INCREASING CREATIVITY THROUGH COLORFUL PLASTICINE PLAYING ACTIVITIES IN GROUP B AT TK TAMAN INDRIA 01 MALANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, M., Susilawati, & Hatta, C. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Prasekolah dengan Bermain Plastisin. Avicenna: Jurnal Ilmiah, 15(1), 54–60. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.36085/avicenna.v15i1.757
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Dinamika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/dinamika/article/view/943
Awaliyah, dkk. (2021). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Bermain Plastisin : Studi Kasus di Raudhatul Athfal Ibnu Sina Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2), 193–201. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.358
Awalunisah, S., & Kirani. (2021). Pengaruh Kegiatan Permainan Plastisin Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Kelompok B TK An Nisa Kita Singgani Maku Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. Jurnal Bungamputi, 7(2), 143–154. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/18367/12611
Banung, S. (2018). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Plastisin pada Siswa Kelompok B PAUD Deca Anugrah Pamongo Desa Seteluk Tengah Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat Tahun Pelajaran 2017/2018 [Skripsi, Universitas Mataram]. http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8521
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200
Febriandi, R. (2020). Efektivitas Multimidia Interaktif Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 58 Lubuklinggau. Journal of Elementary School (JOES), 3(2), 120–128. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joes.v3i2.1897
Gunada, I. W. A. (2022). Konsep, Fungsi Dan Strategi Pembelajaran Seni Bagi Peserta Didik Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 109–123. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.53977/kumarottama.v1i2.383
Handayani, P. H., Gandamana, A., & Farihah. (2017). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini dalam Keluarga. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 15(2), 46–56. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jkss.v15i2.8774
Haryono, M., Sasongko, R. N., & Kristiawan, M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Seni Rupa Melalui Media Plastisin Tepung Paud Okvikha Kota Bengkulu. Journal of Elementary School (JOES), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.31539/joes.v4i1.2200
Hasanah & Muryanti. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.29
Iksan, F., Wondal, R., & Arfa, U. (2020). Peran Kegiatan Mengecap Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Cahaya Paud : Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 138–149. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33387/cp.v2i1.2109
Indana, D. S., & Gonadi, L. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Dasar Melalui Permainan Star Hidden Pada Kelompok A Muslimat NU 11 Kedungkandang Malang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 53–61. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um053v2i2p53-61
Masganti, S. (2016). Buku Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini (Teori dan Praktik). Perdana Publishing.
Masitah, W., & Lubis, F. ’Aini. (2021). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Pada Masa Pendemi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora, 1(1), 428–433. https://doi.org/https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.340
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19), Pub. L. No. Nomor 4 Tahun 2020 (2020).
Nuranisah, & Hijriyani, Y. S. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Kindergarten : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 1(1), 14–26. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/kindergarten/index
Oktaviani, S., Priyantoro, D. E., & Hasanah, U. (2021). Penggunaan Media Plastisin dalam Mengembangkan Motorik Halus di KB Nurul Arif. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 2(1), 31–35. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/
Priyani, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Plastisin Tepung Berwarna Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini di RA Darush Sholihin Lampung Barat [Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung].
Putra, I. M. D. A. (2021). Eksplorasi Gamelan Angklung dan Selonding Sebagai Media Ungkap Dalam Penciptaan Karya Musik “Kapetengan.” Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 9(1), 1–7. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31091/sw.v9i1.1425
Rahayu, R. Y. (2020). Penerapan Media Plastisin Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Wasila Hamid Lampung Selatan [Skripsi, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/11849/
Ranti, E. S., & Hazizah, N. (2019). Pengaruh Kegiatan Herbarium Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak di PAUD Kasih Ibu I Luar Parit. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 43–48. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5372
Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Caremedia Communication.
Sarasehan, Y., Buaraheng, S., & Wahyuni, I. W. (2020). Pengembangan Seni Rupa Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Media Playdough. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 28–36. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.13557
Sari, M., Aziz, Y., & Yuhasriarti. (2016). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Bermain Plastisin di TK Satu Atap SDN Lamlheu Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usai Dini, 1(3), 131–135.
Suriadi & Ginting. (2022). Tingkatkan Kreativitas dan Mengembangkan Kemampuan Anak-Anak di Masa Pandemi (Studi Pada Anak Rambung Timur, Binjai Selatan). Jurnal Pengabdian: Pendidikan Dan Pelatihan, 1(1). http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JP3/article/view/818
Susanti, D. (2015). Penerapan Metode Penciptaan Alma Hawkins dalam Karya Tari Gundah Kancah. Jurnal Ekspresi Seni, 17(1), 41–56. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26887/ekse.v17i1.65
Wahyuningsih, I. (2019). Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Kelompok B Usia 3-4 Tahun Melalui Media Plastisin Tepung di PPT Tunas Mulia Surabaya. MOTORIC : Jurnal Media of Teaching-Oriented and Children, 3(2), 65–71. https://doi.org/https://doi.org/10.31090/m.v3i2.893
Wantah, M. E., & Fathimah, S. (2020). Permainan Playdoh dalam Peningkatan Kreativitas Anak. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4), 383–391. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v4i4.1541
Widiastuti, C., & Kristanto, M. (2015). Upaya Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak Tk Melalui Kegiatan Batik Celup Pada Kelompok a Di Tk Arum Tegalwangi 26-31 Tegal. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 45–58. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v4i1.1658
Zulfitria, Susanto, A., Dewi, H. I., & Arif, Z. (2021). The Role Of Teachers In Developing Student Creativity Using Visual Art Media. RIGEO • Review of International Geographical Education, 11(10), 1063–1068.
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v7i1.11749
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.