Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kreativitas, Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Lembaga PAUD di Kecamatan Amuntai Tengah
Abstract
Penelitian ini bertujuan menginvestigasi pengaruh dari kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kreatifitas, dan motivasi terhadap kinerja guru di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pelaksanaan penelitian mengacu pada pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel pada peneilitian ini adalah 111 orang guru PUAD di salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja, kreatifitas, dan motivasi kerja guru PAUD. Selain itu, motivasi kerja juga memiliki pengaruh langusung terhadap kualitas kinerja guru. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah memiliki pengaruh secara tidak langusng terhadap kreativitas dan motivasi kerja guru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kinerja guru dipengaruhi oleh berbagai faktor baik itu internal maupun eksternal guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahmim. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Guru IPS di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2).
Afshari, M., Siraj, S., & Ghani, M. F. (2011). Leadership and Creativity. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5(10).
Agustina, dkk. (2019). Relationship between the Principal Role, Motivation and Satisfaction with the Performance of Elementary School Teachers. Journal of K6, Education, and Management(J-K6EM), 2(2).
Aksoni, F., & Ratnawati, I. (2020). Pengaruh Perilaku Kerja Kreatif sebagai Variabel Intervening pada Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Transformational dan Iklim Kerja dengan Kinerja Guru (Studi pada Guru SMAN di Kota Semarang). Studi Manajemen Organisasi, 17(1).
Albuni, H. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kabupaten Balangan. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.
Anggoro. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama (Smp) Katolik Di Yayasan Yohanes Gabriel Perwakilan III Kediri. Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Widya Yuwana, Madiun.
Aslamiah. (2016). Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru SMK Swasta di Kota Banjarbaru.
Azwar, S. (2016). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bubu. (2016). Hubungan Kepemimpinan Transformasional dan Disiplin Kerja dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas. Banjarmasin.
Darwanto. (2014). Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru IPS SMPN di Kabupaten Tanah Bumbu. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.
Haj, & Jubran. (2016). The Extent of Principals‟ Application of the Transformational Leadership and its Relationship to the Level of Job Satisfaction among Teachers of Galilee Region. IISTE.
Handayani, R. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Meningkatnya Orientasi Pembelajaran dan Kreativitas Guru. Kafa’ah Journal, 9(1), 12–25.
Hayatina, L. (2019). Pengaruh Kreativitas dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus terhadap SMK Manba’ul ’Ulum Cirebon). Jurnal Biopsikososial, 2(2).
Hendrawati, A., Prasojo, L. D., & Diat, P. L. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, Dan Budaya Sekolah Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 141–157.
Indradi. (2019). Pembentukan Karakter Kritis Dan Kreatif Melalui Pembelajaran Bahasa Dan Keteladanan Guru Bahasa.
Johan, R., Tucunan, A., Supartha, W. G., & Riana, I. G. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Motivasi Dan Kinerja Karyawan (Sudi Kasus Pada PT. Pandawa). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 3(9).
Kasmur, dkk. (2021). Pengaruh Kreativitas dan Profesionalisme terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(1).
Lindawati, dkk. (2022). . Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kreativitas Guru Terhadap Kinerja Guru Prakarya Dan Kewirausahaan SMA Negeri Dan Swasta Sekota Pekanbaru. Jurnal Jumped (Jurnal ManajemenPendidikan), 10(1).
Madjid. (2016). Mengangkat Cerita dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicitra Karya Nusantara.
Maemunah. (2015). Kreativitas Guru Paud Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Bahan Alam. Majalah Ilmiah Pawiyatan, 22(3).
Mariana. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Instruksional, Kreativitas dan Motivasi Berprestasi terhadap Produktivitas Kerja Guru di Kecematan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.
Munandar, U. (2018). Kreativitas Modern dalam Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Normianti. (2019). Relationship Of Transformational Leaders Of Principal, Teacher Motivation, Teacher Organization Commitments With Performance Of Primary School Teachers In Labuan Amas Selatan, Indonesia. European Journal of Education Studies, 5(11).
Ratnasari, S. L., Sutjahjo, G., Susanti, E. N., Tanjung, R., & Ismanto, W. (2021). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Kreatifitas Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja. Manajemen Pendidikan, 16(1).
Rifki, A. J. H. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kreativitas Guru Smk Swasta Se Kabupaten Karawang. Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.
Rivai, V. (2014). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Riyadi, S., & A. M. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Guru.Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 13.
Robbins, J. (2017). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Rustamaji, & Yohana. (2017). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kinerja Guru SMK Swasta di Jakarta Timur. Jurnal Pendidkan Ekonomi & Bisnis.
Sahrudin. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.
Sandjojo, N. (2011). Metode Analisis Jalur (Path Analysis) dan Aplikasinya. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Sanjaya, A., & Baharuddin, A. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Pada Kantor Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Administrate.
Sari, R. C. W. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kreativitas melalui Motivasi Intrinsik (Studi pada Karyawan Divisi Produksi PT. Dok dan Perkapalan Surabaya Persero). Jurnal Ilmu Manajemen, 4(3).
Siswatiningsih, I., Raharjo, K., & Prasetya, A. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Terhadap Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Komitmen Oganisasional Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Pegawai Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan, Kediri). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(2).
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif R&D, dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suhaimi. (2019). Variabel-Variabel Penelitian Manajemen Pendidikan. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat Press.
Suharlan. (2017). Pengaruh Sikap Inovatif Dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Terhadap Kreativitas Guru Di Smkn 1 Ketahun, Bengkulu Utara. Universitas Bengkulu, Bengkulu.
Sundari, dkk. (2019). The Influence of Ledership, Work Climate and Spirit on Elementary School Teacher‟s Discipline in Batu Ampar District Tanah Laut Regency. Journal of K6, Education, and Management (j-K6EM), 2(1).
Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suprihatiningrum, J. (2014). Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Suriansyah, A. (2015). Pengaruh Motivasi Dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Kotabaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 1(1).
Timpe, D. (2013). Seri Manajemen Sumber Daya Manusia Kinerja. Jakarta: PT Elec Media Komputindo.
Wahyuddin, S. N. M. (2001). “Peran Kepemimpinan Transformasional, Kepemimpinan Transaksional, Komunikasi Internal, dan Pengembangan Karir Terhadap Kepuasan Kerja di PT. Sumber Bengawan Plasindo Karanganyar.” Jurnal University Press.
Zulkarnaen. (2020). Pengaruh budaya sekolah, gaya kepemimpinan transformasional, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2).
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i2.13873
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.