Balanced Scorecard dalam Pengukuran Kinerja di TK Negeri Pembina Tingkat Nasional
Abstract
Balanced Scorecard (BSC) adalah alat manajemen yang komprehensif dan terintegrasi yang dapat membantu sekolah mengelola sumber daya dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan BSC dalam menilai kinerja di TK Negeri Pembina Tingkat Nasional. Metode penelitian deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui survei, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan, sekolah berhasil mengelola anggaran secara ekonomis dengan menggunakan 95% dari anggaran yang dialokasikan tanpa mengurangi kualitas output. Efektivitas pengelolaan anggaran juga tinggi, mencapai 95% meskipun efisiensi anggaran perlu ditingkatkan karena tidak ada penghematan yang signifikan dengan angka efisiensinya 100%. Tingkat kepuasan orang tua sangat tinggi, mencapai 96,6%. Kinerja bisnis internal mencapai 83%, sementara hasil pembelajaran dan pertumbuhan sangat baik dengan skor 85,6%. Implementasi BSC membantu sekolah mencapai hasil yang baik dalam berbagai aspek kinerja, namun efisiensi anggaran masih perlu ditingkatkan. Diharapkan perencanaan, pengawasan, dan implementasi strategi yang berkelanjutan dapat meningkatkan kinerja sekolah di masa mendatang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad, Y. A. (2023). Penggunaan Balance Score Card Untuk Penyusunan Manual Indikator Di Dalam Rencana Strategis Kementerian/Lembaga. UG Journal, 16(10).
Aldilla, Lady. (2021). Analisis Pengukuran Kinerja Berbasis Balanced Scorecard Pada Stie Yayasan Pendidikan Nusantara Karawang Analysis Of Performance Measurement Based On Balanced Scorecard At Stie Education Foundation Nusantara Karawang. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Amin, C., Suad, S., Santosa, S., & Utaminingsih, S. (2020). Perspektif Balanced Scorecard Terhadap Kinerja Sekolah di SDIT Lentera Hati. Manajemen Pendidikan, 15(1), 19–33.
Anggraini, I. W. (2023). Analisis Pengukuran Kinerja Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada Kpri Dwija Tama Jombang. STIE PGRI Dewantara Jombang.
Azizah, F., Azifah, N., Rajab, N., & Annisa, N. (n.d.). Manajemen Evaluasi Strategi.
Biswan, A. T., & Aden, S. (2023). Analisis Peta Strategi Berikut Penjabarannya: Lesson Learned Penerapan Balanced Scorecard Sektor Publik. Jurnal Ilmiah Publika, 11(2), 585–599.
Cahyati, V. H. I., & Fauziah, Y. (n.d.). Pengukuran Kinerja di Masa Mendatang Melalui Balanced Scorecard.
Dewi, L. K. C., SE, M. M., Utama, I. G. B. R., & SE, M. M. A. (2022). Pemasaran Kreatif Untuk Segala Bisnis. Deepublish.
Dian, D., & Ega Rahmat Pauzi. (2020). Pendekatan Balanced Scorecard Sebagai Alternatif Penilaian Kinerja Sekolah: Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 5(2 SE-Articles), 83–87. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v5i2.69
Dwi Susanti, P. (2020). Analisis Efisiensi Dan Efektivitas Pengelolaan Keuangan Desa Periode 2015-2019 (Studi Pada Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo). Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Edy, S. (2023). Efektifitas Kinerja Manajemen Berbasis Sekolah Dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard Pada Peningkatan Mutu Smp Al Azhar Syifa Budi Legenda. Edusifa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 34–45.
Elistia, E., Rojuaniah, R., & Mariam, S. (2024). Analisis pendekatan balance scorecard terhadap sasaran strategis perguruan tinggi swasta. Jurnal lentera bisnis, 13(1), 485–496.
Enre, D. T. (2020). Analisis Value For Money Anggaran Pendapatan Pada Pemerintah Kota Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Hadiansah, D., Ahmadi, E., Rahayu, Y. N., Tanjung, R., Dasmana, A., Kurniasih, N., Maulana, A., Rosmayati, S., Nasser, A. A., & Firmansyah, E. (2021). Membaca Perspektif Balanced Scorecard.
Handayani, N. (2021). Perkembangan Balance Scorecard di Indonesia. Jurnal Al-Iqtishad, 17(2), 289–303.
Hapidin Yuli Pujianti. (2019). Bahan ajar metode penelitian kuantitatif : perspektif pendidikan anak usia dini. Yayasan Al Hanin Press.
