Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Tingkat Pengetahuan Orang Tua terhadap Pendidikan Seksual pada Anak Usia Dini di Sekolah Dasar Kartika VIII-5 Jakarta Selatan Tahun 2014

Legina Anggraeni

Abstract


Abstract

There are a few people, especially parents, who care about the sex education of children. They assumed that sex education is prohibited to be taught to children. Even though, early childhood sex education introduces the body parts and their functions to the children and able to prevent them from the crimes of sexual. This study aims to seek the factors associated with the level of parents knowledge of early sex education to the children at Kartika VIII-5 Elementary School, South Jakarta, in 2014. The result indicates that there is a significant relationship between education, social and cultural value, and exposure of information with the level of parents knowledge of sex education. Whereas, the occupation, age, and experience have no significant relationship with the level of parents knowledge of early sex education to the children.

Keywords: knowledge, sexual education, children, and parents.

 

Abstrak

Sedikit sekali masyarakat terutama orang tua yang peduli akan pendidikan seksual pada anak dan beranggapan bahwa pendidikan seksual merupakan hal yang tabu untuk diberikan kepada anak. Padahal pendidikan seksual secara dini bertujuan untuk memperkenalkan kepada anak anggota tubuh yang dimiliki beserta dengan fungsi-fungsinya. Selain itu, pendidikan seksual juga bertujuan untuk menghindarkan anak dari tindak kejahatan penyimpangan seksual. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat pengetahuan orang tua terhadap pendidikan seksual secara dini pada anak di Sekolah Dasar Kartika VIII-5 Jakarta Selatan tahun 2014. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pendidikan, nilai sosial budaya dan keterpaparan informasi dengan tingkat penegtahuan orang tua terhadap pendidikan seksual pada anak. Sedangkan pekerjaan, umur, dan pengalaman pendidikan seksual yang pernah diterima oleh orang tua pada masa anak-anak tidak mempunyai hubungan yang bermakna.

Kata Kunci : pengetahuan, pendidikan seksual, anak, dan orang tua.


Full Text:

PDF

References


Ali dan Asrori. (2008). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. PT Bumi Aksara: Jakarta

Anisah, Ani. (2009). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Pengetahuan dan Sikap Orang Tua Terhadap Pendidikan Seksual di Kampung Parabon RW 03 Desa Ciloto Kabupaten Ciganjur. Skripsi: Depok.

Chomaria, Nurul. (2012). Pendidikan Seks Untuk Anak. Penerbit Aqwam: Solo.

Lasari, Rizma. F. (2012). Pendidikan Seks Untuk Anak Sekolah Dasar. Artikel: Jakarta.

Meyda, Dwinda. (2010). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Psikoseksual Anak Dengan Pendidikan Seks Usia Dini Terhadap Anak Usia Pra sekolah (4-6 tahun) di TK Cempaka Kelurahan Ketawanggede Kota Malang. Skripsi: Depok.

Mubarok, Wahit. I. (2012). Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan. Salemba Medika: Jakarta.

Nugraha, Boyke. (2009). Bicara Seks Bersama Anak. Pustaka Anggrek: Yogyakarta.

Oktaufik, Raman. S. (2010). Pentingnya Pendidikan Seks Pada Anak. Artikel: Jakarta.

Puspitosari, Widyawati. (2015). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Seks Pada Remaja. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Putri, Imanda. K. (2012). Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Pemberian Pendidikan Seks Untuk Anak Oleh Orang Tua Siswa Madrasah Ibtidaiyah Hayatul Islamiyah. Skripsi: Depok.

Qudsy, Hasan. (2012). Ketika Anak Bertanya Tentang Seks. Tinta Medina: Solo.

Roqib, Muhammad. Pendidikan Seks untuk anak usia dini. Insania Vol. 13 No 2 Mei-Agustus 2008

Skripsiadi, Erwin. (2005). Pendidikan dasar seks untuk anak sebagai panduan diskusi dalam keluarga. Curiosita: Yogyakarta.

Solikhati, Anisa. (2012). Jenis-jenis Pengetahuan. Artikel: Surabaya.

Sugiasih, Inhastuti. (2005). Need Assessment mengenai pemberian pendidikan seksual yang dilakukan ibu untuk anak usia 3-5 tahun. Proyeksi Vol 6 No.1.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v1i2.3383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats