CONCEPTUAL CHARACTER EDUCATION MODEL IN SCHOOL
Abstract
The purpose of this research is to understand various development models in the cultivation of character values in schools. The approach used is a qualitative approach with literature study techniques. Based on the findings and analysis, it was found that the concept of character education development in schools is a model for inculcating character values consisting of teaching, habituation, and imitation, in its implementation the Tadzkirah, Istiqomah, Iqra - (Fikir - Zikir) Model is the right model for used in character education learning, as well as CTL. Furthermore, the character education process needs to involve all components (stakeholders), including the education component itself, and the work ethic of all citizens and the school environment.
Keywords: Conceptual Models; Character Building.
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami berbagai model pengembangan dalam penanaman nilai karakter di sekolah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik studi pustaka. Berdasarkan temuan dan analisis, ditemukan bahwa konsep pengembangan pendidikan karakter di sekolah merupakan model penanaman nilai-nilai karakter yang terdiri dari pengajaran, pembiasaan, dan peniruan, dalam implementasinya Model Tadzkirah, Istiqomah, Iqra – (Fikir – Zikir) Model merupakan model yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran pendidikan karakter, begitu juga dengan CTL. Selanjutnya proses pendidikan karakter perlu melibatkan seluruh komponen (stakeholder), termasuk komponen pendidikan itu sendiri, dan etos kerja seluruh warga dan lingkungan sekolah.
Kata Kunci: Model Konseptual; Pembentukan karakter.
Full Text:
PDFReferences
Aunillah Nurla Isna. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah, (Yogyakarta: Laksana.
Daulay Haidar Putra. (2007). Sejarah Pertumbukan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Dony A. Koesoema. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
E. Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreataif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda Karya.
E. Mulyasa. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Elkind, D dan Sweet, F. (2004). Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. San Francisco: Jossey Bass.
Fatchul Mu’in. (2011) Pendidikan Karakter Konstruksi Teoretik dan Praktik Urgensi Pendidikan Progresif dan Revitalisasi Peran Guru dan Orang Tua. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Jamal Ma’mur Asmani. (2012). Buku Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3),
Mahbubi, M. (2012). Pendidikan Karakter: Implementasi Aswaja Sebagai Nilai Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Munawwir. (1997). Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progressif.
Nata Abuddin. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Nucci, Larry P. Dan Darcia Narvaez. (2014). Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung: Nusa Media.
Ratna Megawangi. (2004). Pendidikan Karakter Solusi Tepat Untuk MembangunBangsa. Bogor: Indonesia Heritage Foundation.
Sutarjo Adisusilo. (2012). Pembelajaran Nilai-Karakter: Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Shaleh Abdul Rachman. (2006). Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa; Visi, Misi dan Aksi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Syed Sajjad Husaian dan Syed Ali Ashraf. (1986). Crisis Muslim Education"., Terj. Rahmani Astuti, Krisis Pendidikan Islam, Risalah, Bandung.
Supriati, A., & Umar, M. (2018). Optimization of the Civic Education as the Effort to Strengthen National Character in Multicultural Community. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.46
Tutuk Ningsih. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. (Purwokweto: STAIN Press).
Uswatun Hasanah. (2016). Model-model Pendidikan Karakter di Sekolah. Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam. Vol.7 Mei 2016
Yasin Ahmad Fatah. (2008). Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press.
Wiyani, Novan Ardy. (2013). Konsep, Praktik, dan Strategi Membumikan Pendidikan Karakter Di SD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
W.J.S. Poerwadarminta. (1982). Kamus Umum Bahasa Indonesia, diolah kembali oleh Pusat Pengembangan dan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Balai Pustaka.
Zaamroni. (2011). Dlm Darmiyati edt. Strategi dan Model Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakaarta: UNY. Press.
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v6i1.10174
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.