Pelatihan Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif : Suatu Analisis Kebutuhan

Harina Fitriyani, Dwi Astuti

Abstract


Abstract. The development of interactive multimedia learning is a skill that teachers need to master in supporting the smooth teaching and learning activities, especially during a pandemic like the current one where learning is carried out online. However, teacher skills are still not evenly distributed in developing interactive learning media to support interesting online learning for students. Therefore, it is necessary to carry out interactive learning multimedia development training to train teachers to develop interactive learning media and learning videos to support the implementation of online learning. Before the training is carried out, it is necessary to analyze the needs for the performance of the training on interactive multimedia learning. Thus, this study aimed to analyze the need for the performance of training on the development of interactive multimedia learning. The survey method was chosen with 15 teachers as respondents in one of the Muhammadiyah Junior High Schools in Bantul, Yogyakarta. Data analysis used simple descriptive statistics. The questionnaire results given via Google Form show that the respondents' knowledge of several useful applications for developing their interactive multimedia learning is generally still in the low category. Therefore, it is necessary to create interactive learning multimedia for teachers to help teachers carry out teaching and learning activities in a pandemic situation and equip teachers with teaching skills in the post-pandemic era.

Abstrak. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif merupakan keterampilan yang perlu dikuasai guru dalam mendukung kelancaran proses kegiatan belajar mengajarnya, terutama di masa pandemic seperti saat ini yang mana pembelajaran dilaksanakan secara daring. Akan tetapi, masih belum merata ketrampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif untuk mendukung pembelajaran online yang menarik bagi siswa. Oleh karena itu perlu dilaksanakan pelatihan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk melatih guru supaya terampil mengembangkan media pembelajaran interaktif dan video pembelajaran untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran daring. Sebelum pelatihan dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan analisis kebutuhan pelaksanaan pelatihan tentang multimedia pembelajaran interaktif. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis kebutuhan pelaksanaan pelatihan tentang pengembangan multimedia pembelajaran interaktif. Metode survey dipilih dengan responden 15 guru di salah satu SMP Muhammadiyah di Bantul Yogyakarta. Analisis data menggunakan statistik deskriptif sederhana. Dari hasil kuesioner yang diberikan via Google Form menunjukkan bahwa secara umum pengetahuan responden tentang beberapa aplikasi yang berguna untuk mengembangkan sendiri multimedia pembelajaran interaktif masih pada kategori rendah. Oleh karenanya diperlukan pelatihan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif bagi guru untuk membantu guru melakukan kegiatan belajar mengajar pada situasi pandemi, maupun sebagai bekal keterampilan guru mengajar pada era setelah pandemi.


Keywords


analisis kebutuhan, multimedia pembelajaran interaktif,

Full Text:

PDF

References


Abd Ghofur, and Evi Aulia Rachma. 2021. “Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Menggunakan Kelas Digital.” EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran 2(1):56–65. doi: 10.37859/eduteach.v2i1.2365.

Batubara, Hamdan Husein, Delila Sari Batubara, Dian Saputra, Erpin Said, and Niny Jeni Maipauw. 2020. “Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona.” Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 5(1):18. doi: 10.33506/pjcs.v2i1.808.

Creswell, John W. 2015. Riset Pendidikan : Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Riset Kualitatif Dan Kuantitatif. Diterjemahkan Oleh Helly Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daheri, Mirzon, Juliana Juliana, Deriwanto Deriwanto, and Ahmad Dibul Amda. 2020. “Efektifitas WhatsApp Sebagai Media Belajar Daring.” Jurnal Basicedu 4(4):775–83. doi: 10.31004/basicedu.v4i4.445.

Dwi, Briliannur, Aisyah Amelia, Uswatun Hasanah, Abdy Mahesha Putra, and Hidayatur Rahman. 2013. “Analisis Keefektifan Pembelajaran Online Di Masa Pandemi COvid-19.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Menengah 2(1):28–37.

Hardilawati, Wan Laura, Hichmaed Tachta Hinggo, Intan Diane Binangkit, Ikhbal Akhmad, Dede Iskandar Siregar, Hammam Zaki, Riky Perdana, Khusnul Fikri, and Sulistyandari. 2020. “Manajemen Pembelajaran Berbasis Google Suite Dan Articulate Storyline 3.” Values: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):77–84.

Hasan, Buaddin. 2020. “Pemanfaatan Google Classroom Dalam Matakuliah Menggunakan Media Video Screencast O-Matic.” Widya Wacana : Jurnal Ilmiah 4(1):10–15.

Hasibuan, Siti Aminah, and Lia Agustina Damanik. 2020. “Metode Pembelajaran Interaktif Yang Diselenggarakan Secara Daring Akibat Mewabahnya Covid-19.” Pp. 182–88 in Seminar Hasil Penelitian 2019.

Jundu, Ricardus, Fransiskus Nendi, Valeria Suryani Kurnila, Hildegardis Mulu, Gabariela Purnama Ningsi, and Ferdinandus Ardian Ali. 2020. “Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19.” LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 10(2):63–73. doi: 10.24929/lensa.v10i2.112.

Nurhayati, Erlis. 2020. “Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19.” Jurnal Paedagogy 7(3):145. doi: 10.33394/jp.v7i3.2645.

P.A. Saputro, J. H. Lumbantoruan. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII.” EduMatSains 1(1):35–49.

Pratama, Ryan Angga. 2019. “Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan.” Jurnal Dimensi 7(1):19–35. doi: 10.33373/dms.v7i1.1631.

Rianto, Rianto. 2020. “Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3.” Indonesian Language Education and Literature 6(1):84. doi: 10.24235/ileal.v6i1.7225.

Santyasa, I. W., M. Juniantari, and G. S. Santyadiputra. 2020. “Efektivitas Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Untuk Guru-Guru Di Sma N 2 Singaraja.” Proceeding Senadimas Undiksha (4):1784–90.

Setiawan, Yayan Eryk. 2021. “Kebutuhan Kegiatan Webinar Tentang Disposisi Berpikir.” ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 9(2):288–95.

Surjono, Herman. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep Dan Pengembangan.

Widodo, Arif, and Nursaptini. 2020. “Problematika Pembelajaran Daring Dalam Perpektif Mahasiswa.” ELSE (Elementary School Education Journal) 4(2):100–115.

Wijayanti, Rica, Buaddin Hasan, and Rishi Kumar Loganathan. 2018. “Media Comic Math Berbasis Whiteboard Annimation Dalam Pelajaran Matematika.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 5(1):53. doi: 10.21831/jrpm.v5i1.19207.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v10i2.9251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License