Analisis Brand Equity Perusahaan Melalui Media Sosial (Studi Kasus pada Bagian Media Komunikasi PT. Pos Indonesia Persero)

Raditya Pratama Putra, Neni Yulianita, Yusuf Hamdan, Anne Ratnasari

Abstract


Abstract. The development of social media has brought a change in the use of means of communication that is now made easy with the internet-based means. Utilization of social media as a means of supporting the form of brand equity activities of PT. Pos Indonesia (Persero) through the selection of service Twitter, Facebook, Instagram and Web Site. Adding value to products and services from PT. Pos Indonesia (Persero) on brand equity activity is certainly a role to marketing, which is where, through the addition of value, people will know the products and services presented. Brand equity activities undertaken include several aspects, namely the program, product development, development of this type of service, the use of social media, and the reason of the use of social media. The method used on this research is qualitative, case study approach. The object of this study is the use of social media by PT. Pos Indonesia (Persero) in building brand equity of the company. The subject of this research is part of Media Communication PT. Pos Indonesia (Persero). The results of this study, which is a program that is packaged by the Media section Communication PT. Pos Indonesia (Persero) by utilizing the digitizing means; the development of products from PT. Pos Indonesia (Persero) is to track the shipment on the website, product postal Payment, and e-commerce; development of this type of service, which is currently servicing PT. Pos Indonesia (Persero) is based IT, the postal service is brought to the value of corporate image, and the service is currently focused on value-oriented; the use of social media by companies with regard the regulations / rules, implementing coordination team is good, does content social media management on a regular basis, their social media monitoring, and editorial from the agency applied before publishing on social media with the aim to obtain prior approval from the Media Communication; and the reasons for the use of social media because of the dissemination of information quickly, easily communicated, reasonable prices, the number of applicants is much closer to the community, the development of technology, the trend of communication media at this time, the word greeting that can be used via social media, the hashtag to applied in social media as a form of categorization and spread information, and social media are dynamic.

Keyword: Brand Equity, Marketing Communication, Information and Communication Technology (ICT), Social Media.

Abstrak. Perkembangan media sosial telah membawa perubahan pada pemanfaatan sarana komunikasi yang saat ini dipermudah dengan sarana berbasis internet. Pemanfaatan media sosial sebagai bentuk sarana penunjang dari kegiatan brand equity dari PT. Pos Indonesia (Persero) melalui pemilihan layanan Twitter, Facebook, Instagram dan Web Site. Penambahan nilai terhadap produk dan pelayanan dari PT. Pos Indonesia (Persero) dari kegiatan brand equity ini tentunya berperan kepada pemasaran, yang dimana melalui penambahan nilai, masyarakat akan mengetahui produk dan pelayanan yang disajikan. Kegiatan brand equity yang dilakukan meliputi beberapa aspek, yaitu program, perkembangan produk, perkembangan jenis pelayanan, penggunaan media sosial, dan alasan dari penggunaan media sosial. Metode penelitian yang digunakan dari penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Objek dari penelitian ini adalah penggunaan media sosial oleh PT. Pos Indonesia (Persero) dalam membangun brand equity dari perusahaan. Subjek dari penelitian ini adalah bagian Media Komunikasi PT. Pos Indonesia (Persero). Hasil dari penelitian ini, yaitu program yang dikemas oleh bagian Media Komunikasi PT. Pos Indonesia (Persero) dengan memanfaatkan sarana digitalisasi; perkembangan produk dari PT. Pos Indonesia (Persero) adalah dengan adanya lacak kiriman di website, produk Pos Payment, dan e-commerce; perkembangan jenis pelayanan, yaitu saat ini pelayanan PT. Pos Indonesia (Persero) sudah berbasis IT, pelayanan pos lebih mengusung kepada nilai corporate image, dan pelayanan saat ini fokus kepada value oriented; penggunaan media sosial oleh perusahaan dengan memperhatikan regulasi/ aturan yang berlaku, menerapkan koordinasi tim yang baik, dilakukannya content social media management secara rutin, adanya social media monitoring, dan editorial dari agensi diterapkan sebelum mempublikasikan di media sosial dengan tujuan untuk mendapatkan persetujuan terlebihdahulu dari pihak Media Komunikasi; dan alasan penggunaan media sosial dikarenakan penyebaran informasi cepat, kemudahan dalam berkomunikasi, harga yang terjangkau, jumlah peminat yang banyak, dekat dengan masyarakat, perkembangan teknologi, trend media komunikasi saat ini, adanya kata sapaan yang dapat digunakan melalui media sosial, adanya hashtag yang dapat diterapkan di media sosial sebagai bentuk pengkategorisasian dan ketersebaran informasi, dan media sosial bersifat dinamis.

Kata kunci: Brand equity, Komunikasi Pemasaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi, media sosial.


References


Chandra, Gregoriu. 2002. Strategi dan program Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset

Ginting, Rosmani. 2013. Perancangan Produk. Yogyakarta: Graha Ilmu

Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, anggaran. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu

Moleong, Lexi. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nicolino, Patricia F. 2007. Brand Management. Jakarta: Prenada Media Group

Rangkuti, Freddy. Strategi Promosi yang Kreatif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Ruslan, Rosady. 2005. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sedarmayanti. 2014. Manajemen Strategi. Bandung: PT. Refika Aditama

Soeprapto, Riyadi. 2002. Interaksionisme Simbolik. Malang: Pustaka Pelajar Averroes Press

Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet: Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Susanto, A.B. dan Wijanarko. 2004. Power bran-ding: Membangun merek unggul dan orga-nisasi pendukungnya. Jakarta: Quantum Bisnis & Manajemen.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relation. Bandung: LPPM Unisba




DOI: https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.