Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Kepribadian pada Anak Usia Dini di Tadika Al-Fikh Orchard, Nafitri, Kilang, Malaysia

Krenniti Sundari, Zuliana Zuliana, Muhammad Qorib

Abstract


Kajian ini untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan kompetensi kepribadian pada anak usia dini di Tadika Al-Fikh Orchard Malaysia. Adapun teknik pengumpulan data penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknis observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan pendekatan library research yang merupakan pelaksanaan penelitian dengan menggunakan kepustakaan berupa buku, catatan dan laporan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan peran guru dalam mengembangkan kompetensi kepribadian pada anak usia dini dibutuhkan dikarenakan anak usia dini merupakan usia yang belum matang dan labil, maka dibutuhkan peran guru agar menghindari kepribadian menyimpang. Peran guru dalam mengembangkan kompetensi kepribadian pada usia dini yaitu memberikan contoh baik sebagai role model, praktik kepribadian baik, teguran yang membangun kesadaran tentang pentingnya kepribadian yang dapat membangun dan mengembangkan kualitas individu pada anak usia dini serta memiliki manfaat untuk kehidupan menjadi insan kamil. Penguatan dalam mengembangkan kompetensi kepribadian pada anak usia dini meliputi tiga aspek yaitu, berakhlak mulia, qudwatun hasanah, lingkungan edukasi.

Keywords


Kepribadian

Full Text:

PDF

References


Adelia, A., Putri, S., Hidayat, M. T., & Sukron, M. (2021). 1419-5295-1-PB.pdf. C, 5(5), 3625–3635. Ali, M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100–120.

https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.27

Amin, M., Rahayu, E., Tryana, N., Nikmah, N., & Yanto, I. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru

dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Al-Fityah Pekanbaru. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(02), 75–88. https://doi.org/10.46963/mash.v6i02.885

Andhika, M. R. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 73. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466

Bertsch, K., Göhre, I., Cottin, M., Zettl, M., Human-computer-media, I., Würzburg, J., & Back, S. N. (2024). Traumatic childhood experiences and levels of personality functioning : Effect of body connection in a cross-sectional German and Chilean sample. 1–20.

Hafsiah Yakin, I. (2023). Penelitian Kualitatif : Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal EQUILIBRIUM, 5(January), 1–7.

Hasanah Harahap, N., Amanda, R., Al Munawaroh, Z., & Akila, R. (2023). Peran Guru BK dalam Membentuk Kepribadian Siswa. Journal on Education, 06(01), 4809–4814.

Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116–126. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775

Irianti. (2022). 8976-27378-1-Sm. 11, 1–7.

Khazam, K., Jamrizal, & Al Munir, I. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Pembiasaan

Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia Dini. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2),




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i2.14408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats