Perubahan Perilaku Anak Prasekolah dalam Pemenuhan Asupan Gizi Seimbang melalui Penerapan PAUD Sadar Gizi di TK-IT Mutiara Hati Kota Semarang

Reni Pawestuti Ambari, Lita Latiana Lita, Khamidun Khamidun Khamidun

Abstract


The purpose of this study was to examine differences of preschool children's behaviour in fulfilment balanced nutritional intake through the program of "PAUD Aware of Nutrition". Quasi experimental research methods, with the design of pre and post-test without control. The intervention was carried out by giving information by researchers to preschool children aged 5-6 years about 10 messages of balanced nutrition. Children are accompanied for one month with a frequency of once a week. The study population was preschool children who were in the Mutiara Hati Kindergarten, Semarang City. Sample collection through purposive random sampling, a total of 38 children. Pre and post are one month apart. The Paired T-Test Sample Test results showed that there were differences (p <0.05) in children's behaviour between before and after the program of "PAUD Aware of Nutrition" intervention. Recommendations from this study are the need for the implementation of the Nutrition Awareness PAUD program in PAUD institutions for healthy living habits and prevention of nutritional problems in preschool children. 

Keywords: PAUD Aware of Nutrition, 10 Messages of Balanced Nutrition, Behaviour, and Preschool Children.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan perilaku anak prasekolah dalam pemenuhan asupan gizi seimbang melalui penerapan “PAUD Sadar Gizi”. Metode penelitian dengan quasi eksperimental, dengan desain pre dan posttest without control. Intervensi yang dilakukan adalah pemberian informasi oleh peneliti kepada anak prasekolah usia 5-6 tahun tentang 10 pesan gizi seimbang. Anak didampingi selama satu bulan dengan frekuensi satu minggu sekali. Populasi penelitian yaitu anak prasekolah yang berada di TK IT Mutiara Hati, Kota Semarang. Pengumpulan sampel melalui purposive random sampling, sejumlah 38 anak. Pre dan post berjarak satu bulan. Hasil Uji Paired Sampel T-Test didapatkan ada perbedaan (p<0,05) perilaku anak antara sebelum dan sesudah intervensi PAUD Sadar Gizi. Peningkatan  Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlunya pelaksanaan program PAUD Sadar Gizi di lembaga PAUD untuk pembiasaan hidup sehat dan penanggulangan masalah gizi pada anak usia prasekolah.

Kata Kunci: PAUD sadar gizi, 10 pesan gizi seimbang, perilaku, anak prasekolah.


References


Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (2013). Buku Panduan (Panduan Pelaksanaan Kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) Yang Terintegrasi Dalam Rangka Penyelenggaraan Pengembangan Anak Umur Dini Holistik Integratif. Jakarta. Badan Kependudukan Keluarga Berencana NasionalDinas Kesehatan Kota Semarang. Laporan Tahunan Bidang Kesehatan Keluarga Tahun 2015. Semarang: 2015.

Damayanthi, E, Cesilia, M.D Lilik, K, dan Neti Hernawati (2010). Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak melalui Pendidikan Gizi dan Kesehatan serta Stimulasi Psikososial:Pengembangan Model. Laporan Akhir Penelitian Strategis Nasional. Tahun Pertama Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Kasmini, O.W. Raharjo, B.B. Nugroho, E. Hermawati, B (2017). Sumber daya Lokal Sebagai Dasar Perencanaan Program Gizi Daerah Urban. Jurnal MKMI, Vol 13 No.1, Maret 2017.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.41 Tahun 2014 Tentang Pedoman Gizi Seimbang. 2014. Jakarta.

Khomsan A, Anwar F, Hernawati N, Suhanda NS, Oktarina (2013). Tumbuh Kembang dan Pola Asuh Anak. Bogor: IPB Press.

Kustiyah, L. Dwiriani, C.M. Damayanthi, E. Hernawati, N (2012). Seminar Riset Tentang Kebijakan Pendidikan Anak Di Indonesia: Menuju Pengembangan Kebijakan Berbasis Bukti. Smeru; Lembaga Penelitian Smeru No.33, Desember 2012.

Perdana, F. Mdanijah, S. Ekayanti, I. (2017). Pengembangan Media Edukasi Gizi Berbasis Android dan Website Serta Pengaruhnya Terhadap Perilaku Tentang Gizi Seimbang Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gizi dan Pangan, November 2017, 12 (3):169-178.

Pratiwi, H. Bahar, H. Rasma. Peningkatan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Ibu dalam Upaya Pencegahan Gizi Buruk melalui Metode Konseling Gizi di Wilayah Kerja Puskesmas Wua-Wua Kota Kendari Tahun 2016.

Rahmawati, I. Sudargo, T. Paramastri, I (2007). Pengaruh Penyuluhan dengan Media Audiovisual terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Ibu Balita Gizi Kurang dan Buruk di Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal Gizi Klinik Indonesia Vol.4 No.2

Santrock, J.W (2007). Perkembangan Anak (Edisi Kesebelas). Jakarta. Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats