THE EFFECT OF HEAD OF PAUD SUPERVISION, TEACHER PARTICIPATION IN TEACHER WORK GROUP ON TEACHER PERFORMANCE THROUGH PLAY GROUP TEACHER PROFESSIONAL COMPETENCE

Halidah Halidah, Sulaiman Sulaiman, Aslamiah Aslamiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh: (1) Supervisi kepala PAUD, Partisipasi guru dalam Kelompok Kerja Guru, kompetensi profesional dan kinerja guru; (2) supervisi PAUD  terhadap kinerja,; (3) partisipasi guru dalam Kelompok Kerja Guru terhadap kinerja guru; (4) kompetensi profesional terhadap kinerja guru; (5) supervisi kepala PAUD terhadap kompetensi profesional; (6) partisipasi guru dalam Kelompok Kerja Guru terhadap kompetensi profesional; (7) supervisi kepala PAUD terhadap kinerja guru melalui kompetensi profesional; dan (8) Pengaruh partisipasi guru dalam Kelompok Kerja Guru terhadap kinerja guru melalui kompetensi profesional. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif dalam menguji pengaruh antar variabel. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 79 orang guru. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis dengan uji normalitas, uji linieritas, heterokedastisitas dan uji autokorelasi. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengaruh: (1) Supervisi kepala PAUD dan kompetensi professional berada dalam kategori sedang, pada partisipasi dalam Kelompok Kerja Guru dan kinerja guru berada dalam kategori tinggi; (2) supervisi kepala PAUD terhadap kinerja sebesar 0,276; (3) partisipasi dalam Kelompok Kerja Guru terhadap kinerja guru sebesar 0,294; (4) kompetensi profesional terhadap kinerja guru terhadap 0,314; (5) supervisi kepala PAUD terhadap kompetensi professional terhadap 0,267; (6) partisipasi dalam Kelompok Kerja Guru terhadap kompetensi professional sebesar 0,220; (7) supervisi kepala PAUD terhadap kinerja melalui kompetensi professional sebesar 0,084; dan (8) partisipasi dalam Kelompok Kerja Guru terhadap kinerja guru melalui kompetensi profesional sebesar 0,069.

Keywords: Supervisi, Kelompok Kerja Guru, Kompetensi Profesional, Kinerja

Keywords


Supervisi, Kelompok Kerja Guru, Kompetensi Profesional, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Mo-tivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madi-un. JURNAL AKUNTANSI DAN PA-JAK, 17(02), 14-23. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/230489991.pdf

Arsyad, & Sulfemi, W. B. (2019). Pengaruh Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Peningkatan Kom-petensi Pedagogik dan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Pen-didikan Dasar Indonesia, 4(2), 53-58.

Aswindirno, Sukmawati, & Suib, M. (2017). Pengaruh Supervisi Akade-mik Dan Partisipasi Guru Dalam Kkg Terhadap Kompetensi Profesional Guru SD Kecamatan Sajad. Khatu-listiwa: Jurnal Pendidikan dan Pem-belajaran, 6(11), 1-12. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/22981/18190

Bermawi, Y., & Fauziah, T. (2015). Super-visi Kepala Sekolah Terhadap Kom-petensi Profesional Guru. JURNAL PESONA DASAR: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 1(4), 16 - 24.

Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Paud di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051-1059. doi:10.31004/obsesi.v4i2.465

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profe-sional Guru (Suatu Studi Meta-Analysis Desertasi Pascasarjana UNJ). JKKP: Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, 5(1), 9-19. doi:10.21009/JKKP.051.02

Erwin, R., & Feriyana, E. (2019). Kompe-tensi Profesional, Dan Supervisi Pendidikan Serta Disiplin Kerja Da-lam Mempengaruhi Kinerja Guru Smp Negeri 1 Bumiagung Waykanan Lampung. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, 17(1), 53-65. Retrieved from https://stietrisnanegara.ac.id/jurnal/index.php/aktual/article/download/33/33

Fathoni, A. A. (2021). Upaya Peningkatan Kinerja Guru Melalui Kegiatan KKG/MGMP PAI. Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 1-10. Retrieved from https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/jurpendigu/article/download/287/326/1088

Huraini, S., Lubis, D. P., & Rahmadi, M. T. (2020). Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran Geografi Tingkat Sma Dalam Meningkatkan Profesional-isme Guru Terhadap Penyusunan Bahan Ajar. GEOGRAPHY: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengem-bangan Pendidikan, 8(2), 98-108. doi:10.31764/geography.v8i2.2589

Idawati, K. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Kompetensi Profesion-al Dan Kelompok Kerja Guru (KKG) Sekolah Dasar Negeri Gugus III Kecamatan Gunung Agung Tulang Bawang Barat. Jurnal Lentera Pen-didikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 4(2), 46-57. Retrieved from https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/poace/article/download/1159/565/

Kardata, R., Mahrita, & Aslamiah. (2018). The Relationship Between Trans-formational Leadership And Work Motivation With The Teacher’S Per-formance Of Public Elementary School In South Banjarmasin District, Banjarmasin, Indonesia. European Journal of Education Studies, 5(7), 81-87. Retrieved from https://www.oapub.org/edu/index.php/ejes/article/view/2103/4739

Lukuhati, E., Hasan, B. L., & Zakiyah, S. (2017). Hubungan Pengalaman Mengajar Dan Partisipasi Guru Da-lam Mgmp Dengan Kompetensi Profesional Guru Matematika SMP Provinsi Maluku Utara. Seminar Na-sional dan Rapat Tahunan MIPAnet 2017 "Sains untuk Kehidupan" (pp. 67-76). Manado: FMIPA Universitas Sam Ratulangi. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Djoni-Ha-tidja/publication/341909136_PROSIDING_SEMIRATA_2017_MIPAnet_FMIPAUNS-RAT/links/5ed8ec37299bf1c67d3be9f2/PROSIDING-SEMIRATA-2017-MIPAnet-FMIPAUNSRAT.pdf#page=87

Mangkunegara, A. P. (2014). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Ban-dung: Refika Aditama.

Mardhiah, A., Yusrizal, & Usman, N. (2014). Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Supervisi Akademik di SMP Negeri 3 Peusangan Kabupaten Bireuen. Jurnal Administrasi Pen-didikan, 4(2), 1-11. Retrieved from http://media.neliti.com/media/publications/72399-ID-peningkatan-profesionalitas-guru-melalui.pdf

Mointi, S. W., Masaong, A. K., & Mar-hawati, B. (2021). EvaluasiProgram Supervisi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Bagi Siswa Madrasah. SJEM: Student Journal of Educational Management, 1(1), 73-82. Retrieved from https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/SJEM/article/view/890/214

Muhajirin, Prihatin, T., & Yusuf, A. (2017). Pengaruh Supervisi Akade-mik dan Partisipasi Guru pada MGMP Melalui Motivasi Kerja Ter-hadap Profesionalisme Guru SMA/MA. Educational Management, 6(2), 170-177. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/22783/10751

Mukhtar. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Smp Negeri Di Kecamatan Mas-jid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Magister Administrasi Pen-didikan, 3(3), 103-117. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/93917-ID-strategi-kepala-sekolah-dalam-meningkatk.pdf

Mukhtar, & Iskandar. (2013). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.

Mulyasa, E. (2015). Menjadi Guru Profes-sional. Bandung: PT. Remaja Rosda-karya.

Najri, P. (2020). MGMP dalam Mening-katkan Keprofesionalan Guru Mata Pelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 130–144.

Nathalia, D. P., Kawiana, I. G., & Trarintya, M. A. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Kompetensi Profesional dan Lingkungan Kerja Fisik Ter-hadap Kinerja Guru. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 1(2), 570-580.

Nisa, W. (2020). The Contribution of Pro-fessional Competence through the Work Discipline and Performance to Teacher Work Productivity in Public Elementary School of Tabunganen Subdistrict, Barito Kuala. JK6EM: JOURNAL OF K6, EDUCATION, AND MANAGEMENT, 3(2), 149 – 157. doi:10.11594/jk6em.03.02.06

Normianti, H., Aslamiah, & Suhaimi. (2019). RELATIONSHIP OF TRANS-FORMATIONAL LEADERS OF PRIN-CIPAL, TEACHER MOTIVATION, TEACHER ORGANIZATION COM-MITMENTS WITH PERFORMANCE OF PRIMARY SCHOOL TEACHERS IN LABUAN AMAS SELATAN, INDONE-SIA. European Journal of Education Studies(5), 123-141. Retrieved from https://oapub.org/edu/index.php/ejes/article/viewFile/2308/4947

