Perbedaan Pendapat Pembelajaran Prabaca, Pratulis dan Prahitung Bagi Anak Usia Dini
Abstract
Abstract
Today, differences of opinion about learning to read, write, and count for early childhood still occur by many parties. This study aims to obtain an overview of how the opinions and attitudes of principals and kindergarten teachers and RA about reading, writing, and arithmetic learning. This research uses descriptive methods, and data collection is done through interviews and questionnaires. The results of the study indicate (1) the Education Office or Ministry of Religion does not require reading, writing, and arithmetic learning; (2) Most TK and RA carry out reading, writing, and numeracy learning and some others do not implement it; (3) the provision of reading, writing and counting activities in kindergarten and RA is based on the request of parents of students; (4) reading, writing and counting activities in kindergarten and RA are conducted outside of school hours and are private; (5) the implementation of reading, writing and counting activities in kindergarten and RA is carried out by the teacher.
Keywords: Opinion, Reading, Writing, and Counting.
Abstrak
Dewasa ini, perbedaan pendapat tentang pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung bagi anak usia dini masih terjadi oleh banyak pihak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana pendapat dan sikap kepala sekolah dan guru taman kanak-kanak dan Raudhatul Atfhal tentang pembelajaran baca, tulis, dan hitung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan (1) Dinas Pendidikan atau Kementrian Agama tidak mewajibkan pembelajaran baca, tulis, dan hitung; (2) Sebagian besar TK dan RA melaksanakan pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung dan sebagian yang lain tidak melaksanakan; (3) pemberian kegiatan baca, tulis, dan hitung di TK dan RA lebih didasarkan atas pemintaan orangtua siswa; (4) kegiatan baca, tulis, dan hitung di TK dan RA dilaksanakan di luar jam pelajaran dan berbentuk privat; (5) pelaksanaan kegiatan baca, tulis, dan hitung di TK dan RA dilakukan oleh guru.
Kata Kunci: Pendapat, Prabaca, Pratulis, dan Prahitung
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Hurlock, E. B . (1980). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Terjemahan edisi ke-5). Jakarta: Erlangga.
Masnipal (2013). Siap menjadi Guru dan Pengelola Paud Profesional. Jakarta: PT. Elexmedia Komputindo-Gramedia.
----- (2015), Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini; Panduan bagi Mahasiswa Calon Guru &Pengelola Paud Profesional. Bandung: PG PAUD UNISBA (tidak diterbitkan).
Morrison, G. S. (1988). Early Childhood Education Today. Columbus, Ohio: Merrill Publishing Company.
-------- (2008).Fundamentals of Early Childhood Education, 5th Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Majelis Luhur Taman Siswa (1977). Karya Ki Hajar Dewantara, Bagian Pertama: Pendidikan; cetakan kedua. Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa.
Sadiman, A. S, dkk. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Zaman, B & Cucu, E. (2010). Media Pembelajaran Anak usia Dini. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3855
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.