Hapidin Yuli Pujianti Wahyuni Nadar. (2021). Manajamen Pendidikan TK/PAUD (3rd ed.). Universitas Terbuka. https://opac.ut.ac.id/detail-opac?id=40190
Hartini, H., & Habibi, D. (2023). Pengelolaan Kinerja Berbasis Balanced Scorecard. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 3(2), 198–209.
Jaswita, D. I., Tua, R. B. M., & Syamsuddin, R. A. (2023). BALANCE SCORE CARD. Banten: Unpam Press.
Khadlirin, A., Mulyantomo, E., & Widowati, S. Y. (2021). Analisis Efisiensi Dan Efektifitas Pengelolaan Dana Desa (Study Empiris Dana Desa di Desa Tegalarum Kabupaten Demak Tahun 2016-2020). Solusi, 19(2).
Khaerana, K. (2020). Pengaruh Self Efficacy terhadap Kinerja Pegawai pada Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Daerah (Kpud) Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Ecoment Global, 5(1), 80–89.
Komara, E. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.
Lestari, P. (n.d.). Hubungan Jenjang Karir Dengan Kepuasan Kerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rs X Kabupaten Bekasi.
Luckyta, A. C., Kartika, L., & Rahmawati, S. (2020). Evaluasi Kinerja Organisasi Menggunakan Balanced Scorecard. INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 38–44.
Ma’rufah, A. (2023). Strategi Service Quality Sebagai Media Dalam Menciptakan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Jasa Pendidikan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 813–822.
Mukayah, A., Anwar, K., Taufiqurrohman, M., & Anshori, M. I. (2023). Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Kinerja Terhadap Produktivitas Karyawan. MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary, 1(4), 378–387.
Munfingah, M., & Anwar, S. (2023). Manajemen Balanced Scorecard Perspektif Learning and Growth dalam Meningkatkan Mutu Pendidik di MTs Negeri 7 Kebumen. Cakrawala Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 7(2), 105–120.
Murdiani, S., & Sa’diyah, M. (2022). Pengukuran Kinerja Manajemen Pendidikan dan Implementasinya Menggunakan Balance Score Cards. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(1), 1–14.
Safrizal, H. B. A. (2022). Monograf Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja dan Kinerja Pegawai.
Salsabilla, A. A., & Zerlina, F. (2021). Balanced Scorecard: Sebuah Tantangan Baru dalam Eksekusi Strategi Perusahaan.
Saridawati, S., Astuti, P., Pratiwi, D., Fitri, M. N., Alayda, D., & Jussi, N. (2024). Analisis Realisasi Anggaran Biaya Dan Pendapatan Pada Toko Bintang Jaya Rental. JURNAL PENELITIAN SISTEM INFORMASI (JPSI), 2(2), 51–58.
Satibi, I. (2023). Manajemen Publik Dalam Perspektif Teoritik dan Empirik. Unpas Press.
Setiyono, B. (2023). Pemerintahan dan manajemen sektor publik. Caps.
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23.
Syakdiyah, S. H., Romzi, M., Nurul, U., Paiton, J., Nurul, U., & Paiton, J. (2023). Strategi Kepala Sekolah Sebagai Leader Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan SD Insan Terpadu Paiton Probolinggo dan Min 1 Probolinggo Melalui Customer Intimacy. 1(2), 128–139.
Syamil, A., Subawa, S., Budaya, I., Munizu, M., Darmayanti, N. L., Fahmi, M. A., Wanda, S. S., Murwani, I. A., Utami, F. N., & Dulame, I. M. (2023). Manajemen Rantai Pasok. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Usemahu, A. U. H. (2023). Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard Pada PT PELNI (Persero) Cabang Makassar= Company Performance Measurement Using the Balanced Scorecard Approach at PT PELNI (Persero) Makassar Branch. Universitas Hasanuddin.
Zainuddin, M., & Nasikhah, A. (2020). Peran Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada LAZNAS Nurul Hayat Kediri). Istithmar, 4(2).
Zakariyah, Z., & Chrysoekamto, R. (2020). Kualitas Pelayanan Pendidikan Islam dalam Mencapai Kepuasan Pelanggan/Peserta Didik diI MTS Pacet Mojokerto. Inovatif: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 6(2), 1–19.
Zulfadil, Z., & Putro, T. S. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Pekanbaru. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(5), 2940–2952.
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i2.13790
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.