Pengaruh Penggunaan Metode Glenn Doman Terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Al-Izhar Cendekia Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi anak dengan menggunakan metode Glenn Doman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu dan menggunakan desain Non-equivalent Kontrol Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 anak didik dengan Teknik sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji statistik non parametrik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil analisis data terdapat perbedaan kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun sebelum dan sesudah diterapkan metode Glenn Doman. (2) hasil penerapan metode Glenn Doman, kemampuan awal literasi kelompok eksperimen lebih rendah daripada kelompok kontrol. Namun setelah metode Glenn Doman diterapkan, ternyata terjadi peningkatan skor kemampuan literasi yang signifikan pada kelompok eksperimen (3) Ada pengaruh penerapan metode Glenn Doman terhadap kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Izhar Cendekia Makassar. Artinya, penerapan metode Glenn Doman dapat meningkatkan kemampuan literasi anak. Berdasarkan uji Wilcoxon, diperoleh nilai H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa variable X (Metode Glenn Doman) berpengaruh terhadap variable Y (kemampuan literasi).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnan, A., Muharram, M., & Jihadi, A. (2019). Pengembangan e-book biologi berbasis konstruktivistik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA Kelas XI. Indonesian Journal of Educational Studies, 22(2), 112-119.
Andriani, A. (2023). Pengaruh Metode Glenn Doman Terhadapkemampuan Membaca Permulaan Di Taman Kanak-Kanak Katolik Santo Fransiskus Asisi Kota Makassar.
Ariati, N. P. P., Padmadewi, N. N., & Suarnajaya, I. W. (2018). Jolly phonics: effective strategy for enhancing children english literacy. SHS Web of Conferences, 42, 00032. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200032
Bachtiar, M. Y., Herlina, H., & Ilyas, S. N. (2022). Model Bermain Konstruktif untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2802-2812.
Bakri, N. (2016). Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri ( Uin ) Alauddin. Biologi, 2(112), 2–4.
Basyiroh, I. (2018). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134.
Dwi Irma Safitri. (2018). Pengaruh Bermain Flashcard Dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Surya Bahari Lampung Timur.
Firdaus, K. N., Indahwati, L., & Wati, L. R. (2019). Perbedaan Efektifitas Antara Stimulasi Bahasa dengan Metode Glenn Doman Melalui Kartu Edukasi Bergambar dan Kartu Edukasi Tulisan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah di Kelompok B TK Al-Jihad Kota Malang. Journal of Issues in Midwifery, 3(3), 88–96. https://doi.org/10.21776/ub.joim.2019.003.03.4
Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417
Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 177. https://doi.org/10.22146/jpsi.16929
Hasan, M.Pd, D. H. (2020). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Logika Matematika Anak Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Iii Cabang Karunrung Kota Makassar. Klasikal : Journal Of Education, Language Teaching And Science, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.52208/klasikal.v2i1.46
Herman, H., Rusmayadi, R., & Herlina, H. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di TK.
Indria, V. P., Sumarsih, S., & Agustriana, N. (2017). Meningkatkan kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kelompok A PAUD Sambela Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 2(2), 95-100.
Khomsiyatun, U. (2019). Pola pengembangan literasi bahasa pada anak studi kasus di PAUD Wadas Kelir. METABASA, 1(2).
Musi, M. A., & Winata, W. (2017). Efektivitas Bermain Peran Untuk Pengembangan Bahasa Anak. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(2), 93.
Natalia, D., & Kurniawaty, L. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Keaksaraan melalui Metode Fonik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Indonesia Playschool. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.
Purnamasari, C., & Amal, A. (2021). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 4(1).
Puspitorini, T. D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Penggunaan Media Papan Flanel pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Taman Kota Madiun. Jurnal Care: Children Advisory Research and Education, 5(2), 41–51.
Putri, W. D., Nasirun, M., & Suprapti, A. (2017). Metode Cerdas Berbahasa Indonesia Fonik dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pengembangan Bahasa. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 131–138.
Putu Santi Oktarina, Trisnadewi, K., & Ni Luh Gede Dita Indah Sari. (2022). Persepsi Anak tentang Storytelling sebagai Media Pengembangan Budaya Literasi. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 40–49. https://doi.org/10.25078/pw.v7i1.237
Rahadianita, N., & Resdasari, A. (2016). Efektivitas Brain Gym Terhadap Peningkatan Kemampuan Fonemik Pada Anak Usia Dini. Jurnal EMPATI, 5(1), 85–90. https://doi.org/10.14710/empati.2016.14986
Razak, A., Mansyur, A. Y., & Thalib, T. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kedisiplinan Mahasiswa Fakultas Psikologi Unm.
Razak, A., & Jalal, N. M. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kompetensi kepribadian guru. Jurnal Psikologi" Talenta", 4(1), 1-79.
Rini, H. L. S., & Munawar, M. M. (2018). Pengaruh Metode Glenn Doman Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Padausia 5-6 Tahun Di Tk Maranatha 01 Semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2).
Rusmayadi, R., Musi, M. A., Ilyas, S. N., & Chafidah, N. (2023). Pengaruh PjBL Terhadap Kemampuan Literasi Baca Tulis Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 17-23.
Sari, N. R., & Widyasari, C. (2022). Metode Glenn Doman untuk Menumbuhkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6045-6056.
Sulistyawati, E. E., & Sujarwo, S. (2016). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media video compact disc pada anak usia 5– 6 tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 28. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.8064
Triyanto, P. (2016). Pengaruh Terapi Metode Glenn Doman Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Prasekolah Di Paud Tpq Ki Ageng Selo Gayam Sari Semarang (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA)
Waleulu, A., & Muharram, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Chemistry Education Review (CER), 8-16.
Wahyuni, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5840–5849. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3202
Widyastuti, A. (2017). Kiat jitu anak gemar baca tulis. Elex Media Komputindo.
Yulianti, D. (2019). Pengaruh Metode Membaca Glenn Doman Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.121-130
Zati, V. D. A. (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 18–21.
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i2.14728
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.