GAME CERITA MENDIDIK (CERDIK) BERBASIS MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK TK B

Siti Khoni'ah Tomas Iriyanto Wuri Astuti

Abstract


Media pembelajaran adalah sarana untuk menyampaikan informasi kepada anak selama proses pembelajaran. Seiring berkembangnya zaman merubah seluruh aspek, dalam bidang Pendidikan penggunaan media pembelajaran dapat memanfaatkan keberadaan teknologi berupa smartphone atau laptop. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan model ADDIE. Tahap pertama yaitu melakukan analisis kompleksitas dan analisis kebutuhan di lembaga PAUD. Pada tahap pertama ini, peneliti menemukan permasalahan terkait dengan minimnya penggunaan media interaktif di lembaga PAUD khusunya dalam pelaksanaan pembelajaran kemampuan menyimak. Setelah tahap pertama, dilakukan tahapan pembuatan desain, pengembangan produk, pengimplementasian, dan evaluasi. Dalam penelitian dan pengembangan ini dihasilkan produk berupa aplikasi yang diberi nama game CERDIK. Produk telah ditinjau kelayakannya oleh ahli materi dan mendapatkan persentase 91,3%, ahli media 96,8%, hasil uji coba kelompok kecil 98,4% dan uji coba kelompok besar 98,2%. Dari perolehan hasil tersebut, kesimpulannya adalah game CERDIK telah memenuhi kriteria kelayakan dilihat dari aspek keefektifan, keefisiensian, dan kemenarikan


Keywords


game CERDIK, media interaktif, kemampuan menyimak

Full Text:

PDF

References


Adea, A. J. N., Wati, E. K., & Wijaya, I. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa Untuk Menstimulasi Kesantunan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Efektor, 8(2), 154–166. https://doi.org/10.29407/e.v8i2.16234

Akbar, S. (2022). Instrumen Perangkat Pembelajaran (A. Holid (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.

Dole, Ferdinandus E & Yuliana, S. . (2020). Kemampuan Menyimak Cerita Pada Peserta Didik Kelas II SDI Puudhombo Kecamatan Ende Kabupaten Ende. Jurnal Literasi Pendidikan Dan Humaniora, 5(3), 31–40.

Fadzilah, F., Fatkhu Royana, I., & Endah Handayani, D. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Tema VI Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 223. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19258

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Fuadah, M., Rizki Tiara, D., & Pratiwi, E. (2022). Pengaruh Dongeng Digital dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia 5 – 6 tahun. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 301–309. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1974

Hijriyah, U. (2016). Stategi dan implikasinya dalam kemahiran berbahasa. In Menyimak Stategi Dan Implikasinya Dalam Kemahiran Berbahasa.

Hura, L. C., Samawi, A., & Astuti, W. (2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kode QR Dengan Insersi Budaya Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3692–3712. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.2791

Kemendikbud. (2014). Permendikbud 137 2014 Standar Nasional PAUD. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud137-2014StandarNasionalPAUD.pdf

Koukopoulos, Z., & Koukopoulos, D. (2019). Integrating educational theories into a feasible digital environment. Applied Computing and Informatics, 15(1), 19–26. https://doi.org/10.1016/j.aci.2017.09.004

Krisdiana, Iriyanto, T., & Astuti, W. (2021). Pengembangan media pembelajaran smart book untuk menunjang aktivitas belajar anak usia 5-6 tahun. Jurnal Program Studi PGRA, 7, 123–141.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. https://books.google.co.id/books?id=gpYqDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Larasantika, N. K. (2021). Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2, 1–12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/35636

Maghfirah, F. (2019). Pentingnya Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas, 5(1), 11–16.

Merisa, C. (2020). Mendongeng untuk Cerdas. https://bobo.grid.id/read/082079891/ternyata-ini-sebabnya-hewan-sering-dijadikan-tokoh-dongeng-mendongenguntukcerdas?page=all

Munar, A., & Suyadi. (2021). Penggunaan Media Animasi dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 155–164. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.13207

Nanda Novia Dilla Safitri, Tomas Iriyanto, & Nur Anisa. (2023). Pengembangan Game Edukasi Berhitung (GESIT) untuk Menstimulasi Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 232–243. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2198

Nurfadilah, Fadila, S. N., & Adiarti, W. (2021). Panduan APE Aman Bagi Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 7–10. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20220222_100716.pdf

Pasaka, J. T., Julianto, I. N. L., & Artha, I. G. A. I. B. (2022). Perancangan Storybook Digital Sebagai Media Pembelajaran Anak Berbentuk Game Edukasi. Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 3(02), 214–226. https://doi.org/10.59997/amarasi.v3i02.1682

Prasetyo, R. M. M., Syaputra, H., Cholil, W., & Sauda, S. (2021). Rancang Dan Bangun Game Edukasi Anak-Anak Berbasis Android Dengan Unity Menggunakan Metode Game Development Life Cycle. Jurnal Nasional Ilmu Komputer, 2(2), 103–111. https://doi.org/10.47747/jurnalnik.v2i2.526

Rafiqin, A., & Saputra, D. (2017). Pembuatan Aplikasi Game Kuis “Pontianak Punye” Berbasis Android. Jurnal Khatulistiwa Informatika, V(2), 71–84.

Rahman, M. H. P., Rani, N., Widya, M. P., & Rasi Yugatiati, M. P. (n.d.). Menyimak Berbicara Teori dan Praktik Teori dan Praktik.

Rahman, R., Sopandi, W., Wismaliya, R., Chandra, C., Kharisma, A., Hosman, M., ASobandi, As., & Sumiati, A. (2019). Literacy in the Era of 4.0 Industrial Revolution in Listening Skill Based on Local Wisdom Video in Elementary School. 0–6. https://doi.org/10.4108/eai.29-8-2019.2288995

Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, M. R. Z. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia 29. 71(1), 63–71. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Setiadi, A., Yuliatmojo, P., & Nurhidayat, D. (2018). Pengembangan Aplikasi Android Untuk Pembelajaran Pneumatik. JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE), 1(1), 1–5. https://doi.org/10.21009/jvote.v1i1.6886

Sukma, H. H., & Saifudin, M. F. (2021). Keterampilan Menyimak dan Berbicara: Teori dan Praktik.

Sutama, I. W., Astuti, W., Pramono, P., Ghofur, M. A., N., D. E., & Sangadah, L. (2021). Pengembangan E-Modul “Bagaimana Merancang dan Melaksanakan Pembelajaran untuk Memicu HOTS Anak Usia Dini melalui Open Ended Play” Berbasis Ncesoft Flip Book Maker. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 91–101. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/736

Tan, K. H., & Chee, K. M. (2021). Exploring the motivation of pupils towards the implementation of QR codes in pronunciation learning. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 10(1), 204–213. https://doi.org/10.36941/ajis-2021-0018

Taputri, D. V. (2022). Analisis Pemanfaatan Media E-Learning Menggunakan Metode TAM Pada Kampus STMIK Palangkaraya di Masa Pandemi.

Trimansyah, B. (2020). Panduan Penulisan Buku Cerita Anak. In Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Vol. 1).

Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran PAUD. Jurnal INFORM, 1(1), 1–8.

Wahyuningtyas, T. P., Wulandari, R. T., & Astuti, W. (2020). Pengembangan Gerak dan Lagu Untuk Menstimulus Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Golden Age, 4(01), 80–89. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2109

Winaryati, E. (2021). Cercular Model of RD & D (S. Nahidloh (ed.)). KBM Indonesia. www.penerbitbukumurah.com




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i2.13881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats