Peningkatan Ekonomi Melalui Pengolahan Tepung Mocaf Pada Masa Pandemi Covid-19

Dede R. Oktini, Rahmat Effendi, Yudha Dwi Nugraha, Rezi Muhamad Taufik Permana

Abstract


PKM is aimed at cassava farmers and the village community of Rende. The role of farmers and businesses processed foodis very much needed considering the economic condition has decreased since the Covid-19, meanwhile government changed the direction of development by prioritizing economic. Farmers complain that it is difficult to sell until difficult to improve their welfare. The purpose of PKM so that the harvest can be sold in product, in the form of mocaf flour with the intention that it is not difficult to sell and the price is higher. The target audience is those who need and are willing to be fostered in the business, goal ultimateis the establishment of sustainable business. The method of activity is tutorials and training. Based on the results of PKM assistance, there are 7 participants who are serious about doing business through partnerships and marketed, so that the harvest is utilized and sold because Mocaf can last 1 year. The price of cassava hasn’t increased because it’s still from their own plantations and the amount of production is limited. Marketing has been done online, but has not been able to meet demand due to production constraints

 

PKM ini ditujukan pada petani singkong dan masyarakat desa RendeBandung Barat. Peran petani dan pelaku usaha makanan olahan sangat dibutuhkan mengingat kondisi perekonomian desa Rende – mengalami penurunan semenjak mewabahnya Covid-19, sementara itu pemerintah daerah mengubah arah pembangunan dengan memprioritaskan recovery perekonomian. Petani mengeluhkan sulitnya menjual hasil panen, tengkulak hanya membeli sebagian dengan harga rendah sehingga sisa panen tidak termanfaatkan, kemudian dibuat gaplek sebagai pakan ternak berharga murah. Akibatnya petani sulit meningkatkan kesejahteraannya. Tujuan PKM ini agar hasil panen dapat dijual dalam bentuk olahan, berupa tepung mocaf dengan maksud agar tidak sulit dijual dan harganya lebih tinggi. Khalayak sasaran adalah yang membutuhkan dan bersedia dibina dalam bisnis mocaf, tujuan akhirnya adalah terbentuknya usaha mocaf bekesinambungan. Metode kegiatannya tutorial dan pelatihan, tutorial pemasaran dan menyisipkan kewirausahaan islami. Berdasarkan hasil pendampingan PKM menunjukkan bahwa terdapat 7 peserta yang serius melakukan bisnis melalui kemitraan dan dipasarkan secara online, sehingga hasil panen termanfaatkan dan terjual karena mocaf dapat bertahan 1 tahun. Harga singkong belum meningkat karena masih dari kebun milik sendiri dan jumlah produksi terbatas. Pemasaran sudah dilakukan secara online, namun belum mampu memenuhi permintaan karena terkendala produksi


Keywords


Farmers, Mocaf, Price, welfare, Petani, Mocaf, Harga, Kesejahteraan

Full Text:

PDF

References


Agussabti. (2020). Penyuluhan Pertanian Berbasis Syariah. Syah Kuala. University Press.

Alfarizi, Moh Khory., Amri Mahbub. Tempo.Co. 08 Mei 2018.

Erismar, Amri., Putri, Pratiwi. (2014). Pembuatan Mocaf (Modified Cassafa Flour) Dengan Proses Fermentasi menggunakan beberapa jenis ragi. Jurnal Pelangi Research of Education and Development. 6(2), 182-191.

Fan, S., Lau, R. Y. K., & Zhao, J. L. (2015). Demystifying Big Data Analytics for Business Intelligence Through the Lens of Marketing Mix. In Big Data Research, 02(006).

Fernandes, N. (2020). Economic Effects of Coronavirus Outbreak (COVID-19) on the World Economy. SSRN Electronic Journal, 10(2139).

GlobalWebIndex. (2018). Gwi Social. WHO.(2020).Q&A on Coronavirus (COVID-19).Who

Harrington, R. J., Ottenbacher, M. C., & Fauser, S. (2017). QSR brand value: Marketing mix dimensions among McDonald’s, KFC, Burger King, Subway and Starbucks. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 10(06), 215-300.

Hanafie, Rita. (2010). Pengantar Ekonomi Pertanian. Andi, Yogyakarta

Herwina, Wiwin. (2021). Anaisis Modelmodel Pelatihan. CV Bayfa Cendikia Indonesia. Madiun Jawa Timur.

Hui, D. S., I Azhar, E., Madani, T. A., Ntoumi, F., Kock, R., Dar, O., Ippolito, G., Mchugh, T. D., Memish, Z. A., Drosten, C., Zumla, A., & Petersen, E. (2020). The continuing 2019-nCoV epidemic threat of novel coronaviruses to global health — The latest 2019 novel coronavirus outbreak in Wuhan, China. In International Journal of Infectious Diseases, 1(9), 1016.

Ivanov, D. (2020). Predicting the impacts of epidemic outbreaks on global supply chains: A simulationbased analysis on the coronavirus outbreak (COVID-19/SARSCoV-2) case. Transportation Research Part E: Logistics and Transportation Review.

Kecamatan Cikalongwetan Dalam Angka. (2018). Badan Pusat Statistik Kabupaten Bandung Barat. Bandung Barat

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Mangement. In Pearson Edition Limited. New Jersey.

Loo, P. T., & Leung, R. (2018). A service failure framework of hotels in Taiwan: Adaptation of 7Ps marketing mix elements. Journal of Vacation Marketing.

Marsigit., Wuri. (2010). Pengembangan diversifikasi produk pangan olahan lokal Bengkulu untuk menunjang ketahanan pangan berkelanjutan. Agritech, 30(4), 256-264.

Nasution, Arman Hakin & Hermawan Kartajaya. (2018). Inovasi. Andi. Yogyakarta.

Nicola, M., Alsafi, Z., Sohrabi, C., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Iosifidis, C., Agha, M., & Agha, R. (2020). The socio-economic implications of the coronavirus pandemic (COVID-19): A review. In International Journal of Surgery.

Alwasilah, Mentari. (2017). Desa RendeDesa Wisata Berbasis Pertanian dan Masyarakat. Berita.

Oktini, Dede R. (2017). Pembinaan manajemen zooteknis pada kelompok usahatani cidole desa Rende Cikalongwetan Bandung Barat. Prosiding SNaPP : Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 7(2).

Renstra LPPM Unisba 2016-2020. (2020). LPPM Unisba. Bandung.

Rosmeri, Vinsensia Iva & BNM. (2013). Pemanfaatan tepung umbi Gadung (Dioscorea Hispida Dennst) dan tepung mocaf (modified cassava flour) sebagai substitusi dalam pembuatan mie basah, mie kering, mie instan. Jurnal teknologi kimia dan industri, 2(2), 246-256.

Saragih, R. (2017). Membangun usaha kreatif, inovatif dan bermanfaat melalui penerapan kewirausahaan sosial. Jurnal Kewirausahaan, 3(2), 26-34.

Setiawina, Nyoman. Djinar. (2016). Harapan Rasional Ekonomi Makro. ANDI. Yogyakarta.

Sukirno,S. 2011. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Edisi ketiga. P.T Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Syah, Dahrul. (2018). Riset untuk memberdayakan potensi lokal. IPB Press. Bogor.

Tumiwa, Krueger Kristanto dkk. (2021). Tetap Kreatif Dan Inovatif Di Tengah Pandemi Covid-19. PT. Nasya Expanding Manajemen. Pekalongan Jawa Tegah.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v10i1.8264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License