Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal melalui Metode Bermain Peran Usia 5-6 Tahun di TK Lely Medan
Fitria Nur Afni siregar, Arifin Muhammad, Amalia Mahfudza
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatkan kecerdasan interpersonal melalui metode bermain peran. Desain pada penelitian ini menggunakan deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan beberapa metode, seperti observasi, wawancara kepala sekolah dan guru yang mengajar, dan dokumentasi. Penelitian yang digunakan di tk lely menunjukkan bahwa menggunakan metode bermain peran merupakan strategi yang efektif untuk meningkatan kecerdasan interpersonal anak didik. Dengan pendekatan ini memfasilitasi perkembangan yang cepat, mendorong keterlibatan orang tua sebagai tutor, menyediakan alat permainan dan alat pembelajaran yang telah disesuaikan, dan memungkinkan guru untuk terus memantau kemajuan anak didik melalui catatan individual setiap anak didik. Tetapi, ditemukan adanya kendala dalam memperaktekkan pembelajaran bermain peran. Kendala tersebut yaitu, keterlibatan orang tua, fasilitas yang kurang memadai, ada beberapa anak yang sangat pendiam. Terlepas dari tantangan dan kendala, penelitian ini memberikan wawasan berharga mengenai keuntungan dan keterbatasan penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini. Penelitian ini menekankan pentingnya perkembangan kecerdasan interpersonal dengan keterlibatan guru, orang tuan, penyediaan alat permainan dan pembelajaran, dan pemantauan perkembangan individu setiap anak.
Keywords
Kecerdasan interpersonal, bermain peran, anak usia dini.