Meningkatkan Penguasaan Kosakata Anak Usia Dini melalui Puisi Lagu Anak

Dinar Nur Inten

Abstract


Bahasa memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan anak. Sejak lahir ke dunia anak telah mengenal dan diperkenalkan bahasa oleh orang di sekitarnya. Untuk mengembangkan kemampuan berbahasanya anak tidak terlepas dari penguasaan kosakata, semakin banyak kosakata yang dimilikinya maka kemampuan berbahasa dan komunikasi anakpun akan semakin baik. Pembelajaran anak usia dini haruslah menyenangkan dan menarik sehingga akan melahirkan pembelajaran yang bermakna dan diingat oleh anak sepanjang hidupnya. Oleh karena itu peneliti memilih teknik puisi lagu untuk mengenalkan kosakata untuk anak usia dini utamanya usia 2-4 tahun dengan metode penelitian kualitatif. Puisi dan lagu akan menjadi salah satu teknik mengenalkan bahasa dan kosakata yang sesuai dengan perkembangan anak, karena puisi lagu sarat dengan permainan kata, nyanyian dan gerakan yang akan mengantarkan anak  nyaman dan menikmati pembelajaran yang dilaksanakan.

 

Kata Kunci: Kosakata, Anak Usia Dini, Puisi Lagu.

 

Abstract

Language plays a very important role in  child’s life. From birth to the world, children have known and introduced language by those around them. To develop the language’s ability for children it is inseparable from vocabulary mastery, the more vocabulary they have, the better their language skills and children’s communication. Early childhood learning must be fun and interesting so that it will give birth to learning that is meaningful and remembered by the chid  throughout his life. Therefore reserchers chose song poetry techniques to introduce vocabulary for early childhood espesially those aged 2-4 years  with qualitative research methods. Poetry and song will be one of teh teachnique to introduce language and vocabulary that are suitable for children’s development, because song poetry is full of word games, songs and movements taht will deliver the child comfortably and enjoy the learning thet is carried out.

 

Keywords: Vocabulary, Early Childhood, Song Poetry.   


References


Al-Khuly. (2002). Model Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung : Pusata Studi Islam dan Bahasa Arab

Azhar. 2003. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Jakarta : Bumi Aksara

Balai Bahasa. (2010). Mempelajari Kosakata. UPI : Bandung

Beaty. J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.

Dhieni, N. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka

Inten, dkk. (2016). Literasi Dini Melalui Teknik Bernyanyi. Jurnal Al-Murabbi.Vol 3 No. 1 Juli. STKIP Pembangunan Ngawi Jawa Timur.

Inten. D. (2015). The Effect Of Music adan Movements Towards arabic’s Vocabulary Mastery In Early Childhood. Prosdiding Internasional Chill wiil Being. Bandung ; PGPAUD Universitas Islam Bandung.

Inten & Mulyani. (2016) Literasi Bahasa Sunda Melalui Igel Mang Koko. Seminar Internasional Bahasa IbuSebagai Sumber Budaya Literasi. Bandung : Unpad Press.

Inten. D. (2017). Peranan Keluarga Dalam Menanamkan Literasi Pada Anak. Vol 1 No 1 Juni. Program Studi PGPAUD Universitas Islam Bandung.

Inten. D. Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia DiniMelalui Metode Bermain Peran. Jurnal Mediator Vol 10 (1) Juni Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung.

Jamaris. (2005). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Permainan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 3, No, 2 Mei 2005. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta.

Masnipal. (2017). Profesionalisme guru PAUD. Bandung : Gramedia.

Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta : Kencana.

Nurgiantoro. B. (2016). Sastra Anak. Yogya : Gadjah Mada Press.

Otto.( 2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana

Santrock. (2007). Perkembangan Anak. Bandung : Erlangga.

Tarigan. (1996). Pengajaran Kosakata. Bandung : Angkasa.

Uyu & Agustin. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung : Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats