Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini melalui Peningkatan Profesionalitas Guru
Abstract
The purpose of this study was to determine the efforts to improve the professionalism of PAUD teachers in improving the quality of Harapan Bangsa City PAUD education. Qualitative descriptive research method, while data collection techniques are based on observation, interviews, documentation. The data analysis techniques are based on data reduction, data presentation, and conclusions. PAUD institutional constraints include educational qualifications, experience, infrastructure, managers, welfare. Efforts to improve the professionalism of PAUD teachers by providing scholarships, workshops, seminars, adequate facilities, and infrastructure, as well as maintaining smooth communication with both foundations, teachers, and parents.
Keywords: Professionalism, PAUD Teachers, Quality of Education
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan profesionalitas guru PAUD dalam meningkatan mutu pendidikan PAUD Harapan Bangsa Kota Padang. Metode penelitian deskriptif kualitatif, sementara teknik pengumpulan data berdasarkan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun teknik analisis data berdasarkan pada reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Kendala lembaga PAUD di antaranya kualifikasi pendidikan, pengalaman, sarana prasarana, pengelola, kesejahteraan. Upaya meningkatkan profesionalisme guru PAUD dengan memberikan beasiswa, workshop, seminar, fasilitas sarana prasarana yang memadai, serta tetap menjaga lancarnya komunikasi baik dengan pihak yayasan, guru, dan orang tua.
Kata Kunci: Profesionalitas, Guru PAUD, Mutu Pendidikan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aprilia, D. (2018). Hubungan Kualifikasi Guru Dengan Pemahaman Mengelola Pembelajaran Anak Usia Dini Di Kecamatan Metro Utara. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.
Arifin, A. K., & Fardana, N. A. (2014). Peran Pendidik PAUD dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Sentra dan Lingkaran. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 3(3), 188–198.
Aziz, A. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Islam, 10(2), 1–13.
Darmayanti, M. Z. N. N. (2011). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Masa Kerja Terhadap Kinerja Guru Raudhatul Athfal Di Medan. Jurnal Analitika, Vol 3, No. 1, 37–44.
Erviana, S. (n.d.). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Guru Di Paud Inklusi Pelangiku Jombang. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. IV, No. 1, 1–6.
Fadlillah, M. (2018). Persepsi Mahasiswa PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Ponorogo terhadap PAUD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 118–123.
Hasmah. (2017). Pengaruh Kompetensi Tenaga Pendidik Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di Smp Negeri 5 Duampanua Kabupaten Pinrang. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Hidayah, R. N. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Ki Hajar Dewantara. EjournalIAINNgawi
Kamila, I. N. (2017). Perbedaan Kinerja Mengajar Guru Pendidikan Anak. Tunas Siliwangi, 3(1), 38–56.
Magta, M. (2013). Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara Pada Anak Usia Dini. Jurnal pendidikan usia dini, 7(2), 221–232.
Marienda, W., & H, E. N. (2015). Kompetensi dan profesionalisme guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Unpad. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat. Vo. 2, No. 2, 147–156.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 16 Tahun 2007.
PERMENDIKBUD RI No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Pasal 25.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014.
RAHAYU, N. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan Di Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Fatimah Desa Purbayan. Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Ratnaningsih, I. Z., Prihatsanti, U., & Prasetyo, A. R. (2015). Pelatihan Bagi Kader Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Kecamatan Banyumanik Semarang. INFO, XVII(2), 97–110.
Setiaty, M. S. Y. T. (2007). Kompetensi Pedagogik Guru Paud Dalam Mengembangkan Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3 No. 1, (23).
UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003.
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Yusutria. (2017). Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia. Jurnal Curricula, 2(2), 38–46. https://doi.org/10.1007/s10096-009-0783-8
Yusutria. (2018). Analisis Mutu Lembaga Pendidikan Berdasarkan Fungsi Manajemen Di Pondok Pesantren Thawalib Padang Sumatera Barat. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, VII(2), 84–95.
DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4828
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.