Pengaruh Media Sosial dan Peran Ayah serta Pemahaman Gender Anak terhadap Perkembangan Sosial Anak di Raudhatul Athfal Se Kecamatan Martapura Kota

Hasna Kamaliya, Ahmad Suriansyah, Agus Rifani Syaifuddin

Abstract


Perkembangan Sosial Anak merupakan pencapaian kemampuan berperilaku yang sepadan dengan klaim sosial terdiri dari adat, moral dan tradisi sehingga menjadi kesatuan yang berafiliasi menggunakan komunikasi dan gotong royong. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung media sosial, peran ayah dan pemahaman gender anak terhadap perkembangan sosial anak di Raudhatul Athfal Se Kecamatan Martapura Kota. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif melalui korelasi dan analisis jalur (Path analysis) untuk menganalisis pola hubungan antar variabel. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis jalur (path analysis). Terdapat pengaruh langsung secara parsial antara media sosial, peran ayah dan pemahaman gender anak terhadap perkembangan sosial anak. Tidak terdapat pengaruh tidak langsung media sosial terhadap perkembangan sosial anak melalui pemahaman gender anak dan terdapat pengaruh langsung tidak langsung peran ayah terhadap perkembangan sosial anak melalui pemahaman gender anak.


Keywords


Media Sosial; Peran Ayah; Gender; Perkembangan Sosial Anak.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, D. S., Riana, N., & Eka Putri, F. (2019). Peran Ayah (Fathering) dalam Perkembangan Sosial Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Anak Usia 5-6 tahun di RA NURHALIM Tahun Pelajaran 2018). Jurnal Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(1).

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157. https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79.

Hadianti, A. N. (2010). Pendidikan Gender pada Anak Usia Dini. Edukasi: Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 2(4), 18–25.

Indrawati, E. S., Alfaruqy, M. Z., Hyoscyamina, D. E., Indriana, Y., Sawitri, D. R., Ediati, A., Dari Dewi, K., Setyawan, I., Masykur, A. M., Desiningrum, D. R., Prihatsanti, U., Sakti, K. D. V., Ariati, J., & Kristiana, I. F. (2018). Pemberdayaan Keluarga dalam Perspektif Psikologi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Istiyati, S., Nuzuliana, R., & Shalihah, M. (2020). Gambaran Peran Ayah dalam Pengasuhan. PROFESI (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 17. https://doi.org/10.26576/profesi.v17i2.22.

Jannah, S., & Bramastia, L. S. (2021a). Urgensi Pendidikan Jenis Kelamin dan Gender Bagi Anak Usia Dini. Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 36–45. https://doi.org/10.33474/thufuli.v3i2.13788.

Khadijah, & Zahriani, N. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Teori dan Strateginya (1st ed., Vol. 1). CV. Merdeka Kreasi Group.

Kurniawan, A. W. & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku.

Lismanda, Y. F. (2017). Pondasi Perkembangan Psikososial Anak Melalui Peran Ayah dalam Keluarga. Viractina : Jurnal Pendidikan Islam, 2, 89–98.

Listyaningrum, E. M. (2021). Peran Orang Tua dalam Pengenalan Pengetahuan Gender Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi. Satya Widya, 37(2), 116–122. https://doi.org/10.24246/j.sw.2021.v37.i2.p116-122.

Maimunah. (2021). Implementasi Pembelajaran Nilai Moral dan Sosial di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 17–27. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10508.

Marlina, I. (2018). Paham Gender Melalui Media Sosial. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi Dan Antropologi, 2(2), 225–242. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28800.

Meggiolaro, S., & Ongaro, F. (2019). The Involvement in Childcare of Married and Cohabiting Fathers: Evidence From Italy. Genus, 75(1). https://doi.org/10.1186/s41118-018-0051-9.

Mirna, P. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Proses Perkembangan Anak di Kelurahan Maccini Sombala Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Mulyani, N. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini (1st ed., Vol. 1). Penerbit Gava Media.

Palupi, I. D. R. (2020). Pengaruh Media Sosial pada Perkembangan Kecerdasan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Nonformal, 127–134.

Prastiyani, W. (2017). Peran Ayah Muslim dalam Pembentukan Identitas Gender Anak Kampung Karanganyar, Brontokusuman, Mergangsan Yogyakarta. Psikologika, 22(1), 69–88.

https://doi.org/10.20885/psikologika.vol22.iss2.art6.

Putri, R. D. (2019). Budaya Adil Gender Pada Pendidikan Anak Usia Dini melalui Bermain Peran. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 48–59. https://doi.org/10.31851/juang.v2i1.2802.

Retnawati, H. (2017). Analisis Jalur, Analisis Faktor Konfirmatori dan Pemodelan Persamaan Struktural.

Samsu. (2017). Metode Penelitian Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development. Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Sari, A. C, Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan Media Sosial. https://www.researchgate.net/publication/329998890.

Sitorus, A. S. (2023). Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini; Analisis Gender. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 49–57. https://doi.org/10.25299/ge.2023.vol6(1).11000.

Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana. (2019). Tingkat Pencapaian Aspek Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Nanaeke: Indonesian Journal of Early Chilhood Education, 2(1), 52–65. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385.

Wiyani, N. A. (2014). Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini (R. KR, Ed.; 1st ed.). Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i2.13721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats