Model Internalisasi Nilai-nilai Akhlak pada Keluarga Buruh Perkebunan Teh

Joyce Bulan Basrawi

Abstract


Abstract

 

This study aims to analyze the application of the model of internalization of moral values to the family of tea plantation workers. This study was conducted with the object of research on the family of tea plantation workers in the Afdeling Riung Gunung Pasir Malang Tea Plantation in South Bandung, with a qualitative descriptive approach and data collection through interviews, observation, and documentation. From the results of the study obtained Islamic religious education material taught by parents to their children, including divinity, destiny, ritual, and ethics. Whereas the methods include habituation, exemplary, control, and punishment; all of which are applied in language that is simple and easy to understand.

 

Keywords: Internationalization of Value, Moral, Family Model.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model internalisasi nilai-nilai Akhlak pada keluarga buruh perkebunan teh. Studi ini dilakukan dengan obyek penelitian pada keluarga buruh perkebunan teh di Afdeling Riung Gunung Perkebunan Teh Pasir Malang Bandung Selatan, dengan pendekatan kualitatif deskriptip dan pengumpulan data melaui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh materi pendidikan agama Islam yang diajarkan orang tua kepada anak anaknya, meliputi ketuhanan, takdir, ritual dan etika. Sedangkan untuk metodenya antara lain pembiasaan, keteladanan, control dan hukuman; yang kesemuanya diaplikasikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.

Kata Kunci: Model Internaslisasi Nilai, Akhlak, Keluarga.


References


Abdullah, M. Imron. 2003. Pendidikan Keluarga Bagi Anak. Cirebon: Lektur.

Abu Bakar, Usman dan Surohim.2005. Kerangka Konseptual Pembaharuan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Al-Abrasyi, Muhammad ‘Athiyah. 1974. At-Tarbiyah al-Islamiyah wa Fafasifatuha. Kairo: Isa al-Babi al-Halabi.

Alam, Lukis. 2016. Internalisasi Nilai Nilai Pendidikan Islam Dalam Perguruan Tinggi Umum Melalui Lembaga Dakwah Kampus Istawa. Jurnal PAI. Vol. 1, no. 2, pp. 6

Alim, Muhammad.2006. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Azizah, Nafilatul, Wahyu. 2009. Penanaman Nilai Agama Pada Anak di Taman Kanak-kanak (TK) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) 31 Sumbersari Malang.

Hakim, Lukman. 2012. Internalisasi nilai nilai agama Islam dalam pembentukan sikap dan perilaku siswa SD Islam terpadu Al-Muttaqin Tasikmalaya. Jurnal PAI-Ta’lim. Vol. 10, No.1.

Jailani, M. Syahran. 2014. Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 8, No. 2

Maisaroh. 2018. Internalisasi nilai nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Berbasis Sentra di Taman Kanak Kanak Islam Terpadu Al-Hijrah Bintuju Kabupaten Tapanuli Selatan. Journal Studi Multidisipliner.Vol. 5, Edisi 1

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pusta Pelajar.

Mahmud. 2013. Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga. Jakarta: Akademia.

Mulyana, Rohmat .2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Nata, Abuddin.2010. Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta: Prenada.

Rantina, Mahyumi. 2012. Pembelajaran Agama di Sentra Iman dan Taqwa Taman Kanak- Kanak Huffazh Payakumbuh. Jurnal Pesona PAUD Vol. 1 No. 1.

Sulistyoko, Arie. 2018. Tanggung Jawab Keluarga Dalam Pendidikan Anak Di Era Kosmopolitan. IQRO: Journal of Islamic Education. Vol.1, No. 2, hal. 177 - 1 92.

UU No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas. Jakarta.

Yuliani, Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.




DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Ranggagading NO. 8 - PO BOX 1357 Tel. 022-4203368 ext. 125-124 Fax - 4201897 - Bandung 40116. 

Creative Commons License
Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats