MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN GEOMETRI ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PUZZEL TANGRAM
Abstract
This study aims to determine the effectiveness of using puzzle media on the ability to recognize geometric shapes and colors in early childhood at TK.KB Kumala Wonomulyo with a population of 35 people. Research Data collection was carried out using observation guidelines and an assessment rubric. The collected data were analyzed using descriptive statistical analysis and inferential statistics. The results of the analysis of research data show that puzzle media is effective for the development of the ability to recognize geometric shapes in early childhood in TK.KB. Kumala Wonomulyo.
Keywords: Effectiveness; Build Geometry; Color.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media puzzle terhadap kemampuan mengenal bentuk dan warna bangun geometri pada anak usia dini di TK.KB Kumala Wonomulyo dengan jumlah Populasi sebanyak 35 orang. Penelitian Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman observasi dan rubrik penialain. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa media puzzle efektif terhadap perkembangan kemampuan mengenal bangun geometri anak usia dini di TK.KB. Kumala Wonomulyo.
Kata Kunci: Efektivitas; Bangun Geometri; Warna.
Full Text:
PDFReferences
Al-Fananie, A. Z., Syahputra, E., & Eviyanti, E. (2020). The Influence of PAKEM Model Using Tangram Media on Learning Motivation and Spatial Mathematical Ability of Grade II Students of SD IT Khalisaturrahmi Binjai. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(4). https://doi.org/10.33258/birle.v3i4.1508
Astuti, I. Y., & Harun, H. (2020). Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808
Bell, C. J. (2017). Measuring Tangrams on a Geoboard. Mathematics Teaching in the Middle School, 22(6), 374–378. https://doi.org/10.5951/mathteacmiddscho.22.6.0374
Bernardo, B., Alves-Oliveira, P., Santos, M. G., Melo, F. S., & Paiva, A. (2016). An interactive tangram game for children with Autism. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 10011 LNAI, 500–504. https://doi.org/10.1007/978-3-319-47665-0_63
Chamdika, V., Kusbianto, D., & Irawati, D. A. (2016). Rancang Bangun Gamepuzzle 2d “Tangram Puzzle” Dengan Metode Fisher-yates Shuffle. Jurnal Informatika Polinema, 3(1), 8.
Chandra, R. D. A. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka (1-10) Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Nusa Indah Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabuaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Incrementapedia:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Choiroh, M. (2018). Pengaruh Media Tangram Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 2(1). https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v2i1.1959
Damiati, M., Rufi’i, R., & Danu, R. (2018). Elaboration of Tangram Media with a Scientific Approach to Social Studies Learning in Elementary School. International Journal for Innovation Education and Research, 6(12). https://doi.org/10.31686/ijier.vol6.iss12.1276
Elan, E., Muiz L, D. A., & Feranis, F. (2017). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. JURNAL PAUD AGAPEDIA. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7168
Fadlillah, M. (2018). PENGARUH PUZZLE GEOMEWA TERHADAP KEMAMPUAN DAN MINAT ANAK DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN DI BA „AISYIYAH RONOWIJAYAN. Jurnal EDUPEDIA Jurmas: Jurnal Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2(2), 139–147.
Fitria, R. A. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Tangram dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri di TK Qurrota A’yun Ponorogo. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 1–6.
Hidayat, H., Delviana, D., Fauziah, D. F., & Yuniar, M. (2021). Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini Melalui Bentuk Geometri di Era Digital. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1). https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.85
Lin, C. P., Shao, Y. J., Wong, L. H., Li, Y. J., & Niramitranon, J. (2011). The impact of using synchronous collaborative virtual tangram in children’s geometric. Turkish Online Journal of Educational Technology, 10(2), 250–258.
Nugrahani, R. (2019). Pengaruh bermain kreatif tangram terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 30–38.
Prihantini, R., Taufik, A., & Riyadi, M. (2019). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(2). https://doi.org/10.25134/jes-mat.v5i2.1734
Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MEDIA TANGRAM. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.17-23
Renavitasari, I. R. D., Supianto, A. A., & Tolle, H. (2018). Log data analysis of player behavior in Tangram Puzzle learning game. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 12(8), 123–129. https://doi.org/10.3991/ijim.v12i8.9280
Ridwan, T., Hidayat, E., & Abidin, Z. (2020). EDUGAMES N-RAM UNTUK PEMBELAJARAN GEOMETRI PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Teknoinfo, 14(2), 89–94.
Setyorini, R. (2015). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Tangram Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Babadan Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Artikel Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Sholeha, W., Rahaju, R., & Wulandari, T. C. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar dengan Pembelajaran Talking Stick dan Media Tangram. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.31537/laplace.v2i2.245
Siew. (2013). Facilitating Studentsâ Geometric Thinking Through Van HieleâS Phase-Based Learning Using Tangram. Journal of Social Sciences, 9(3), 101–111. https://doi.org/10.3844/jssp.2013.101.111
Syukur, A., P., S. E., & Leba, M. G. (2020). The Implementation of Puzzle as a Learning Media to Introduce the Color Concept to Class B Students of Munatuan Early Childhood Education (PAUD) in Kupang District. Digital Press Social Sciences and Humanities, 6, 00012. https://doi.org/10.29037/digitalpress.46378
Taulany, H., Putra, L. V., & Wibisono, I. S. (2020). Media Tangram Geometri “Let’s Be Healthy” Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Geometri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.365
Trimurtini, T.-, & Laela, N. (2020). Keefektifan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Tangram terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2). https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1181
Trimurtini, T., Sari, E. F., & Ahmadi, F. (2018). Primary School Teachersr Capability in Developing Learning Media Basedon Tangram Interactive Game. https://doi.org/10.2991/amca-18.2018.144
Wahyudi, A. I. H. A., & Aulina, C. N. (2021). Pengaruh Media Tangram terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 8–16.
Zuliana, E., Oktavianti, I., Ratnasari, Y., & Bintoro, H. S. (2020). Design and application of marionette tangram: An educational teaching media for mathematics and social science learning process in elementary schools. Universal Journal of Educational Research, 8(3). https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080326
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i2.8981
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.