Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial dalam Mengembangkan Komunikasi Bisnis

Andri Astuti Itasari, Nurnawati Hindra Hastuti

Abstract


Abstract. The role of PKK asociation is very important as an umbrella organization in a society. This dedication is given toward PKK's housewife in Polaharjo village, Sidowayah, Klaten. The obstacle faced by partner in this dedication program is about using social media. They do not understand to use it well. Even though, most of trading use it. The main trading in this PKK asociation includes with some partners and must be launched soonly, so it needs knowledge, understanding, and training about social media. Some solutions given by dedication team to partners are holding education with eludication, speech, discussion, training, and side by side using social media. This education activity is doing in PKK at Polaharjo village, Sidowayah, Klaten. This social media is considered as one best way to know and distribute a product, so it can grow business communication up. Some partners can understand about the knowledge is given to them and they are getting used to it very well.

Keywords: social media, PKK asociation, business communication

Abstrak. Peran paguyuban PKK sangat penting sebagai wadah organisasi di masyarakat. Pengabdian masyarakat ini ditujukan kepada ibu-ibu PKK di desa Polaharjo, Sidowayah, Klaten. Permasalahan mitra dalam program pengabdian ini yakni belum terbiasa menggunakan media sosial secara lebih mendalam padahal usaha dagang pada pokok kerja di paguyuban PKK ini dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait dan segera direalisasikan, sehingga perlu adanya pengetahuan, pemahaman dan pelatihan tentang menggunakan media sosial. Solusi masalah yang ditawarkan oleh tim pengabdian pada mitra yaitu mengadakan edukasi melalui penyuluhan, ceramah, diskusi, pelatihan dan pendampingan dalam  menggunakan media sosial dengan pihak mitra. Kegiatan edukasi ini dilakukan pada saat acara PKK di desa polaharjo, Sidowayah, Klaten. Media sosial ini dianggap salah satu cara yang mumpuni dalam memperkenalkan dan memasarkan produk, sehingga dapat mengembangkan komunikasi bisnis. Beberapa mitra dapat memahami pengetahuan yang diberikan dan mulai terbiasa menggunakan media sosial dengan baik.

Kata Kunci : Media sosial, Paguyuban PKK, Komunikasi Bisnis


Keywords


Media sosial, Paguyuban PKK, Komunikasi Bisnis

Full Text:

PDF

References


Haji, K. (2021). E-commerce development in rural and remote areas of BRICS countries. Journal of Integrative Agriculture, 20(4), 979–997. https://doi.org/10.1016/S2095-3119(20)63451-7

Indhiarti, T. R., Manipuspika, Y. S., & Sudarwati, E. (2020). Pelatihan Pengelolaan Media Sosial Kampung Biru Arema Sebagai Media Promosi. Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 191–198.

Liputan6.com. (2020). Mendagri Himbau Pemda Memperkuat Pemberdayaan PKK. Liputan6.Com. Retrieved from https://www.liputan6.com/news/read/4202058/mendagri-himbau-pemda-memperkuat-pemberdayaan-pkk

Megawati., Nurhingwahyu, S., & Krisdianto, D. (2019). Penerapan Komunikasi Bisnis Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Produk Alat Kesehatan. Jiagabi, 8(3), 141–147. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?start=20&q=jurnal+bentuk+komunikasi+bisnis&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&u=%23p%3DTaGy9uOWUboJ

Nur, L., Baga, L. M., & Tinaprilla, N. (2017). Komunikasi Bisnis Pt Galih Estetika Indonesia Dalam Meningkatkan Kemitraan Ubi Jalar. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 15(2), 24–36. https://doi.org/10.29244/jurnalkmp.15.2.

Permana, R., Tyaswara, B., & Suhadi, M. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Pada MA Nurul Iman Bandung. Jurnal Sosial & Abdimas, 2(1), 34–40.

Putriyandari, R., Amran, A., Roisah, R., Komalasari, Y., & Yuliyana, W. (2018). Implementasi Pemanfaatan Media Sosial dalam Meningkatkan Pendapatan di Lembaga Belajar Smart Club Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 15. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Setiawati, Sri Dewi. Purba, Veny., Retnasari, Maya., Fitriawati, Diny., Ngare, F. (2018). Membangun Kemampuan Presentasi Bisnis Sebagai Upaya dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah. Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 252–258. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?start=10&=jurnal+komunikasi+bisnis+bentuk+umkm&hl=id&as=0,5#d=gs_qabs&u=%2523p%25DpplyxZQCiPcJ

Setyowardhani, H., Susanti, H., & Riyanto. (2019). Optimalisasi Media Sosial sebagai Alat Promosi untuk Desa Wisata Lebakmuncang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 19–26. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.2848

Totoh, A. (2021). Media Sosial untuk Bisnis. Kumparan.Com. Retrieved from https://kumparan.com/asep-totoh/media-sosial-untuk-bisnis-1vCNemJbO65

Wahyuni, S., Harianto, E., & Batubara, S. (2020). Optimalisasi Aplikasi Media Sosial dalam Mendukung Promosi Wisata Geol Desa Pematang Serai. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(2), 129–134.

Wibawa, A., Made, N., & Mayanti, D. (2021). Pengedukasian UMKM Jegeg Bali Tailor Melalui Transformasi Digital Selama Pandemi Covid-19 di Tabanan. Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 129–135.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v10i2.8081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License