Pelatihan Pengoperasian Media Pembelajaran bagi Guru untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru
Abstract
Abstract. The training activities were carried out at SMPN 1 Krembung which aimed to improve the professionalism of teachers in the operation of electronic-based learning media. This dedication is a descriptive study with a quantitative approach. Data collection techniques used in the form of lectures, discussions, training, and documentation. The data obtained was analyzed descriptively quantitatively. The activities carried out are: (1) providing understanding for teachers about the importance of utilizing developing technology as a learning medium, and (2) conducting simulations of making electronic-based learning media ranging from how to create to the operation of electronic-based learning media. This activity was attended by twenty teachers from SMP Negeri 1 Krembung. Seventeen teachers understood the benefits and ways of using electronic learning media as well.
Keywords: Training, learning media, electronics, teacher professionalism, Junior High School 1 Krembung.
Abstrak. Kegiatan pelatihan dilakukan di SMPN 1 Krembung yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme guru dalam pengoprasian media pembelajaran berbasis elektronik. Pengabdian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam bentuk ceramah, diskusi, pelatihan, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Adapun kegaiatn yang dilakukan adalah: (1) memberikan pemahaman bagi guru mengenai pentingnya memanfaatkan teknologi yang berkembang sebagai media pembelajaran, dan (2) melakukan simulasi pembuatan media pembelajaran berbasis elektronik mulai dari cara mebuatan hingga pengoprasian media pembelajaran berbasis elektronik. Kegiatan ini diikuti oleh dua puluh guru SMP Negeri 1 Krembung. Sejumlah tujuh belas guru memahami manfaat dan cara menggunakan media pembelajaran media pembelajaran berbasis elektronik dengan baik.
Kata Kunci: Pelatihan, media pembelajaran elektronik, profesionalisme guru, SMP Negeri 1 Krembung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggrasari, L. A. (2017). Meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Melalui Pengembangkan Media Pembelajaran Online Berbasis Edmodo. . . ISSN, 5.
Ceha, R., Prasetyaningsih, E., & Bachtiar, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Kegiatan Pembelajaran. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 131-138.
Chaeruman, U. A. (2019). Mengintegrasikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Ke Dalam Proses Pembelajaran: Apa, Mengapa Dan Bagaimana? Jurnal Teknodik, 046. https://Doi.Org/10.32550/Teknodik.V0i0.536
Deda, Y. N. (2019). Workshop Media Animasi untuk Meningkatkan Kreativitas Guru di Kelurahan Kefamenanu Tengah. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 70-76.
Fajar, M. Y., Rohaeni, O., Permanasari, Y., Iswani, A., & Mulkiya, K. (2017). Meningkatkan Kompetensi Guru SMA dan Sederajat Melalui Pelatihan Pembelajaran Berbasis TIK. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 175-181
Irmade, O., & Widjanarko, P. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Ict (Information Communication Technologi) Di Tk Rumah Pelangi Colomadu Karanganyar. 6.
Muslih, M. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT Pada Lembaga Pendidikan Non-Formal TPQ. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 16(2), 215. https://Doi.Org/10.21580/Dms.2016.162.1090
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005. (2005). Presiden Republik Indonesia.
Rivalina, R. (2014). Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. 18, 12.
Rosy, B., Ranu, M. E., Nugraha, J., & Handini, H. T. (2018). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning, Schoology Bagi Guru Smk Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di Kabupaten Jombang Jawa Timur. Https://Doi.Org/10.21009/JPMM.002.2.02
Sari, I. P., Sari, M. N., & Miftah, Z. (2019). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informas. 02.
Somantri, O., Abidin, T., Wibowo, D. S., & Wiyono, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Membuat E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Sma Negeri 1 Subah. 23.
Sumintono, B., Wibowo, S. A., Mislan, N., & Tiawa, D. H. (2012). Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pengajaran: Survei Pada Guru-Guru Sains Smp Di Indonesia. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 17(1), 122. https://Doi.Org/10.18269/Jpmipa.V17i1.251
Trisisca, I., & Sulistyo, T. (2017). Pelatihan “Pembelajaran Berbasis Ict” Bagi Guru-Guru Taman Kanak – Kanak Dan Raudhatul Athfal Kecamatan Bantur. 2(2), 5.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. (2005). Presiden Republik Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v9i1.6222
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.