Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak

Dinar Nur Inten

Abstract


Abstract

 

The family is the first and foremost environment in the child's life. It is the family who has a very important role in developing the child's personality as well as in cultivating early literacy. This study aims to obtain information about the role of families in instilling early literacy in children in Kec. Cimaung, Kab. Bandung. The method used in this study is descriptive study. The data obtained is analyzed to know the meaning which is then presented in in form of narrative. The result of the research shows that the opportunity, motivation, and facilitation given by parents in developing early literacy at home is high. However,  the modelling activity conducted by the parent like reading, writing, telling stories to the children before going to bed, dictating the letters is still lacking. Thus, parents have not been able to make literacy activities into personalities and a habit at home. This has an impact on the low interest of children's literacy, especially in terms of forming simple words and stringing letters into words. Early literacy will grow well in the child if the parents are able to become a role model and direct examples in everyday life and make the activities of literacy as an important part of their personality. In the face of the digital age, parents are in demand to be able to use technology to introduce early literacy in the family that is adjusted to the level of child development. Through family role-modelling, children's involvement in literacy activities and support from all family members will make children love the culture of literacy. Children who grow in the literary environment will know a lot of information and be able to open the horizon of the world and ultimately will bring progress for himself, family, society and Indonesia.

 

Keywords: Family, Early Literacy, and Children.

 

Abstrak

 

Keluarga merupakan lingkungan yang pertama dan utama dalam kehidupan anak. Keluargalah yang memiliki peran yang sangat penting dalam upaya mengembangkan kepribadian anak begitu pula dalam penanaman literasi dini.  Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai Peran keluarga dalam menanamkan literasi dini pada anak di Kec. Cimaung, Kab. Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini studi deskriptif, yaitu data yang diperoleh dianalisis untuk mengetahui makna dari data-data yang diperoleh dan di sajikan secara narasi. Hasil penelitian menunjukkan kesempatan, motivasi, dan fasilitasi yang diberikan orang tua dalam mengembangkan literasi dini di rumah cukup tinggi namun keteladanan seperti kegiatan orang tua membaca dan menulis, kegiatan bercerita bersama anak, bercerita sebelum tidur, kebiasaan orang tua untuk membacakan dan menyebutkan huruf-huruf yang di temui di sekitar anak masihlah kurang. Dan orang tua belum mampu menjadikan kegiatan literasi menjadi kepribadian serta sebuah kebiasaan di rumah. Hal ini berdampak pada rendahnya minat literasi anak terutama dalam hal membentuk, membuat kata-kata sederhana dan merangkai huruf menjadi kata. Literasi dini akan tumbuh dalam diri anak dengan baik jika orang tua mampu menjadi teladan dan contoh langsung dalam kesehariannya serta menjadikan kegiatan literasi sebagai bagian penting dari pribadinya. Dalam menghadapi era digital orang tua pun di tuntut dapat menggunakan teknologi untuk mengenalkan literasi dini dalam keluarga yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak. Melalui keteladan dalam keluarga, keterlibatan anak dalam kegiatan literasi dan dukungan dari seluruh anggota keluarga akan menjadikan anak mencintai budaya literasi. Anak-anak yang tumbuh di lingkungan literat akan mengetahui banyak informasi dan mampu membuka cakrawala dunia dan akhirnya akan membawa kemajuan untuk dirinya, keluarga, masyarakat dan Indonesia. 

 

Kata Kunci: Keluarga, Literasi Dini, dan Anak.


Full Text:

PDF

References


Beaty. J. (2015). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.

Bunanta. M. (2008). Buku mendongeng dan Minat Membaca. Jakarta : KPBA.

Dhine. N. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka.

Itadz. (2008). Memilih, Menyusun dan menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini.Yogyakarta : Tiara Wacana.

Musfiroh. T. (2009). Menumbuhkembangkan Baca-Tulis Anak Usia Dini. Jakarta :Gramedia

Musthafa. B. (2008). Dari Literasi Dini Ke Literasi Teknologi. Jakarta : Yayasan CREST.

Nurgiyantoro. B. (2015). Sastra Anak. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Tampubolon. (1993). Mengembangkan Minat dan Kebiasan Membaca Pada Anak.Bandung : Angkasa.

Yalda. (2015). Media Mam and Digital Dady. Solo : Metagraf.

Yusuf. S. (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Rosdakarya.

Peingkat Literasi Indonesia Nomor 2 dari Bawah (23 April 2016). http://www.femina.co.id/trending-topic/peringkat-literasi-indonesia-nomor-dua-dari-bawah




DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats