Model Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Sosiokultural Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Melawi
Abstract
Abstract
The problem of this research is that teachers are not ready to run the government's demands in implementing Curriculum 2013 and the unavailability of thematic-integrative learning tools in the form of RPPM, RPPH, learning media and sociocultural based learning test result. This research produces a sociocultural-based thematic-integrative learning model that is appropriate for learners and knows the effectiveness of sociocultural-based thematic-integrative learning tools. This type of research is research and development. Development is done by referring to Borg and Gall development model that is exploration, planning, product development, product test, and finalization. The subjects of the research trial are all PAUD students in Melawi district. The results of this study indicate that the results of the validation of experts, practitioners, and colleagues indicate sociocultural-based thematic-integrative learning tools deserve to be used with the very good category. Effectiveness in terms of observations and questionnaires get the very good category and very positive response.
Keywords: thematic integrative, learning equipment, and socio-cultural.
Abstrak
Permasalahan penelitian ini yaitu guru belum siap menjalankan tuntutan pemerintah dalam melaksanakan Kurikulum 2013 dan belum tersedianya perangkat pembelajaran tematik-integratif berupa RPPM, RPPH, media pembelajaran dan tes hasil belajar yang berbasis sosiokultural. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu model tematik-integratif berbasis sosiokultural yang layak bagi peserta didik dan mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis sosiokultural. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yaitu ekplorasi, perencanaan, pengembangan produk, uji produk dan finalisasi. Subjek uji coba penelitian adalah seluruh peserta didik PAUD kabupaten Melawi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi ahli, praktisi dan rekan sejawat menunjukkan perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis sosiokultural layak digunakan dengan kategori sangat baik. Keefektifan ditinjau dari hasil observasi dan angket memperoleh kategori sangat baik dan respon yang sangat positif.
Kata Kunci: tematik integratif, perangkat pembelajaran, dan sosiokultural.
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. (2013). Tes prestasi fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Edisi 2, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bodrova, E & Leong, D.J. (1996). Tools of The Mind. The Vygotskian Approach to Early Childhood Education, Englewood Cliffs: Prentice-Hall. Inc.
Feldman, R.S. (2012). Discovering the Life Span,Second Edition, New York: Pearson Prentice Hall.
Jackman, L.H. (2012). Early Education Curriculum, Bemidji:
Wadasworth.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum
Perubahan dan Pengembangan Kurikulum 2013 Merupakan Persoalan Penting dan Genting, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Santrock, J.W. (2011). Masa perkembangan anak (Terjemahan). (Edisi 11). New York: McGraw Hill. (Buku asli diterbitkan tahun 2009)
Sisdiknas. (2012). Uji publik kurikulum 2013: penyederhanaan, tematik-integratif.(http://www.kemdiknas. go.id/kemdikbud/uji-publik-kurikulum-2013-1). Diakses pada tanggal 10/07/2016 pukul 09.00 WIB.
DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v1i2.3311
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.