Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak pada Anak Usia 5-6 Tahun

Sri Indah Lestari, Zulfahmi Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak melalui metode bercerita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di RA Durul Hasanah dengan subjek berjumlah 15 anak. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan 2 siklus, dimana setiap siklusnya dilakukan dengan empat langkah penting, yaitu Plan (perencanaan), Act (tindakan), Observe (pengamatan), dan Refleks (perenungan), yang disingkat dengan PAOR. Hasil tindakan pada siklus I menunjukkan bahwa 11 dari 15 anak menunjukkan adanya perubahan. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa kedelapan anak mulai mengalami peningkatan kemampuan menyimak yang artinya kesulitan anak dalam menyimak sudah mulai berkurang. Pada siklus ini, diperoleh persentase pencapaian sebesar 73.33%. Hasil ini belum optimal jika dilihat melalui kategori dari 15 subjek penelitian karena persentase keberhasilan belum mencapai angka yang diharapkan 80%. Pada siklus II anak-anak sudah mulai memahami instruksi yang diberikan oleh peneliti dan bersemangat untuk menyimak cerita yang disampaikan peneliti dengan lebih tenang. Hal ini mempengaruhi hasil tindakan pada siklus II yang menunjukkan bahwa 13 dari 15 anak telah mengalami peningkatan kemampuan menyimak dengan persentase keberhasilan sebesar 86.67%.


Keywords


Metode Bercerita; Kemampuan Menyimak.

Full Text:

PDF

References


Azminah, S. N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menyimak melalui Metode Bercerita pada Anak Kelompok A di TK Siti Khodijah Pucuk Lamongan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1).

Bachri, B. S. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-Kanak. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Pendidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Ilyas, M. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Pustaka Ramadhan.

Juangsih, J. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Menyimak Bahasa Jepada dan Pengajarannya. Jurnal Wahana Didaktika, 15(2).

Khoiri, N. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan: Ragam, Model, dan Pendekatan. SEAP.

Khotimah, S., Kustiono, K., & Ahmadi, F. (2021). Pengaruh Storytelling Berbantu Media Audio Terhadap Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3).

Maghfirah, F. (2019). Pentingnya Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 5(1).

Massitoh, E. I. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Keterampilan Menyimak. System Thinking Skills dalam Upaya Transformasi Pembelajaran di Era Society 5.0. FKIP UNMA.

Mianawati, R., Hayati, T., & Kurnia, A. (2019). Keterampilan Menyimak pada Anak Usia Dini Melalui Metode. JAPRA: Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 2(1).

Prasiwi, A. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menyimak melalui Metode Bercerita pada Anak Usia Dini. Jurnal Paedagogie, 13(2).

Puspadini, N., Syaikhu, A., & Mappapoleonro, A. M. (2020). Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak melalui Metode Bercerita dengan Boneka Tangan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II. Semnara.

Rukminingsih, Adnan, G., & Lathief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama.

Sarjiyani. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menyimak melalui Metode Bercerita dengan Media Gambar pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1).

Syamsuardi, S., Musi, M. A., Manggau, A., & Noviani. (2022). Metode Storytelling dengan Musik Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).

Zein, R., & Puspita, V. (2021). Model Bercerita untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i2.14060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats