Optimalisasi Potensi Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Metode Baby Led Weaning (BLW)
Abstract
Abstract
Baby-Led Weaning (BLW) is an alternative method to introduce complementary foods to infants in which the infant feeds themselves hand-held foods instead of being spoon-fed by an adult. This method has been used widely over the last few years especially in developing countries because the benefits are enormous. A baby whom given a chance to eat from their own hand shows independence, curiosity, and ability to have self-control in which they learn in a fun way. The use of BLW from early stage of life is expected to overcome various behaviour problems in children as well as instill a variety of positive character especially in three domain of human development: cognitive, affective, and psychomotor. However, further research is needed to evaluate the use of BLW method among Indonesian parents.
Keywords: Baby-Led Weaning, Early Childhood, and Development
Abstrak
Baby-Led Weaning (BLW) merupakan metode alternatif memperkenalkan bayi pada makanan padat dengan cara makan sendiri, alih-alih menggunakan metode tradisional dengan disuapi orang dewasa. Metode ini telah banyak digunakan selama beberapa tahun terakhir terutama di negara-negara berkembang karena memberi manfaat yang sangat luas. Bayi yang diberi kesempatan untuk makan dari tangannya sendiri memiliki pengalaman awal yang berbeda dibanding bayi yang diberi makan dengan cara konvensional. Kemandirian, keingintahuan, hingga kemampuan mengenali dan mengontrol dirinya sendiri adalah ketrampilan yang muncul karena orangtua memberi kebebasan pada bayi untuk mengeksplorasi makanannya sendiri dengan cara yang menyenangkan. Penggunaan BLW sejak dini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi berbagai problem perilaku pada anak, sekaligus menanamkan berbagai karakter positif terutama pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotornya. Tulisan ini dimaksudkan memberikan pemahaman lebih komprehensif mengenai BLW, dan mengeksplorasi berbagai bukti ilmiah yang dapat memberikan pengetahuan logis bagi para praktisi, orangtua, maupun guru.
Kata Kunci: Baby-Led Weaning, Anak Usia Dini, dan Perkembangan.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Nandiyah. 2013. Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Journal Psikologi Unwhidha Klaten. Di akses pada 388-729-1-SM-pdf. Magistra No.86. ISSN 021-9511.
Brown, A., Lee, M. 2011. Maternal Control of Child Feeding During the Weaning Period: Differences Between Mothers following A Baby-Led Or Standard Weaning Approach. Matern. Child Nutr. 15, 1265-1271
Cameron, S,L., Heath, A, L., Taylor, R, W. 2012. How Feasible is Baby-Led Weaning as an Approach to Infant Feeding? A Review of The Evidence. Nutrients, 4, 1575-1609.
Harlock, Elizabeth. 2013. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Moore, A.P., Milligan P., Goff, L.M. 2012. An Online Survey Of Knowledge Of The Weaning Guidelines, Advice From Health Visitor And Other Factors That Influence Weaning Timing In UK Mothers. Matern. Child Nutr. Doi: 10.1111/j.1740-8709.2012.00424.x.
Mohammad & Rattu., dkk. 2015. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pelaksanaan Inisiasi Dini. E-Juornal Kebidanan. Diakses pada http://Ejournal.unsrat.ac.id 7462-14671-1-SM.pdf Vol.5 No.2A.
Ramos, M., Stein, L,M. 2000. Development Children’s Eating Behavior. Journal de Pediatria. Vol.76, 229-237
Rapley,Gill & Murkett, T.,. 2008. Baby Led Weaning Membantu Bayi Anda Menyukai Makanan yang Tepat. Terjemahan oleh: Yanuarita Fitriani. 2015. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Rapley, G. Cantrebury Christ Church University College, Canterbury Kent, UK. Unpublished work. 2003
Rohman, U. 2014. Dasar-Dasar Perkembangan Motorik dan Kognitif Dalam Proses Pendidikan Anak Usia Dini di Sekolah. Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Pembelajaran Dikjason. 15-26.
Sudjatmoko. 2011. Masalah Makan Pada Anak. Damianus Journal of Medicine; Diakses pada : 283-485-1SM.pdf.html. Vol.10 No.1 hlm. 36–41. [diakses tanggal 12 April 2016].
World Health Organization. Infant and Young Child Feeding: Model Chapter for Textbooks for Medical Students and Allied Health Professionals; WHO: Geneva, Switzerland, 2009
Wiyani, N, A., 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava M
DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2682
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.