THE DEVELOPMENT OF PAPI OPUNG MEDIA TO IMPROVE CHILDREN’S LOGICAL-MATHEMATICS INTELLINGENCE

Tanaya Susilatama Novanti, Intan Prastihastari Wijaya, Hanggara Budi Utomo

Abstract


This research is conducted to develop a product in the form of learning media which is called as Papi Opung to improve logical-mathematics intelligence in early childhood. Moreover, the method used in this research was the research and development (R&D) model from Borg and Gall. Furthermore, we use 6 stages of the existing 10 stages. These stages consist of: (1) potential and problem analysis, (2) literature study, (3) product design, (4) design validation, (5) design revision, and (6) product trial. Data analysis was conducted descriptively and quantitatively. In addition, data were obtained from instrument assessments in the form of validation sheets for media experts and material experts, validation sheets for convenience and attractiveness by teachers group B, observation sheets in small group trials, and observation sheets in field trials. The results of the study show that papi opung media are relevant, feasible, and valid for increasing logical-mathematics intelligence in early childhood.

Keywords: Papi Opung Media; Logical-Mathematics; Early Childhood.

 

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan suatu produk berupa media pembelajaran yang disebut Papi Opung untuk meningkatkan kecerdasan logika-matematika pada anak usia dini. Selain itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan (R&D) dari Borg and Gall. Selanjutnya kami menggunakan 6 tahapan dari 10 tahapan yang ada. Tahapan tersebut terdiri dari: (1) analisis potensi dan masalah, (2) studi literatur, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, dan (6) uji coba produk. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Selain itu, data diperoleh dari penilaian instrumen berupa lembar validasi ahli media dan ahli materi, lembar validasi kemudahan dan daya tarik guru kelompok B, lembar observasi uji coba kelompok kecil dan lembar observasi uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media papi opung relevan, layak, dan valid untuk meningkatkan kecerdasan logika-matematika pada anak usia dini.

Kata Kunci: Media Papi Opung; Logika-Matematika; Anak Usia Dini.


Full Text:

PDF

References


Aisyah, E. N., Iriyanto, T., Astuti, W., & Yafie, E. (2019). Pengembangan Alat Permainan Ritatoon Tentang Binatang Peliharaan Sebagai Media Stimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 174–180. https://doi.org/10.17977/UM038V2I32019P174

Andarwati, C. (2021). Peningkatan Kemampuan Membilang 1 Sampai Dengan 5 Melalui Metode Pemberian Tugas Dengan Menggunakan Alat Peraga Papan Pasak. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 3(3), 281–288. http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/19932

Anggara, I. M. C., Ardana, I. K., & Darsana, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbantuan Peta Konsep Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 1(4), 272–280. https://doi.org/10.23887/IJEE.V1I4.12958

Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan Media Flashcard untuk Mengenalkan Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1091

Dwiyanti, L., Khan, R. I., & Kurniawati, E. (2018). Development of Smart Adventure Games to Improve the Readiness of the Initial Ability of Reading, and Writing (CALIS) on Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 149–154. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V2I2.91

Hasanah, L., & Agung, S. (2018). Kemampuan Pengenalan Geometri Melalui Kegiatan Bermain Balok Anak Usia 5-6 Tahun. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 2(2), 115–124. https://doi.org/10.17509/JPA.V2I2.24538

Lestariningrum, A., & Handini, M. C. (2017). Analisis Pengembangan Kecerdasan Logis Matematis Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Permainan Tradisional. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini. https://doi.org/10.21009/jpud.112.02

Marli’ah, S. (2019). Mengoptimalkan Kemampuan Logika Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Sains. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 39–53. https://doi.org/10.29062/SELING.V5I1.361

Mufarizuddin, M. (2017). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.32

Muloke, C. I., Amatus, Y. I., & Bataha, Y. (2017). Pengaruh Alat Permainan Edukatif (Puzzle) Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. JURNAL KEPERAWATAN, 5(1). https://doi.org/10.35790/JKP.V5I1.14718

Mulyana, E. H., Nurzaman, I., & Fauziyah, N. A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Warna. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 1(1), 76–91. https://doi.org/10.17509/JPA.V1I1.7170

Nirawati, T., & Yetti, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Meja Putar Di Taman Kanak–Kanak. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(1), 51–58. https://doi.org/10.29210/3003387000

Nityanasari, D. (2020). Alat Permainan Edukatif Pasak Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia Dini. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 9–14. https://doi.org/10.24853/YBY.4.1.9-14

Novitasari, A. Y. (2017). Development of child activity sheet by using the scientific approach at ethnic subtheme to introduce Indonesian cultural variety. Proceeding the International Conference on Education Innovation, 1(1), 116–120.

Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/PAUDLECTURA.V2I01.2007

Patria, D., & Iriyanto, T. (2014). Penggunaan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mengenal Bilangan 1 sampai 10 Siswa Kelas I SDLB. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 1(2), 130–136. https://doi.org/10.17977/UM029V1I22014P130-136

Rahmalia, D., & Suryana, D. (2021). Pengembangan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Pada Anak. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.782

Respita, Y., Lena, H., & Rukiyah, R. (2020). Pengembangan Alat Permainan Papan Pasak Untuk Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok B. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 7(2), 185–193. https://doi.org/10.36706/JTK.V7I2.11760

Rozi, N. (2012). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematikaanak Melalupermainan Berhitung Menggunakan Papan Telur Di Tk Aisyiyah 7 Duri. Jurnal Pesona PAUD, 1, 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/1715

Setiawan, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Matematika Di RA Ma’arif 1 Kota Metro. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(2), 181–188. https://doi.org/10.29062/SELING.V4I2.309

Suarca, K., Soetjiningsih, S., & Ardjana, I. E. (2016). Kecerdasan Majemuk pada Anak. Sari Pediatri. https://doi.org/10.14238/sp7.2.2005.85-92

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Alfabeta

Suripatty, P. J. P., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika melalui Permainan Bingo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.282

Suryaningsih, A., & Rimpiati, N. L. (2018). Implementation of Game-Based Thematic Science Approach in Developing Early Childhood Cognitive Capabilities. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 194–201. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V2I2.113

Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987

Tabi’in, A. (2017). Penerapan Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) pada Anak Usia Dini. Edukasia Islamika, 2(1), 46-69. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987

Trisniawati, T., Rahayu, A., & Rhosyida, N. (2018). Implementasi Pembelajaran Origamasains Untuk Menumbuhkan Kecintaan Terhadap Matematika Dan Sains Sejak Dini. Jurnal Ilmiah Visi, 13(2), 91–99. https://doi.org/10.28918/jei.v2i1.1629

Wati, E. K., & Wulansari, W. (2021). LOP Game Development to Improve Early Childhood Mathematical-Logic Learning Ability. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(1). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i1.28406

Widiana, I. W., Parera, N. P. G., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2019). Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 3(4), 314–321. https://doi.org/10.23887/JET.V3I4.22556




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i2.9011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats