Pengaruh Bimbingan Guru dalam Mengembangkan Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia Dini

Dianti Yunia Sari

Abstract


Basically, parents and teachers expect their children to be independent and disciplined in their daily lives. Independent behavior and discipline in early childhood still need support and assistance from adults in order to develop optimally. To make this happen, then certainly there must be prepared the right form of support in developing children's independence and discipline. Independence and discipline need to be instilled from an early age because it is the most potential age to learn new things. Provide support so that children are independent and disciplined in the form of guidance. Independence and discipline behavior of these students can experience change through the right way. One way to develop the character of students' independence and discipline is through the teacher's skills in guiding students during the learning process. Achievement of teacher guidance is an effort in strengthening the development of independence and discipline of children in the future. This study uses action research method. Research Results show the influence of teachers in guiding students can develop the character of independence and discipline. This can be seen by the changes in the independence and discipline of students from cycles I, II, III. So that it can be concluded that the learning process through teacher guidance can develop the character of students' independence and discipline.

 

Keywords: Teacher Guidance, Independence, Discipline and Early Childhood.

 

 

Abstrak

Pada dasarnya orangtua dan guru mengharapkan anak-anaknya dapat mandiri dan disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku mandiri dan disiplin pada anak usia dini masih memerlukan dukungan dan bantuan dari orang dewasa agar dapat berkembang secara optimal. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka tentu harus dipersiapkan bentuk dukungan yang tepat dalam mengembangkan kemandirian dan kedisiplinan anak. Kemandirian dan kedisiplinan perlu ditanamkan sejak usia dini karena merupakan usia yang paling potensial dalam mempelajari hal-hal yang baru. Memberikan dukungan agar anak mandiri dan disiplin dilaksanakan dalam bentuk bimbingan. Perilaku kemandirian dan kedisiplinan siswa tersebut dapat mengalami perubahan melalui cara yang tepat. Salah satu cara untuk mengembangan karakter kemandirian dan kedisiplinan siswa yaitu melalui keterampilan guru dalam membimbing siswa selama proses pembelajaran. Ketercapaian bimbingan guru menjadi suatu upaya dalam memperkuat pengembangan kemandirian dan kedisiplinan anak di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil Penelitian menunjukkan pengaruh guru dalam membimbing siswa dapat mengembangkan karakter kemandirian dan kedisiplinan anak. Hal ini dapat dilihat dengan adanya perubahan kemandirian dan kedisiplinan siswa dari siklus I, II, III. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran melalui bimbingan guru dapat mengembangkan karakter kemandirian dan kedisiplinan siswa. 

Kata Kunci: Bimbingan Guru, Kemandirian, Kedisiplinan dan Anak Usia Dini.



References


Buchori, M. (2006). Pendidikan Untuk Membentuk Sikap Mandiri: Beberapa Catatan. Fasilitator Wahana Informasi dan Komunikasi Pendidikan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar, Edisi IV, hlm. 20-24.

Basri, H. (2000). Remaja Berkualitas: Problematika Remaja dan Solusinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Depdiknas (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Fatimah, E. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: Pustaka Setia

Mulyasa (2012). Manajemen Pendidikan Karakter: Jakarta: Bumi Aksara.

Syaodih, E (2005). Bimbingan di Taman Kanak-kanak. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Pendidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Jakarta.

Suroso, & Khafid. (2007). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Semarang: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 2 No. 2 Juli 2007.

Parker,D.K. (2005). Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak. Jakarta: Prestasi Pustakarya

Rimm, S. (2003). Mendidik dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Prasekolah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wiyani, N.A (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama

Wiyani, N.A dan Barnawi (2012). Format PAUD. Jojakarta: Ar-ruzz Media




DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats