Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Keimanan

Itah Miftahul Ulum

Abstract


This study aims to analyze the verses of the Qur’an and the concept of faith-based early childhood education. The research approach used is a discourse analysis method that investigates the religious verses that are understood fundamentally, to be different from the findings of previous studies. Research data are verses of the Qur’an and the concept of children's education. This study also uses philosophical reasoning that seeks new understanding through the comparison of other understandings inductively and deductively, idealized, to the personal opinion of the researcher. The findings of this study are that faith-based education is related to spirit and sustenance, and harmony of faith. The findings of this study are that faith-based education is related to spirit and sustenance, and harmony of faith. Faith-based education is closely related to the implementation of pillars of Islam and other Islamic shari'a.

 

Keywords: Education, Faith, PAUD Education Concept.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ayat al-Qur’an dan konsep pendidikan anak usia dini (PAUD) berbasis keimanan. Pendekatan penelitian yang digunakan, adalah metode analisis wacana yang menginvestigasi ayat-ayat keimanan yang dipahami secara mendasar, hingga berbeda dengan temuan penelitian sebelumnya. Data penelitian adalah ayat al-Qur’an dan konsep pendidikan anak. Penelitian ini juga menggunakan nalar filsafat yang mencari pemahaman baru melalui komparasi pemahaman lain secara induktif dan deduktif, diidealisasi, hingga menjadi pendapat pribadi peneliti. Temuan dari penelitian ini adalah, bahwa pendidikan berbasis keimanan berhubungan dengan ruh dan rezeki, dan rukun iman. Makna iman berhubungan dengan ibadah dan muamalah, dan aktivitas lain yang berhubungan dengan lingkungan. Pendidikan berbasis keimanan, erat kaitannya dengan implementasi rukun Islam dan syari’at Islam lain.

 

Kata Kunci: Pendidikan, Keimanan, Konsep Pendidikan PAUD.


References


Ābādī, Al-Fairūz (1995) . Al-Qāmus Al-Muhīth. Beirut: Dār Al-Fikr.

Abū Rumūz, Simā Rātib ‘Adnān (2001). Tarbiyah Al-Thifli fi Al-Islām. Damaskus: Dār Al-Qalam.

Abū Shālih, Muhib Al-Dīn (1979). Dirasāt fi Al-Tārbiyah Al-Islāmiyah. Beirut: Dār Al-Ma’rifah.

Al-Baghawī, Abū Muhammad Al-Husain bin Ma’sūd (1997). Ma’ālim Al-Tanzīl. Riyādh: Dār Thayyibah li Al-Nasyr wa Al-Tauzī.

Al-Bukhārī, Muhammad bin Ismāīl bin Ibrāhīm bin Al-Mugīrah (1422 H). Shahīh Al-Bukhārī. Beirut: Dār Thauq Al-Najāh.

Al-Ghazālī, Abū Hāmid Muhammad bin Muhammad (2005). Ihyā ‘Ulūmīdin. Beirut: Dār Ibn Hazm.

Al-Mursī, Abū Al-Hasan Ali (2000). Al-Muhkam wa Al-Muhīth Al-‘Azham. Beirut: Dār Al-Kutub Al-‘llmiyah.

Ashshiddiqi, T.M. Hasbi dkk. (1971). Al-Qur’ān Al-Karīm wa Tarjamatu Ma’ānihi ila Al-Lughah Al-Indūnīsiyah. Madinah: Mujamma Al-Malik Fahd li Al-Thibā’ah Al-Mushhaf Al-Syarīf.

Banī ‘Athā, Sihād Abdullah (2017). Al-Manhaj Al-Nabawī fi Tarbiyah Al-Athfāl, Majallah Al-‘Ulūm Al-Insāiyah wal Al-Ijtimā’iyah. Al-Adad. 31, Al-Shafhah, 417-428.

Barakāt, Aminah Husain Abdul Maulā (2015). Tarbiyah Al-Thifl fi Al-Islam. Majallah Al-‘Ulūm Al-Qānuniyah wa Al-Syari’ah. Zawia: Kuliyah Al-Tarbiyah Jāmi’ah Al-Jāwiyah, Al-Adad 6, Al-Shafhah 97-106

Ibnu Manzhūr, Muhammad bin Mukaram (tth). Lisānul ‘Arab. Beirut: Dār Shādir.

Ibrāhīm, Shubhi Thāhā Rasyīd (1983). Al-Tarbiyah Al-Islāmiyah wa Asālib Tardrīsihā. Amman: Dār Al-Arqām li Al-Kutub.

Jabbar, Sahām Mahdi (1997). Al-Thiflu fi Al-Syarī’ah Al-Islāmiyah wa Manhaj Al-Tarbiyah

Nubuwah. Beirut: Al-Maktabah Al-‘Ashriyah.

Khair, Fāthimah Muhammad (1998). Manhaj Al-Islām fi Tarbiyah Aqīdah Al-Nāsyi. Beirut: Dār Al-Khair.

Qandil, Husni (2013). Tarbiyah Al-Thifl Al-Muslim Baina Al-Ashālah wa Al-Mu’āshirah. Al-Shafhah 147-172. Mu’tamar Al-Dualī li Al-Sīrah Al-Nabawiyah. 11-12 Yanāyīr, Khurtum: Jāmiah Al-‘Ālamiyah Al-Ifrīqiya.

‘Ulwan, Abdullah Nashih (1992). Tarbiayatul Aulād fi Al-Islām. Jeddah: Dār Al-Salām li Al-Thibā’ah wa Al-Nasyr wa Al-Tauz’ī.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats