Implementasi Media Audio Visual dalam Kecerdasan Linguistik Anak di Tadika Mysarah Al-Fikh Orchard Padang Serai Kedah Malaysia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi media audio-visual dalam meningkatkan kecerdasan linguistik pada anak yang bersekolah di Tadika Mysarah Al-Fikh Orchard. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Data yang terkumpul menjalani analisis kualitatif dan kuantitatif untuk menentukan peningkatan dalam implementasi media audio visual untuk meningkatkan kecerdasan linguistik anak-anak. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi media audio-visual memiliki efek menguntungkan pada peningkatkan kecerdasan linguistik pada anak di Tadika Mysarah Al-Fikh Orchard. Setelah menyelesaikan tindakan siklus I, kemahiran anak telah mencapai 6,66%. Dapat disimpulkan bahwa anak tersebut telah membuat kemajuan, tetapi masih ada potensi untuk peningkatan dan tindakan lebih lanjut. Pada siklus II, ada peningkatan substansial, dengan skor rata-rata 43,33%. Selama siklus II, kecerdasan linguistik anak menunjukkan adanya peningkatan. selanjutnya, pada siklus III, lebih banyak penyesuaian dilakukan untuk meningkatkan kesempurnaan dan mendorong kemajuan substansial. Anak tersebut memperoleh skor rata-rata 83,33% dan secara efektif memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media audio visual sangat efektif dan efisien dalam meningkatkan kecerdasan linguistik anak di Tadika Mysarah Padang Serai Kedah Malaysia.
Kata Kunci: Anak, Kecerdasan Linguistik, Media Audio Visual
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiana, R. (2021). Implementasi Media Pembelajaran pada Kecerdasan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 20–27. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.47
Aulia, T. Y., Hasibuan, E. M., & Selviani, S. J. (2022). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini di Yayasan Pendidikan Islam Ar-Rahmah Kecamatan Medan Johor. Jurnal Makrifat, 6(2), 51–64.
Doludea, A., & Nuraeni, L. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Dengan Metode Bercerita Melalui Wayang Kertas Di Tk Makedonia. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i1.p1-5
Fanreza, R. (2017). Implementasi Hak Anak dalam Perspektif Hukum Islam di Raudhatul Athfal. 2(1), 119–128.
Fathonah, M. F., Wahyuningsih, S., & Syamsuddin, M. M. (2020). Efektivitas Media Audio Visual Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 8(2), 142. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.39789
Fitriani, A. P., Wijayanti, A., & Koesmadi, D. P. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Buku Language Smart Kids. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 270. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.34123
Hanifah, T. U. (2014). Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen Di Tk Negeri Pembina Bulu Temanggung). Early Childhood Education Papers ( Belia), 3(2), 46–54. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/belia.v3i2.3727
Hijarani, T., & Nuraeni, L. (2023). Stimulasi Kecerdasan Linguistik Anak Kelompok B Melalui Media Audio Interaktif Pada Pembelajaran Daring. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(4), 448–450.
Maghfiroh, L. (2016). Pentingnya penggunaan media audio-visual dalam pembelajaran anak usia dini di era revolusi industri 4.0. Jurnal Unisda, 1–23.
Nur Tanfidiyah, & Ferdian Utama. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18. https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02
Nurdiyanti, S. (2019). Implementasi Media Visual Dan Audiovisual Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 642–650.
Nurul, Z., Rahmayani, C., Humaira, & Sunarti. (2021). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Audio Visual Di RA Raudatul Ilmi Kecamatan Medan Denai. AUD Cendekia: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 30–48.
Pohan, S., Mavianti, M., Setiawan, H. R., & Marpaung, A. H. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Bergambar dan Power Point Pada Mata Pelajaran Fiqih. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 779. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2446
Rodiana, R., & Rohmalina, R. (2023). Media Audio Visual Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(3), 267–274. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/16997
Sandina, F. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Melalui Media Gambar Di TK Mawar Jadi Sepakat. 1(2), 81–85.
Wardani, P., & Fatmawati, N. (2018). Pengaruh Aktivitas Pada Penggunaan Media Audio Visual. Jurnal.Fkip.Unila, 04.
Yeni, E., Nafiqoh, H., & Westhisi, S. M. (2024). Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) Meningkatkan Kemampuan Berbahasa pada Anak Kelompok B melalui Media Big Book dengan Menggunakan Loose Part. Journal Homepage, 7(1), 44–52.
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i2.14130
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.