Peningkatan Keaksaraan Awal dan Pengenalan Kemampuan Berhitung Dasar Anak Usia Dini dengan Menggunakan Model Maya Hasyim

Heni Nafiqoh, Ema Aprianti, Ema Aprianti, Euis Eti Rohaeti, Euis Eti Rohaeti

Abstract


Abstract

The objectives to be achieved through this research are to analyze and describe the implementation of the Maya Hasim implementation of the word through Kindergarten to improve the development of early literacy skills and basic counting. Results of the Maya Hasim application of words and their effects on Kindergarten. Drivers and obstacles to the application of Maya Hasim words in an effort to improve the development of early literacy skills and calculate the basis for children in Kober. The research method used is qualitative research with the consideration that the research subject is TK Tridaya Cimahi students. This study shows that the efforts of early literacy skills and basic counting through the application of the Maya Hasim  Hasim model were useful. Children can imitate what the teacher has shown and done. In order for children to emulate all the activities instructed by the teacher, the teacher must regulate the application of the Maya Hasim model in explaining their activities. The application of the Maya Hasim model is very influential on the concentration of children. The application of the model Maya Hasim makes children interested in learning, children will become more enthusiastic about learning.

 

Keywords: Early Literacy and Basic Counting.

           

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk menganalisa serta mendeskripsikan pelaksanaan penerapan maya hasim melalui TK untuk meningkatkan pengembangan kemampuan keaksaraan awal dan berhitung dasar. Hasil penerapan maya hasim dan pengaruhnya terhadap TK.  Pendorong dan penghambat  penerapan maya hasim dalam upaya peningkatan  pengembangan kemampuan keaksaraan awal dan berhitung dasar  bagi anak di TK. Metode Penelitian yang di gunakan Penelitian kualitatif dengan pertimbangan bahwa subjek riset adalah Siswa TK Tridaya Cimahi. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa upaya  kemampuan keaksaraan awal dan berhitung dasar  melalui penerapan model maya hasim. Anak dapat meniru apa yang telah ditunjukkan dan dilakukan oleh guru. Agar anak dapat meniru semua kegiatan yang diinstruksikan oleh guru, guru harus mengatur penerapan model maya hasim dalam menjelaskan kegiatannya. Penerapan model maya hasim sangat berpengaruh pada konsentrasi anak. Penerapan model maya hasim membuat anak tertarik untuk mengikuti pembelajaran, anak akan menjadi lebih antusias mengikuti pembelajaran.

 

Kata Kunci:  Keaksaraan Awal dan Berhitung Dasar.                 


References


Akbar, R, & Hawadi. (2001). Psikologi perkembangan anak – mengenal sifat, bakat dan kemampuan anak. PT Gramedia Widiasarana Indonesia: Jakarta.

Anna Yulia. (2005). Menumbuhkan Minat Baca Anak. Jakarta: PT Gramedia

Best,J.W., Kahn,J.V.(1993). Research in Education (7*^ Edition), New. Delhi: P^ed^e Hall.

Corbin, J., & Strauss, A. (2007). Basics of qualitative research Techniques and procedures for developing grounded theory (3rd ed.). Thousand Oaks, CA Sage.

Dardjowidjojo, Soedjono. 2003. Psikolinguistik: Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran. Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta

Dwi Lestari 2012. Prosiding Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. Nov 2012. 17. Linearisasi Sistem Persamaan Diferensial Parsial pada Model Epidemi

E Susilo 2013 Kegiatan Keaksaraan Keluarga Untuk Mengembangkan Keaksaraan Anak Usia Dini Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (2) 2013

Endrianti, E. (2007). Peranan Orang Tuadalam Menumbuhkan Minat Baca Anak Sejak Dini. Skripsi UPI Banding: Tidak diterbitkan

Sri Lilis, Herlianthy and Riana, Riana and Sudaryuni, Dian (2016) Model bermain aksara dengan maya hasim (bagi anak usia 5-6 tahun). PP-Paud dan Dikmas Jawa Barat, Lembang.

Sriningsih. 2008. Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Jakarta: PT Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats