Internalisasi Nilai Karakter Nasionalisme melalui Dongeng dan Tari (DORI) bagi Anak Usia Dini

Eny Nur Aisyah

Abstract


This writing aims to present a solution in learning through fairy tales and dance for early childhood education, to improving character values of nationalism character in early childhood through meaningful activities. Love of the hometown, peace of mind, caring for the environment, social care and responsibility are part of the values of the characteristics of nationalism that want to be improved through a qualitative research approach. Data collection is done by studying documentation, interviews and observing the application of DORI. to improve character values of nationalism character in early childhood education.

 

Keywords: Character Of Nationalism, Fairy Tales, Dance, and Early Childhood.

 

 

 

Abstrak

Penulisan ini bertujuan untuk menghadirkan terobosan pembelajaran melalui dongeng dan tari pada pendidikan anak usia dini, dalam menanamkan nilai-nilai karakter karakter nasionalisme pada anak usia dini melalui kegiatan yang bermakna. Kecintaan pada tanah air, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab adalah bagian dari nilai-nilai karakteristik nasionalisme yang ingin ditanamkan melalui pendekatan penelitian kualitatif pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi, wawancara dan observasi penerapan DORI, ternyata mampu menjadi salah satu solusi untuk menanamkan nilai-nilai karakter karakter nasionalisme pada anak usia dini.

 

Kata Kunci:  Karakter Nasionalisme, Dongeng, Tari, dan Anak Usia Dini.


References


Andini, Pupung Puspa. 2012. Pengaruh Dongeng dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun. (1) (1). Gontalo: FIP UNG

Dewantoro, Ki Hadjar, 1933. Pendidikan Adab (dalam Buku I: Pendidikan). Yogyakarta: Taman Siswa.

Habsari, Zakia. 2017. Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak. Malang: Universitas Negeri Malang. (Online)

Hardika. 2012. Pembelajaran Transformastif Berbasis Learning How to Learn Teori, Model dan Implementasi dalam Pembelajaran. Malang: UMM Pers

Kemendikbud. 2017. Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter bagi Guru. Jakarta: Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan Sekretariat Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Lewis, Barbara A. 2004. Character Building Untuk Anak Usia Dini. Batam: Karisma Publising Group

Lickona, Thomas, 1992. Educating for Character, New York: Bantam Books

Mursid, 2009. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nuryanto, Sidik & Rita Eka Izzaty. 2016. Peranan Dongeng Dalam Pendidikan Karakter Pada Taman Kanak-Kanak Lazuardi Kamila Di Surakarta. Yogyakarta: UNY. (Online)

Sa’dun, Akbar dkk. 2015. Pendidikan Karakter Best Practices. Malang: Universitas Negeri Malang

Wulandari, Retno Tri. 2015. Pengetahuan Koreografi Untuk Anak Usia Dini. Malang: FIP UM




DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats