Penguatan Koperasi Syariah Al Murabby melalui Kelembagaan dan Digitalisasi Bisnis
Abstract
Abstract. The Covid 19 pandemic forced the government to issue a large-scale social restriction policy (PSBB) that has a very serious impact on the business activities of the Al Murabby Islamic Cooperative MAN 1 Bandung in the form of obstruction of the cooperative business process and a decrease in sales. Efforts are needed to improve cooperative business performance. The LPPM ITB Community Service Team is engaged in conducting training and mentoring tostrengthen the Al Murabby Sharia Cooperative through institutional improvements and business digitalization. The activity stages consist of preparation, problem diagnosis, design, and implementation of training and mentoring. The training and mentoring activities were attended by 22 participants consisting of the management and supervisory bodies of the Al Murabby Sharia Cooperative, teacher representatives, employees, and alumni of MAN 1 Bandung. The participants attended the activity with great enthusiasm to gain knowledge and understanding of institutional aspects, cooperative accounting and e-commerce. The results of the activities showed an increase in the knowledge, understanding and skills of the participants before and after the training. Given that the training is still basic training , after the mentoring is complete, further training is needed.
Abstrak. Pandemi covid 19 yang melanda negeri memaksa pemerintah mengeluarkan kebijakan pembatasan sosial bersekala besar (PSBB) dan berdampak sangat serius pada aktivitas bisnis Koperasi Syariah Al Murabby MAN 1 Kota Bandungberupa terhambatnya proses bisnis koperasi dan penurunan omset penjualan. Perlu upaya-upaya untuk meningkatkan kembali kinerja bisnis koperasi. Tim Pengabdian Masyarakat LPPM ITB bergerak melakukan pelatihan dan pendampingan dalam rangka penguatan Koperasi Syariah Al Murabby melaluipenyempurnaan kelembagaan dan digitalisasi bisnis. Tahapan kegiatan terdiri dari persiapan, diagnosa permasalahan, perancangan, dan implementasi pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pelatihan dan pendampingan diikuti oleh 22 orang peserta yang terdiri dari para pengurus dan badan pengawasKoperasi Syariah Al Murabby, wakil guru, karyawan, dan alumni MAN 1 Kota Bandung. Kegiatan berjalan dengan sangat antusiastik, para peserta mengikuti kegiatan dengan penuh semangat demi mendapatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai aspek kelembagaan, akuntansi koperasidan e-commerce.Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan para peserta antara sebelum dan setelah pelatihan. Mengingat pelatihan masih berupa pelatihan dasar, maka setelah pendampingan selesai perlu diadakan pelatihan lanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri, A. 2020. Dampak Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, Vol 2 No 1 (2020): Juni 2020.
Besuspariene, E., Vitunskaite, E., & Butenas, R. 2018. The Importance of Financial Accounting Information for Business Management. Accounting, Audit and Forensic Science.
Budirahayu, T. 2018. Perkembangan Koperasi di Jawa Timur. Dialektika, Vol. 13 (1): 88-95.
Darmansyah, A., Y. Purwanto, U. Zuraida. 2020. Pelatihan Peningkatan Kemampuan Kewirausahaan dan Pembukuan dalam Mendukung Terbentuknya Wirausaha Baru di Kabupaten Indramayu. Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Vol 8, No.2, Juni 2020: 285-291.
Fauzi, 17 Juni 2020. Survei Ungkap Dampak Pandemi Covid-19 pada 3 Aspek TIK dalam https://www.itworks.id/29521/survei-ungkap-dampak-pandemi-covid-19-pada-3-aspek-tik.html.
Fitriyani, H. dan D. Astuti. 2021. Pelatihan Pengembangan Instrumen Evaluasi Online Menggunakan Google Form bagi Guru Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Ethos : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Vol 9 No.2, Juni 2021: 204-215.
Kelara, B. Nettiary dan E. Suwarni. 2020. Peran Informasi Akuntansi dalam Meningkatkan Pertumbuhan Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13 (1) (2020) 45-53.
Maftuhah, R. dan H. Rafsanjani. 2019. Pelatihan Strategi Pemasaran Melalui Media Online pada Produk Usaha Rumahan Krupuk Bawang dan Kripik Sukun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.3, No.2, Agustus 2019 Hal 227 – 235.
Oktaviani, F., & Rustandi. 2018. Imlementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Profesi Humas UNPAD, 3(1), 1-20. (http://jurnal.unpad. ac.id/profesi-humas/article/ view/15878).
Rosita, R. 2020. Pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis DOI : 10.34127/jrlab.v9i2.380 Volume 9 No 2, November 2020.
Rudianto, 2010. Akuntansi Koperasi, edisi kedua. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Rungrisawat, S., Sriyakul, T., & Jermsittiparsert, K. 2019. The Era of E-commerce & Online Marketing: Risks Associated with Online Marketing. International Journal of Innovation, Creativity and Change, vol. 8 (8).
Sholihannnisa, L. Ulfa dan H. Ma’sum. 2021. Peningkatan Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kursi Bambu Desa Ciranjang. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian KepadaMasyarakat Vol.5, No. 1, Februari 2021 hal 137– 146.
Wibawa, K. A. dan N. M. Devi Mayanti. 2021. Pengedukasian UMKM Jegeg Bali Tailor melalui Transformasi Digital Selama Pandemi Covid-19 di Tabanan Bali. Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Vol 9, No.1, Januari 2021: 129-135.
DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v10i2.8355
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.