Prototipe Paudnesia: Aplikasi Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

Mahyuddin Noor, Novitawati Novitawati, Noorhapizah Noorhapizah

Abstract


Asesmen pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan anak, selain untuk merancang rencana pembelajaran di sekolah, juga sebagai informasi pendukung bagi orang tua dalam mendampingi perkembangan anak pada kehidupan sehari-hari di luar sekolah, agar anak bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe Paudnesia: aplikasi asesmen pembelajaran Kurikulum Merdeka, serta mengetahui kelebihan dan kekurangan pada prototipe tersebut, dengan batasan penelitian pada instrumen asesmen pembelajaran Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model R&D yang dikembangkan oleh Borg and Gall, dari analisis data diseminasi. Pada uji lapangan operasional, nilai Maze Usability Score (MAUS) berada pada angka 72.75 dengan kategori dapat diterima dengan grade B- dan pengalaman pengguna yang baik berdasarkan System Usability Scale (SUS), sehingga dapat dikatakan bahwa fitur asesmen pembelajaran Kurikulum Merdeka yang dirancang oleh peneliti pada prototipe aplikasi Paudnesia dapat diterima dan layak untuk dikembangkan pada tahap produksi. Keunggulan yang dirasakan oleh pengguna prototipe aplikasi Paudnesia meliputi berbagai kemudahan dan efisiensi yang signifikan, dari penyimpanan data yang terorganisir hingga penilaian real-time yang akurat, sehingga sangat membantu guru PAUD dalam melaksanakan tugas-tugas mereka sehari-hari. Sedangkan kelemahan yang masih dirasakan oleh pengguna adalah ketergantungan pada koneksi internet yang mengganggu penggunaan aplikasi serta pemahaman pengguna terhadap aplikasi yang masih minim. 

Keywords


Prototipe Aplikasi; Asesmen Pembelajaran; Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Berliana, D., & Atikah, C. (2024). Implementasi Asesmen Dalam Kurikulum Merdeka Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Citra Pendidikan, 4(1), 1545–1552. https://doi.org/10.38048/JCP.V4I1.3125.

Cahya, F., Wati, T., & Krisnanik, E. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Akademik Pada Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Website. Journal of Applied Computer Science and Technology, 2(1), 49–58. https://doi.org/10.52158/JACOST.V2I1.137.

Cunha, L. (2023). How your Usability Score is calculated – Maze Help. Retrieved June 5, 2024, from https://help.maze.co/hc/en-us/articles/360052723353-How-your-Usability-Score-is-calculated#h_01GMR0FKT0GDSXK4TAEJVHEWK8.

Fadlilah, A. N., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2021). Hambatan Pelaksanaan Asesmen Informal dalam Pembelajaran PAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 62–72. https://doi.org/10.17509/CD.V12I1.28675.

Fiarni, C., Yoanata, Y., & Maranatha, I. F. (2024). Early Childhood Education Monitoring Information System (PAUD) Using Design Thinking Approach. Jurnal Sains, Nalar, Dan Aplikasi Teknologi Informasi, 3(2), 72–78. https://doi.org/10.20885/SNATI.V3.I2.34.

Gullo, D. F. (2005). Understanding Assessment and Evaluation in Early Childhood Education. New York: Teachers College Press.

Hadi, P. S. (2023). Penerapan Smart Governance Dalam Mewujudkan Banjarmasin Smart City di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin. https://doi.org/10.17933/MTI.V8I1.103.

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil. Batu: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Hastuti, I. B., Asmawulan, T., & Fitriyah, Q. F. (2022). Asesmen PAUD Berdasar Konsep Merdeka Belajar Merdeka Bermain di PAUD Inklusi Saymara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6651–6660. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I6.2508.

Hibana, et al. (2022). Asesmen Pembelajaran PAUD. Banyumas: Rumah Kreatif Wadas Kelir.

Hikmaturrahmah, Ruslin, & A’yun, Q. (2022). An Analysis of the Assessment of Learning and Development in Early Childhood Education. Pendidikan Dan Pembelajaran Berbasis Multidisciplinary Di Era Society 5.0.

Juairia, J., Sapitri, A. P., Audina, M., & Wulandari, R. (2022). Peran Manajemen Keuangan Sekolah dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(03), 298–306. https://doi.org/10.62668/KAPALAMADA.V1I03.240.

Kurniasari, A. F., & Susanti, W. M. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Nilai Agama & Budi Pekerti. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek.

Laurentinus, L., Rizan, O., Sarwindah, S., & Hamidah, H. (2023). Pendampingan Digitalisasi Promosi dalam Meningkatkan PPDB Sekolah PAUD Kabupaten Bangka. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 5915–5920. https://doi.org/10.53625/JABDI.V2I8.4529.

