasil Belajar IPS (Studi Persepsi Pada Guru SD Kecamatan Kerambitan). Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 3(1).

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran (S. Z. Qudsy, Ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License