Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Multi Situs di Taman Kanak-kanak Budi Mulia III dan Taman Kanak-kanak Tunas Harapan Baru Kecamatan Banjarmasin Tengah)

Verawati Mandey, Novitawati Novitawati, Ali Rachman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum pendidikan anak usia dini di Taman Kanak-kanak Budi Mulia III dan Taman Kanak-kanak Tunas Harapan Baru Kecamatan Banjarmasin Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif desain multi situs, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap analisis data pada penelitian ini melalui dua tahap yaitu analisis data situs dan analisis data lintas situs, dengan menggunakan teknik analisis model Miles & Huberman.  Hasil penelitian yang diperoleh mengenai manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Budi Mulia III dan Taman Kanak-Kanak Tunas Harapan Bangsa Kecamatan Banjarmasin Tengah menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan kurikulum yang dilakukan di TK Budi Mulia III dan TK Tunas Harapan Baru yaitu dengan menyusun KOSP setiap atau menjelang tahun ajaran baru, 2) Pengorganisasian kurikulum terdiri dari intrakurikuler, kokurikuler (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan ekstrakurikuler, dan pembagian tugas mengajar guru, 3) Pelaksanaan kurikulum di TK Budi Mulia III dan TK Tunas Harapan Baru disesuaikan dengan aturan pada kurikulum merdeka yang berfokus pada minat anak dan 4) Evaluasi Kurikulum di TK Budi Mulia III dan TK Tunas Harapan Baru dilakukan secara reguler setiap satu tahun sekali dengan melakukan Rapat Evaluasi di akhir tahun.


Keywords


Manajemen Kurikulum; Pendidikan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekberg, S., Danby, S., Theobald, M., Fisher, B., & Wyeth, P. (2017). Using physical objects with young children in 'face-to-face' and telehealth speech and language therapy. Disability and Rehabilitation, 39(12), 1664-1675.

Eronika Fany et al. (2020). Paradigma Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan, 2(1), 12-20.

Hambali, M. (2019). Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis Karakter. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 73-86.

Hermanto, R., Arifudin, O., & Widodo, C. (2022). Persepsi Guru terhadap Kebijakan Merdeka Belajar di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 6(2), 236-245.

Indarta, I. K. S., & Trisnadewi, K. (2022). Kajian tentang Kebijakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Kondisi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. MAHA WIDYA BHUWANA: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 3(2), 131-137.

Iswanto, A. R., & Rohman, A. (2021). Merdeka Belajar: Sebuah Pengembangan Kompetensi Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Bhumiphala: Jurnal Pengembangan Daerah, 1(1), 17-27.

Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, M. W. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Standar Nasional Pendidikan di Lingkungan Sekolah Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Mappesona, 1(1), 12-21.

Kahfi, A. (2022). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Journal of Education Policy, 1(2), 84-92.

Kemdikbudriste. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran.

Kilile, J. A., Sanga, C. A., & Mungai, A. G. (2019). Materials and Teaching Methods used to deliver content knowledge and skills in higher education institutions in Tanzania. International Journal of Education and Research, 7(6), 1-14.

Loilatu, S. H., Ruslan, R., & Asdar, A. (2022). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Education Policy, 7(1), 12-23.

Mardhiyah, D., Purwanto, B., & Hapsari, I. M. (2021). 21st Century Skills Guru dalam Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48-64.

Maspupah, M. (2016). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 133-147.

Muhibbin, A., & Sumarni, S. (2021). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka IAIN Ponorogo dengan Pendekatan Humanistik. Tadrib, 7(1), 51-66.

Mukaromah, M., & Lailiyah, S. (2021). Manajemen PAUD: Analisis Unsur-Unsur Manajemen PAUD. PUSPA: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 1-18.

Nastiti, C. R., & Ni'mal 'abdu, A. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61-66.

Nugraha, H., & Sartinah, E. P. (2022). Konsep Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Paper presented at the Seminar Nasional Pendidikan.

Rahayu, E. S., & Permana, J. (2022). Menggagas Kurikulum Merdeka Belajar di Era Disruption. Jakarta: Penerbit Adab.

Rindayati, R., Triani, N., & Mariani, S. (2022). Problematika Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5433-5441.

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusydiyah, E. F. (2019). Teknologi Pembelajaran Implementasi Pembelajaran Era 4.0. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Santoso, R. S., & Wahyuni, T. S. (2021). Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 23-34.

Sarinah, Mardianto, & Kurniawan, A. (2018). Memperkokoh Manajemen Pendidikan Akhlak Mulia pada Sekolah Berbasis Pesantren. Paper presented at the Seminar Nasional Pendidikan.

Sasikirana, N. W., & Herlambang, Y. T. (2020). Perancangan Aplikasi Deteksi Keberadaan Masker pada Pengguna Kendaraan Bermotor Berbasis Internet of Things (IoT) untuk Penerapan Protokol Kesehatan di Era Society 5.0. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 9(1), 123-134.

Septiani, C. (2018). Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Alam di TK Alam Ngajiyutan (Doctoral dissertation, IAIN Surakarta).

Silaswati, D., Widodo, S., & Adinugraha, H. H. (2022). Pengembangan Kapasitas Guru dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkelanjutan pada Era Merdeka Belajar.

Solihin, I. (2019). Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Sugiyanto, S., Kartowagiran, B., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Model Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika di SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 82-95.

Suryawan, I. P. A., & Romadi, R. (2018). Implementasi Manajemen Kurikulum di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 3 Metro. IQRA': Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 332-360.

Yunita, P. I., Sunarsih, D., & Rohiat, S. (2019). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(2), 299-306.

Zakiah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erzatama Karya Abadi.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i2.13836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats