PENGARUH METODE TIME BASED PROJECT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Tumewa Pangaribuan, Uswatul Hasni, Affan Yusra

Abstract


This study aims to see the increase in student motivation to learn by using the team-based project method. This study uses a class action research model of Kemmis and McTaggart’s development which is carried out for 2 cycles, with stages of planning, action and observation, and reflection. The subjects of this study were 30 semesters 5 students. The data collection techniques used included observation and documentation. As for the data analysis using the percentage technique. The result of this study is that there is an increase in student learning motivation in the management course of early childhood education institutions from cycle 1 to cycle II. The results of student learning motivation in the first cycle obtained 64.6% and an increase in the second cycle with a percentage of 74.9%. These results prove that the use of time-based projects greatly affects student learning motivation.

Keywords: Learning Motivation; Time Based Projects; PAUD.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan motivasi belajar mahasiswa dengan menggunakan metode team based project. Penelitian ini  menggunakan penelitian tindakan kelas model pengembangan kemmis dan Mc Taggart yang pelaksanaannya dilakukan selama 2 siklus, dengan tahapan perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini ialah 30 orang mahasiswa semester 5. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan teknik presentase. Hasil penelitian ini ialah terdapat peningkatan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah pengelolaan lembaga pendidikan anak usia dini dari siklus 1 ke siklus II. Hasil motivasi belajar mahasiswa pada siklus 1 diperoleh 64.6%, dan  terjadi peningkatan pada siklus II dengan presentase 74.9%.  Hasil ini membuktikan bahwa penggunaan time based project sangat mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa. 

Kata Kunci: Motivasi Belajar; Time Based Project; PAUD.


Full Text:

PDF

References


Amirul, M & Meidiana, D.C. 2017 . Pengelolaan pendidikan anak usia dini pemula di kecamatan Grabug kabupate purworejo. JNE 3 (1) (2017) 47-52

Anas Sudjono.(2010). Pengantar Statistik pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1996),50

Arikunto, dkk. (2006). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT bumi Aksara. Arikunto. Suharsimi (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek.Jakarta: Rineka Cipta

Dimitra, K, Victoria, M, Andy, W. (2016). Project-Based Learning: A review of the literature. Improving Schools. Vol. 19(3), 267–277. DOI: 10.1177/1365480216659733

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Karen, H. 2020. Enganging student in critical thinking online using team based learning. 2020 Charles Sturt EdX Learning and Teaching Conference. Bathurst, Australia. https://edx.csu.domains/quicktalk/cs-edx-sessions- hayes-karen/

Karni. 2013. Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini di Tk Negeri Pembina Jatisrono. Universita Muhammadiya Surakarta

Kristanti, Y. D, Subiki, & Rif’ati, D.H. Model Pembelajaran Berbasis Proyek ( Project Based Learning Model ) Pada Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 5 No. 2, September, hal 122 – 128

Rini, Sutantoro, & Lia. (2016). Syntax Construct Validity Of Project Based Learning Of global Warming Material. PROSIDING ICTTE FKIP UNS 2015. Vol 1, Nomor 1, Januari, ISSN: 2502-412

Sari, A. Y., Retno, D. A.. (2013). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Motoric Media of Teaching- Oriented and Children. Vol 1 No.1. https://doi.org/10.31090/paudmotori c.v1i1.547

Sardirman, AM. 2000. Interaksi & motivasi belajar mengajar. AM Sardiman PT RajaGrafindo Persada, 2000

Shannom Brooke.2020. increasing undergraduate student performance in intelligence analysis courses using team based learning. Journal of Homeland Security Education. Vol 9, P42-48

Suwono, Hadi.2012. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATAKULIAH METODOLOGI PENELITIAN., Jilid 18, Nomor 2, Desember 2012, hlm. 157-165. Jurnal Ilmu Pendidikan




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v6i1.9764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats