Analisis Kebijakan Pemerintah Purwakarta tentang Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Purwakarta
Abstract
Abstract
The gap between the community and the world of education requires educational reform from time to time without stopping, which is directed at strengthening local values. The purpose of this study was to analyze the regent of Purwakarta's policy regarding the application of local wisdom-based character education in Purwakarta Regency and analyze the social impact of the application of local wisdom-based education in Purwakarta Regency. The research method used is content analysis with a qualitative approach. The results showed that the application of Purwakarta regent's policy on local wisdom-based character education in Purwakarta Regency that was applied in formal educational institutions with special seven-day programs that were well programmed through formal education institutions was able to shape students' character and student life skills.
Keywords: Policy, Character Education, Local Wisdom.
Abstrak
Adanya kesenjangan antara masyarakat dengan dunia pendidikan memerlukan reformasi pendidikan dari waktu ke waktu tanpa henti, yang diarahkan pada penguatan nilai-nilai lokal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebijakan bupati purwakarta mengenai penerapan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di Kabupaten Purwakarta, dan menganalisis dampak sosial penerapan pendidikan berbasis kearifan lokal di Kabupaten Purwakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah content analysis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kebijakan bupati Purwakarta tentang pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di Kabupaten Purwakarta yang diterapkan dalam lembaga pendidikan formal dengan program tujuh hari istimewa yang terprogram dengan baik melalui lembaga pendidikan formal, mampu membentuk karakter siswa dan kecakapan hidup siswa.
Kata Kunci: Kebijakan, Pendidikan karakter, Kearifan Lokal.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abudin Nata. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: Angkasa.
Anna Sri Marlupi. (2011). Artikel Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal. Semarang: Yayasan Pangudi Luhur.
H.A.R. Tilaar. (2002). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya. cet. III.
Hayani Wulandari. (2017). Menumbuhkan Pendidikan Karakter Melalui Atikan Purwakarta Pada Pendidikan Anak Usia Dini.Metodik Didaktik Jurnal Pendidikan ke-SD-an, Vol 13 No 1.
Helmi Aziz. (2016). Internalization of Character Education Based on Local Wisdom: Field Studies in Kampung Kahuripan/ Tajur Pasanggrahan Village of Purwakarta Regency. Jurnal Pendidikan Islam :: Volume 5, Number 1.
Irwan Abdullah, dkk. (2008). Agama dan Kearifan Lokal dalam Tantangan Global. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
LKPJ Bupati Purwakarta Tahun 2012.
Majalah El-Qudsy, Edisi 21 tahun 2013
Miftah Auliya Hudatul Millah, (2018) . Upaya Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Program 7 (Tujuh) Poe Atikan Purwakarta Istimewa: Penelitian di SMPN 5 Raden Muhammad Shaleh Purwakarta. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
Nasrudin, dkk. (2011). Buku Kearifan Lokal di Tengah Modernisasi. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan Badan Pengembangan Sumber Daya Kebudayaan dan Pariwisata kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia.
Ngainun Naim dan Acham Sauqi. (2008). Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Nur Afrini, (2017). Evaluasi Kebijakan Peraturan Bupati Purwakarta Nomor 69 Tahun 2015 tentang Pendidikan Berkarakter. Skripsi, Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Sindonews. 17-9-2014. Program Tujuh Hari Pendidikan Kearifan Lokal di Purwakarta. Jakarta: Sindonews.
Siti Wahyuni. tt. Jurnal Keberagaman Dan Makna Nilai Kearifan Lokal Sebagai Sumber Inspirasi Pembelajaran Seni Budaya Yang Berkarakter. Madiun: IKIP PGRI.
Suyanto dan Djihad Hasyim. (2000). Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Millenium III. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Wagiran. (2012). Jurnal Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana (Identifikasi Nilai-nilai Karakter Berbasis Budaya). FT Universitas Negeri Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Karakter.
DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.4167
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.