Purwanto, N. (2012). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Puspita, Y., Fitriani, Y., Astuti, S., & Novi-anti, S. (2020). Selamat Tinggal Rev-olusi Industri 4.0, Selamat Datang Revolusi Industri 5.0. SEMINAR NA-SIONAL PENDIDIKAN PPs UNIVER-SITAS PGRI PALEMBANG 2020 (pp. 1-9). Palembang: Universitas PGRI Palembang. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palem-bang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3794

Raka, A. A., Marhaeni, A., & Dantes, N. (2013). Analisis Tentang Intensitas Partisipasi Guru Dalam Kegiatan Kkg Dan Kualitas Pengelolaan Pembela-jaran Di Tinjau Dari Status Sertifikasi Pada Guru Sekolah Dasar di Kecama-tan Gianyar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 3(1), 1-11. doi:10.23887/jpepi.v3i1.930

Rofiki, M. (2019). URGENSI SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENGEM-BANGAN PROFESIONALISME GURU DI ERA INDUSTRI 4.0. 2(3), 504-514. Retrieved from https://www.e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/261/201

Sahara, B. (2020). Relationship of Princi-pal Leadership Style, Teacher Work Culture, Teacher Competency, Teacher Job Satisfaction and Per-formance of Special School Teachers in Banjarbaru City. JK6EM: JOURNAL OF K6 EDUCATION AND MANAGE-MENT, 3(4), 505 – 518. doi:10.11594/jk6em.03.04.10

Sartika, E., & Muchtar, B. (2014). Pengaruh Sikap Profesional, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Sungai Penuh. Jurnal Riset Manajemen Bisnis dan Publik, 2(1), 1-19. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jrmbp/article/view/4198

Sukirman. (2020). Efektivitas Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Pening-katan Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 4(1), 205-212.

Sukirman. (2020). Efektivitas Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Pening-katan Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 4(1), 205-212. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/download/4385/3453

Suriansyah, A., & Dalle, J. (2021). MODEL KONSEPTUAL BUDAYA DAN IKLIM ORGANISASI DALAM PENERIMAAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKAT-KAN PERFORMANSI GURU-GURU BIOLOGI SMA PADA KAWASAN PINGGIRAN DAN RAWA. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah. 6. Banjarmasin: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Lambung Mangkurat. Retrieved from http://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-lit/article/view/628/637

Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: RajaGrafindo Per-sada.

Suryadi. (2020). Pembelajaran era dis-ruptif menuju masyarakat 5.0 (se-buah telaah perspektif manajemen pendidikan). SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PPs UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG 2020 (pp. 16-29). Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Susmiatun, A., Yuliejantiningsih, Y., & Ab-dullah, G. (2020). Pengaruh Motiva-si Berprestasi Dan Partisipasi Guru Dalam Mgmp Terhadap Kompetensi Profesional Guru Bahasa Inggris SMP di Kabupaten Kendal. Jurnal Mana-jemen Pendidikan (JMP), 9(3), 284-293. doi:10.26877/jmp.v9i3.8120

Usman, M. U. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wardany, D. K. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA: Manajemen dan Keguruan, 1(2), 73-82. Re-trieved from https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/479/272

Wardoyo, C., Herdiani, A., & Sulikah. (2017). Teacher Professionalism: Analysis of Professionalism Phases. International Education Studies, 10(4), 90-100. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1138573.pdf

Widaningsih, T., Widayati, P. N., Shodiq, A., & Zayadi, A. (2019). Revolusi In-dustri 4.0 Dan Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Generasi Alfa: Sebuah Telaah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. 2, pp. 315-323. Banten: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/download/5620/4027

Widoyoko, S. E., & Rinawati, A. (2012). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXXI(2).

Wiratin, I. (2021). Hubungan Supervisi Akademik Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kompetensi Profesional Guru SDN di Marabahn Barito Kuala. Jurnal Manajemen Pendidikan Al-hadi, 1(1), 21-29. doi:10.31602/jmpd.v1i1.5050

Yusuf, T., & Suci, G. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Moti-vasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Ter-hadap Kinerja Guru SMK Negeri 2 Penajam Paser Utara. Jurnal Ge-oEkonomi, 9(2), 117-131. Retrieved from https://jurnal.fem.uniba-bpn.ac.id/index.php/geoekonomi/article/view/23/18




DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v6i2.9981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats