Asistensi Penulisan Artikel Untuk Meningkatkan Kualitas Publikasi Mahasiswa Pgsd Universitas Mataram

Arif Widodo, Asrin Asrin, Asri Fauzi, Muhammad Syazali, Umar Umar, Muhammad Erfan

Abstract


 The final output of thesis writing is scientific publication. Based on the analysis of the problem in one of the study programs, it was found that student publications were still oriented to journals that had not been accredited. This community service activity aims to improve the quality of student publications in SINTA accredited scientific journals. This activity was carried out in one of the study programs at the University of Mataram. The participants of the activity are final year students who are compiling articles from the thesis. The method of carrying out activities is through making online publication classes. Through the publication class, students are guided to compose manuscripts, manuscript templates, the introduction of accredited journals, the process of submitting manuscripts to assistance at the manuscript review stage. Based on the results of the program evaluation, it can be concluded that article writing assistance through the publication class is quite successful in improving the quality of student publications. This can be seen from several student publications that have been successfully published in SINTA accredited journals. Barriers experienced during the assistance activities are limited time, the ability of students in the technique of writing articles is still lacking and the motivation to publish in accredited journals is still low.

 

 

 Luaran akhir dari penulisan skripsi adalah publikasi ilmiah. Berdasarkan analisis masalah pada salah satu program studi ditemukan fakta bahwa publikasi mahasiswa masih berorientasi pada jurnal yang belum terakreditasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas publikasi mahasiswa ke jurnal ilmiah terakreditasi SINTA. Kegiatan ini dilaksanakan pada salah satu program studi di Universitas Mataram. Peserta kegiatan adalah mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun artikel dari skripsi. Metode pelaksanaan kegiatan melalui pembuatan kelas publikasi secara online. Melalui kelas publikasi mahasiswa dibimbing untuk menyusun naskah, templating naskah, pengenalan jurnal terakreditasi, proses submit naskah hingga pendampingan pada tahapan review naskah. Berdasarkan hasil evaluasi program dapat disimpulkan bahwa asistensi penulisan artikel melalui kelas publikasi cukup berhasil dalam meningkatkan kualitas publikasi mahasiswa. Hal ini dapat terlihat dari beberapa naskah publikasi mahasiswa yang telah berhasil publish dijurnal terakreditasi SINTA. Hambatan yang dialami selama kegiatan asistensi adalah keterbatasan waktu, kemampuan mahasiswa dalam teknik menulis arikel masih kurang dan motivasi untuk melakukan publikasi di jurnal terakreditasi masih rendah.

Keywords


student publications, publication class, publication quality, publikasi mahasiswa, kelas publikasi, kualitas publikasi

Full Text:

PDF

References


Adhikara, MF Arrozi, Sri Handayani, Sapto Jumono, and Darmansyah Darmansyah. 2014. “Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas 1(1):41–53.

Aisyah, Eny Nur and Putri Mahanani. 2017. “Pelatihan Menulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Dan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang.” Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):22–26.

Bahri, Syamsul, Merta Simbolon, Desy Kumala Sari, and Abrahan Laurens Rettob. 2020. “Pelatihan Penggunaan Fasilitas Google Dalam Kegiatan Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik.” ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 8(2):205–11.

Fazriyah, Nurul, Cartono Cartono, and Rolly Maulana Awangga. 2020. “Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Quizizz Di Sekolah Dasar Kota Bandung.” ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 8(2):199–204.

Kusmana, Suherli. 2017. “Pengembangan Literasi Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Diglosia - Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia 1(1):140–50.

Nimasari, Elok Putri. 2017. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Plagiat.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 7(02):115.

Persadha, Dhimas Asih Kusuma. 2016. “Studi Kompetensi Kemampuan Menulis Di Kalangan Mahasiswa.” Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman 6(1):1.

Rahmiati, Rahmiati. 2013. “Problematika Mahasiswa Dalam Menulis Karya Ilmiah.” Jurnal Adabiyah 8(2):160–75.

Septian, Ari, Nia Jusniani, Muhammad Husni, and Widyawati Widyawati. 2021. “Penyusunan Artikel Ilmiah Dan Pengenalan Open Journal System (OJS) Bagi Guru-Guru Matematika SMA Di Kabupaten Cianjur.” ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 9(1):8–14.

Somantri, Oman and Yeni Priatna Sari. 2021. “Workshop Literasi Digital Menggunakan Reference Manager Pada Masa Pandemi Covid-19.” ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 9(2):228–36.

Sukardi, Burhanuddin, and Lalu Ali Wardana. 2019. “Pelatihan Dan Pendampingan Swasunting Artikel Ilmiah Untuk Mahasiswa Magister Bidang Pendidikan Pascasarjana Universitas Mataram.” Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat 2(1):23–29.

Syazali, Muhammad, I. Ketut Widiade, Nursaptini Nursaptini, Ni Luh Putu Nina S, and Hasnawati Hasnawati. 2020. “Evaluasi Keterampilan Menulis Makalah Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 6(3):546–56.

Widodo, Arif, Abdul Kadir Jailani, Setiani Novitasari, Deni Sutisna, and Muhammad Erfan. 2020. “Analisis Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Baru PGSD Universitas Mataram.” Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar VI(1):77–91.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v10i1.7772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License