Etika Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Abstract
This study aims to determine the professional ethics of early childhood education teachers in kindergartens in Padang Timur Subdistrict, Padang City. This study uses descriptive methods that are analytical. Respondents involved included teachers and principals. For the target population in this study were kindergarten teachers in Padang Timur District, Padang City in 5 Kindergarten Institutions with 41 samples. Data collection is done through observation or observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that in early childhood education teacher ethics, based on Republic of Indonesia Law Number 14 of 2005 concerning Teachers and Lecturers also Decision of the XXI Congress of the Republic of Indonesia Teacher Association Number: Vi / Congress / Xxi / Pgri / 2013 concerning Teacher Ethics Code Indonesia with its research focus, namely: The obligation of teachers to students; Obligations of teachers to parents or guardians of students; The obligation of teachers to colleagues indicates that teacher professional ethics are in accordance with those carried out in the field, but must be further optimized in its application.
Keywords: Teacher Professional Ethics, Early Childhood Education.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika profesi guru pendidikan anak usia dini di taman kanak-kanak di Kecamatan Padang Timur, Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bersifat analitik. Responden yang terlibat termasuk guru, dan kepala sekolah. Untuk populasi target dalam penelitian ini adalah guru TK di Kabupaten Padang Timur, Kota Padang di 5 Lembaga TK dengan 41 sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam etika guru pendidikan anak usia dini, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen juga Keputusan Kongres XXI Republik Indonesia Asosiasi Guru No. Nomor: Vi / Kongres / Xxi / Pgri / 2013 tentang Kode Etik Guru Indonesia dengan fokus penelitiannya, yaitu: Kewajiban guru kepada siswa; Kewajiban guru kepada orang tua atau wali murid; Kewajiban guru kepada kolega menunjukkan bahwa etika profesi guru sesuai dengan yang dilakukan di lapangan, tetapi harus lebih dioptimalkan dalam penerapannya.
Kata Kunci: Etika Profesi Guru, Pendidikan Anak Usia Dini.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dahin, S. 2002. Inovasi pendidikan dalam upaya peningkatan profesionalisme tenaga pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Dutelle, A. W. 2011. Ethics For The Public Service Professional. Boca Raton: CRC Press.
Ferrell, O. C. 2013. Business Ethics: Ethical Decision Making and Cases, 9th Edition. South Western: Cengage Learning.
Gade, S. 2015. Kode Etik Pendidik Menurut Ibnu Jama’ah. Jurnal Pencerahan, 9(1), 23-36
Ioannis, Raptis & Eirini Spanaki. 2017. Teachers’ Attitudes Regarding the Development of Socio -Emotional Skills in Elementary Schools in Greece. International Journal of Psychology and Educational Studies, 2017, 4 (1), 21-28
Karwati, E. 2011. Etika Pengelolaan Pendidikan Untuk Menjamin Kualitas dan Profesionalisme. Bandung: Alfabeta.
Keputusan Kongres XXI Persatuan Guru Republik Indonesia Nomor Vi /Kongres/Xxi/Pgri/2013 tentang Kode Etik Guru Indonesia
Lubis, D. 2011. Etika Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Lynn, V. C., & Nixon, J. E. 1985. Physical education: teacher education, guidliness for sport pedagogy. New York: Jhon Wiley & Sons. Inc.
MacKinnon, B. 2013. Ethics: Theory & Contemporary Issues – Concise, 2nd Edition. Boston: Cengage Learning.
Mission, D. A. 2001. Training manual on competency based learning assesment. AGAMI Printing & Publishing Co.
Ninoersy, T. 2015. Integritas Pendidik Profesional dalam Tinjauan Al-Qur’an. Jurnal Edukasi, 1(2), 113-135.
Nurhafizah. 2011. Kemampuan Berkomunikasi Sebagai Pilar Profesionalisme Guru Dalam Membimbing Anak Usia Dini. Artikel Proseding. Bandung : FIP UPI.
Nurhafizah.2014. Penanaman Perilaku Disiplin Pada Anak Sejak Usia Dini. Konferensi Seminar Nasional Trend Pendidikan Anak Usia Dini Dimasa Depan Jilid1. PG-PAUD FIP UNP.
Saondi, Ondi & Arif Suherman. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung : PT Refika Aditama.
Sarjana, S. 2014. Pengaruh Kepemimpinan dan Kerjasama Tim Terhadap Etika Kerja Guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(2), 234-250.
Siswanto, Igrea. 2008. Mendidik Anak Dengan Permainan Kreatif. Yogyakarta: ANDI.
Sukardi. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Suryana. Dadan. 2011. Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Berbasis Universalitas Nilai Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini ISBN 978 UNP & UNRAM
Susanna. 2014. Kepribadian Guru PAI dan Tantangan Globalisasi. Jurnal Mudarrisuna, 4(2), 376-396.
Sutarsih, Cicih. 2013. Etika Profesi. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
William C. Frederick; Keith Davis; James E. Post,. 1988. Business and Society, Corporate Strategy, Public Policy, Ethics, Mc Graw-Hill, Publishing Company.
DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4829
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.