Implementasi Strategi Branding Enterpreneur di TK Khalifah Sewon Yogyakarta

Ahmad Mushlih

Abstract


This research was distributed by the large number of schools which are experiencing a shortage of protégé and even to roll the mat so that it needed a strategy to lure the consumers or the public. Education as an effort to educate the nation and also prepare to meet in a mental maturity protégé, it needs to be fed by skills (soft skills), one of which, namely entrepreneurship. This research uses qualitative research type by using the validity of data triangulation technique. As for the results of studies on the implementation of the branding strategy enterpreneur in Sewon Bantul Yogyakarta Caliph Kindergarten: first Brand Positioning (Excellence-excellence as a criterion with other schools, one example i.e. enterpreneur), second, brand identity (including name, logo, jingle, endorser, design, color, web/social media, characters and slogan and tagline), and the third, brand personality (through the figure of the famous people at the same time the founder of Kindergarten Khalifa i.e. Ippo Santoso)

 

Keywords: Branding Strategy, and Enterpreneur.

 

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya sekolah yang mengalami kekurangan anak didik dan bahkan sampai gulung tikar sehingga diperlukan strategi untuk memikat hati para konsumen atau masyarakat. Pendidikan sebagai usaha untuk mencerdaskan bangsa dan juga menyiapkan mental dalam menyongsong kedewasaan anak didik, maka perlu dibekali oleh keterampilan (soft skill), salah satunya yaitu kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan keabsahan data triangulasi teknik. Adapun hasil penelitian tentang implementasi strategi branding enterpreneur di TK Khalifah Sewon Bantul Yogyakarta yaitu pertama Brand Positioning (keunggulan-keunggulan sebagai pembeda dengan sekolah lain, salah satu contoh yaitu enterpreneur), kedua, brand identity (meliputi nama, logo, jingle,endorser, desain, warna, web/sosial media, karakter serta slogan dan tagline), dan ketiga, brand personality (melalui sosok tokoh terkenal sekaligus pendiri Tk Khalifa yaitu Ippo Santoso).

 

Kata Kunci: Strategi Branding, dan Enterpreneur.


References


Anastasia Diana, dan Fandy Tjiptono. 2000. prinsip dan Dinamika Pemasaran. Yogyakarta: J & J Learning.

Andi M. Sadat. 2009. Brand Belief. Jakarta: Salemba Empat.

Bella. Wawancara tentang TK Khalifah Sewon, 5 Desember 2018.

Erna Ferrinadewi. 2008.Merek dan Psikologi Konsumen. 1 ed. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Etta mamang Sangadji, dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: ANDI.

Fandy Tjiptono, Gregorius Chandra, dan Dedi Adriana. 2008. Pemasaran Strategik. 1 ed. Yogyakarta: ANDI.

Franky Slamet, Herru Karunia Tunjungsari, dan Mei Ie. 2014. Dasar-dasar Kewirausahaan teori dan Praktik. 1 ed. Jakarta Barat: Indeks.

Freddy Rangkuti. 2009. The Power Of Brands. 4 ed. Jakarta: Gramedia.

Ike Janita Dewi. 2005. inspirasi bisnis :perspektif baru dalam strategi branding, bisnis, dan karir. Yogyakarta: :amara books.

Jacky Tai, Wilson Chew. 2012. brand manajemen: 13 strategi untuk mengembangkan merek anda. Jakarta: Indeks.

JawaPos.com. “Kekurangan Murid, Banyak Sekolah Negeri Gulung Tikar.” Diakses 13 November 2018. https://www.jawapos.com/pendidikan/02/05/2018/kekurangan-murid-banyak-sekolah-negeri-gulung-tikar.

Mark Casson. 2012. Enterpreneurship. Jakarta: Raja Grafindo.

Mohammad Saroni.2012. Mendidik dan Melatih Enterpreneur Muda. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mudjiarto Aliars Wahid. 2016. Membangun Karakter dan Kepribadian Kewirausahaan,. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Muhammad Anwar. 2014. Pengantar Kewirausahaan teori dan aplikasi. 1 ed. Jakarta: Prenada.

Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, dan Iwan Setiawan. 2010. Marketing 3.0. Jakarta: Erlangga.

Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. “Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Pusat Data Dan Statistik Pendidikan Dan Kebudayaan.” Jakarta, 2017.

Ririn Tri Ratnasari, dan Mastuti H. Aksa. 2011. teori dan Kasis Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia.

Rudy Farid. “KAJIAN STRATEGI BRANDING CLOTHING UNKL347.” Wimba, Jurnal Komunikasi Visual & Multimedia. Vol. 8 No. 1 Tahun 2017 (2017). https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:ABVaDQFsVJYJ:https://jurnalwimba.com/index.php/wimba/article/download/123/pdf_83+&cd=1&hl=en&ct=clnk&gl=id.

Sonny Sumarni. 2013. Kewirausahaan. 2 ed. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sopiah, dan Etta mamang Sangadji. 2016. Salesmanship kepenjualan. 1 ed. Jakarta: Bumi Aksara.

Surachman. 2008. Dasar-dasar Manajemen Merek. 1 ed. Malang: Banyumedia Publishing.

Yuri Rahmadhani, dan Evawani Elysa Lubis. “STRATEGI BRANDING PORTAL ONLINE WWW.TRIPRIAU.COM DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS SEBAGAI PORTAL ONLINE PARIWISATA PROVINSI RIAU.” Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 4, no. 1 (24 November 2016): 1–15.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats