PENINGKATAN KEAKSARAAN AWAL PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI MEDIA GIANT CARD DI PAUD NURROHMAH
Abstract
The purpose of this study is to improve children's ability to recognize letters can be further developed by using giant card media. It is expected that children can recognize simple concepts about literacy so that children are ready to learn to the next level. The method used is classroom action research. The data was obtained through observation, documentation, and interviews. From the results of initial observations, it is known that the literacy ability of children is only 30% then class actions are carried out through the use of giant card media. After taking action in cycle 1, children's literacy increased to 50%. Then in cycle 2, children's literacy increased to 79%. From these data, it can be concluded that through giant card media, children's literacy skills can be improved. The giant card media is very effective in improving children's literacy skills because the media in addition to showing letter symbols also shows objects that represent the letters.
Keywords: Early Childhood; Media Giant Card; Children's Literacy Ability.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan agar kemampuan anak dalam mengenal huruf bisa lebih berkembang dengan menggunakan media giant card. Diharapkan anak dapat mengenal konsep sederhana tentang keaksaraan sehingga anak sudah siap untuk belajar ke jenjang selanjutnya. Adapun metode yang dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas Data yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Dari hasil observasi awal diketahui kemampuan keaksaraan anak hanya 30% kemudian dilakukan tindakan kelas melalui penggunaan media giant card. Setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 keaksaraan anak meningkat menjadi 50%. Kemudian pada siklus 2 keakasaraan anak mengalami peningkatan menjadi 79%. Dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa melalui media giant card kemampuan keaksaraan anak dapat ditingkatkan. Media giant card sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan anak karena media tersebut selain memperlihatkan simbol huruf juga memperlihatkan benda yang mewakili huruf tersebut.
Full Text:
PDFReferences
Badru Zaman dkk. (2008). Media dan Sumber belajar TK. Jakarta:Universitas
Ella Yulaelawati (2019). Keaksaraan Awal Ruang Guru PAUD (Online)https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20161207084308/Keaksaraan-Awal
Feronica Eka Putri.(2015). Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Survey Pada Guru Paud Di Kabupaten Karawang) https://dosen.ikipsiliwangi.ac.id/wp-content/uploads/sites/6/2020/03/20.-PROSIDING-UNSIKA-2019.
Firdaus, 2019, Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati, Bandung Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal P-ISSN. 2527-4325 E-ISSN. 2580-7412 DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5313
Irmawati (2021) Pengaruh Aktivitas Media Wayang Kartun Terhadap Kemampuan Kosa Kata Volume 10, No. 1, Juli 2021, 228-240 DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.8532
Kadek Hengky Primayana (2020) Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini Pada Anak. Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 1 Nomor 2 2020 ISSN 2721-5075
Khalif Alam, 2020, Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi DOI: 10.31004/obsesi.v4i1.301
Nafiqoh, 2019, Peningkatan Keaksaraan Awal dan Pengenalan Kemampuan Berhitung Dasar Anak Usia Dini dengan Menggunakan Model Maya Hasyim, DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4813
Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan No. 137 tentang Standar Nasional PAUD
Lingkup perkembangan bahasa, aspek keaksaraan tahun (2014)
Salma Maulida (2021)Pengembangan Literasi Anak Usia Dini melalui Media ABC Magnet Box di RA M Gandu I Volume 10, No. 1, Juli 2021, pp. 150-158 DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.8049
Sanjaya, W. (2011) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, h.106
Tanjung, 2018, Penggunaan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf Abjad pada Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina I Kota Subang, Subang. DOI: https://doi.org/10.14421/jpm.2018.32-05
Usman (2018) Pengenalan Huruf Abjad Pada Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Kartu Huruf (http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia)
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i2.9003
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.