Pelatihan Camtasia Pada Guru SD Panca Budi Untuk Mendukung Transformasi Digital Sekolah Masa Pandemi Covid-19

Sri Wahyuni, Eko Hariyanto, Saimara Sebayang

Abstract


This PKM program is intended to improve the skills of Elementary School (SD) teachers Panca Budi Medan in carrying out digital transformation of schools. It is conducted by creating interesting animation and E-Learning-based learning materials that can increase students interest in learning in the midst of the Covid-19 pandemic. The teachers of SD Panca Budi Medan are also expected to be examples and share knowledge with other schools and teachers in conducting distance learning, but the material provided is still interesting and increases students, interest in learning even though learning is bold. This PKM in addition to teaching how to use technology in digital transformation, the school also deepens the material for using the Camtasia application to make learning and teaching fun for the students of SD Pendidikan Panca Budi. The target of this PKM is the teachers of SD Panca Budi Medan. At the end of the session, there will also be a test evaluation using the KHoot application where it is hoped that teachers can also apply it online to students. The results obtained are the level of knowledge and skills of teachers in using Camtasia in supporting PJJ during the Covid-19 Pandemic.

 

Program PKM ini ditujukan untuk meningkatkan keterampilan guru Sekolah Dasar (SD) Panca Budi Medan dalam melakukan transformasi digital sekolah. Hal ini dilakukan dengan membuat bahan belajar berbasis animasi dan E-Learning yang menarik dan dapat meningkatkan minat belajar para siswa di tengah wabah pandemi Covid-19. Para guru SD Panca Budi Medan juga diharapkan dapat menjadi contoh dan berbagi ilmu kepada sekolah dan guru lain dalam melakukan pembelajaran jarak jauh, namun materi yang diberikan tetap menarik dan meningkatkan minat belajar para siswa walaupun pembelajaran secara daring. PKM ini selain mengajarkan cara penggunaan teknologi dalam transformasi digital Sekolah juga lebih mendalami materi penggunaan aplikasi Camtasia menjadikan suasana belajar dan mengajar menjadi menyenangkan bagi para siswa SD Perguruan Panca Budi. Sasaran dari PKM ini adalah para guru SD Panca Budi Medan. Diakhir sesi juga akan dilakukan evaluasi tes menggunakan aplikais KHoot dimana harapannya para guru juga dapat diterapkan secara online kepada para peserta didik. Hasilnya diperoleh tingkat pengetahuan dan keterangpilan para guru dalam menggunakan Camtasia dalam mendukung PJJ pada masa Pandemi Covid-19.


Keywords


Camtasia, Online, School Digital Transformation, Camtasia, Daring, Transformasi Digital Sekolah

Full Text:

PDF

References


Ar, A., Awaludin, R., Hartuti, P. M., & Rahadyan, A. (2019). Aplikasi Cabri 3D Berbantu Camtasia Studio untuk Pembelajaran Matematika di SMP. 10(1), 68–75.

Batubara, S., Wahyuni, S., Hariyanto, E., & Lubis, A. (2021). Webinar Menangkal Cyberporn Pada Internet dan Android Memanfaatan Add Ons dan Aplikasi Antipornografi Parental Control Di SMA Panca Budi. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 164–173. https://doi.org/10.31294/jabdimas. v4i1.9048

Fitriyani, H., & Dwi, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Instrumen Evaluasi Online Menggunakan Google Form Bagi Guru Sekolah Dasar Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ethos, 9(2), 204–215.

Guntoro, G., Lisnawita, L., & Sadar, M. (2019). Pelatihan Internet Sehat dan Aman bagi Siswa SMK Masmur Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 223–230. https:// doi.org/10.30653/002.201942.105

Hermansyah. (2021). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Unsur Kimia dengan Metode Computer Based Instruction ( CBI ). 9(3), 74–78.

Mesra, B., Wahyuni, S., Sari, M. M., & Pane, D. N. (2021). E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk Industri Rumah Tangga Di Desa Klambir Lima Kebun. 1(3), 115– 120.

Oroh, S., Mananeke, L., & Sangkaeng, S. (2015). Pengaruh Citra, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Objek Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Objek Wisata Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 1089– 1100.

Pasaribu, E. Z., Ritonga, M. W., Watrianthos, R., & Hidayah, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Rantau Selatan. Maju, 7(2), 212–220.

Prasetyo, R. A. (2017). “Peranan Bumdes Dalam Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Pejambon Kecamatan ... Jurnal Dialektika Volume, XI(March 2016), 86–100.

Sebayang, S., Nuzuliati, & Wahyuni, S. (2021). Edukasi Kepada Perangkat Desa Tentang Motivasi Kerja Kepemimpinan dan Budaya Organisasi. 1(1), 51–58.

Somantri, O., & Sari, Y. P. (2021). Workshop Literasi Digital Menggunakan Reference Manager Pada Masa Pandemi COVID-19. Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 228–236.

Sulaa, D. I. K., & Betoambari, K. (2020). PELATIHAN CITIZEN JOURNALISM BAGI REMAJA USIA SEKOLAH DI WILYAH PESISIR PANTAI NIRWANA. 20–27.

Wahyuni, S., Mesra, B., Lubis, A., & Batubara, S. (2019). Penjualan Online Ikan Asin Sebagai Salah Satu Usaha Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Nelayan Bagan Deli. Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 89–94.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v10i1.7857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License