Mardiyana, F. A., Safira, A., & Putra, R. R. A. (2023). Asesmen Perkembangan Anak di Era Merdeka Belajar. Jurnal Pelita PAUD, 8(1), 75–81. https://doi.org/10.33222/PELITAPAUD.V8I1.3477.

Marfuah, I., Mentari, E. G., & Oktavia, P. (2023). Problematika Guru PAUD dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/tarbiyahjurnal.

Marti’ah, S., & Theodora, B. D. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi sebagai Perangkat Assesmen bagi Guru Taman Kanak-Kanak Islam Qolbu Insani Depok. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 6133–6138. https://doi.org/10.53625/JABDI.V2I9.4828.

Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru & Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Novitawati, & Anggreani, C. (2023). Mobile Learning Based Electronic Worksheet to Introduce the Wetland Environment to Early Children. Asian Journal of Education and Social Studies, 7–16. https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v38i4830.

Pujianti, Y., et al.. (2024). The Implementasi Manajemen Kurikulum Di PAUD Non Formal SPS Sedap Malam 5 Sebagai Sekolah Penggerak. Jambura Early Childhood Education Journal , 6(1), 41–57. https://doi.org/10.37411/JECEJ.V6I1.2787.

Puspitasari, E., Novianti, R., & Zulkifli, N. (2021). Pengembangan Sistem Penilaian Pembelajaran PAUD melalui Aplikasi SAKA. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1346–1356. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I3.1726.

Rahayu, A. K., Maranatha, J. R., & Justicia, R. (2023). Analisis Implementasi Penilaian Perkembangan Anak pada Kurikulum Merdeka di Tk X Kabupaten Kuningan. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(3), 197–209. https://doi.org/10.59966/PANDU.V1I3.558.

Rantina, M., & Hasmalena. (2023). Buku Ajar Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Palembang: Bening Media Publishing.

Rifa’i, M. (2018). Manajemen Peserta Didik (Pengelolaan Peserta Didik untuk Efektivitas Pembelajaran). Medan: CV Widya Puspita.

Rizkiyah, R., Istikomah, I., & Nurdyansyah, N. (2020). Strategies to Build a Branding School in Efforts to Improve the Competitiveness of Islamic Education Institutions. Proceedings of The ICECRS, 7(0). https://doi.org/10.21070/icecrs2020366.

Rohmiati, Deluma, R. Y., Salma, S., & Nurlina. (2023). Perencanaan Program Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Banyumas: PT. Pena Persada Kerta Utama.

Sauro, J. (2018). 5 Ways to Interpret a SUS Score. https://doi.org/10.1080/10447310802205776

Sauro, J., & Lewis, J. R. (2016). Quantifying user research: Practical Statistics for User Research. In Quantifying the user experience. Cambridge: Morgan Kaufmann.

Setyosari, P. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Shepard, L., Kagan, S. L., & Wurtz E. (1998). Principles and Recommendation for Early Childhood Assessments. Washington: National Education Goals Panel.

Siregar, H., & Fahmi, F. (2023). Metodologi Penelitian (Sebuah Pengantar Bidang Pendidikan). Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Udju, A. H., Hawali, R. F., Nalle, E. S., Tamelab, M. F., & Potdon, D. Y. (2023). Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Fatule’u Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 388–394. https://doi.org/10.59395/ALTIFANI.V3I3.389.

Wahyudi, M. W. P. (2024). Analisis Penggunaan Asesmen Sumatif Sebagai Alat Penilaian Perkembangan dan Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Di Tk Kirana Kota Jambi. UNJA Repository.

Wicaksono, A. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan . Yogyakarta: Garudhawaca.

Wijoyo, H. (2020). Socialization Of The Accreditation Asessment System (SISPENA) Of The National Accreditation Board For Early Childhood Education (PAUD) And Non Formal Education (PNF) In Bengkalis, Riau Province. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.24036/jha.0102.2019.3.

Yani, D. A., Suryadi, Y., & Sihombing, J. M. (2023). Analisa Pengetahuan Guru PAUD dalam Penyusunan Instrumen Asesmen diagnostik di PAUD. GECI: Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2). https://doi.org/DOI: 10.47709/geci V1i1.2405.

Yudha, R. P., & Yusmarini, I. (2024). Development of E-Assessment Monitoring of Child Growth and Development (SI INTAN) in Kindergarten Abdi Pertiwi. Journal of Scientific Research, Education, and Technology (JSRET), 3(1), 173–188. https://doi.org/10.58526/JSRET.V3I1.330.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i2.13872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats