Strategi Komunikasi Pemasaran Indihome Melalui Aplikasi Mobile My Indihome (Studi Kasus di Direktorat Konsumer PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk)

Roosnelly Wahyuning Setiotirin

Abstract


Strategi Komunikasi Pemasaran Indihome Melalui Aplikasi Mobile My Indihome

(Studi Kasus di Direktorat Konsumer PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk)

Roosnelly Wahyuning Setiotirin

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Pascasarjana Universitas Islam Bandung

Email: roosnelly@telkom.co.id

Abstrak. Penelitian ini adalah sebuah penelitian studi kasus yang dilakukan di sebuah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah memahami strategi komunikasi pemasaran IndiHome terutama menggunakan aplikasi Mobile My IndiHome sebagai instrumen pemasarannya. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memahami strategi komunikasi pemasaran IndiHome terutama menggunakan aplikasi Mobile My IndiHome sebagai instrumen pemasarannya. Penelitian ini ditujukan pada implementasi bukan pada evaluasi implementasi strategi pemasarannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data utama penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer di dapat melalui wawancara mendalam serta observasi pada saat pelaksanaan strategi. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumen perusahaan maupun analisis dokumen dari instansi yang terkait dan pihak yang mendukung kelengkapan informasi yang dibutuhkan. Terkait dengan implementasi strategi pemasaran IndiHome dengan menggunakan My IndiHome, analisis memperlihatkan bahwa beberapa informan penelitian mengatakan dengan gamblang komunikasi pemasaran IndiHome menggunakan aplikasi teori Integrated Marketing Communication yang juga menjadi instrumen analisis, sehingga implementasi strategi dapat dianalisis secara komprehensif. Hasil penelitian bahwa Strategi Komunikasi Pemasaran IndiHome Melalui Aplikasi Mobile My IndiHome memperlihatkan bahwa My IndiHome dijadikan sebagai strategi utama komunikasi pemasaran IndiHome. Pembentukan strategi ini kemudian dilengkapi dengan visi bahwa My IndiHome menjadi sebuah customer experience hub, dimana aplikasi ini tidak saja sebagai saran promosi, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang diharapkan/ditargetkan oleh Telkom dapat menjaring pengguna dan lebih memanjakan pelanggan IndiHome yang menggunakan My IndiHome.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, My Indihome,  Customer Experience Hub


References


Moleong, L. J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya

Yin, R. K. (2009). Case Study Research: Designs and Methods (4th ed.). Thousand Oaks, California: Sage Publications

Jurnal

Scolari, C. A. (2009). Mapping conversations about new media: the theoretical field of digital communication. New Media Society, 11(6), 943-964.

Winer, R. S. (2009). New Communications Approaches in Marketing: Issues and Research Directions. Journal of interactive marketing, 23(2), 108-117.

Lainnya

Rosabel, D. (2016, Januari 27). Digital in 2016. Diambil kembali dari We Are Social: http://wearesocial.com/sg/special-reports/digital-2016

Telkom Indonesia. (2015). Membangun Masyarakat Digital Indonesia. Bandung: Telkom Indonesia.

Telkom Indonesia. (2016, November 8). My Broadband IndiHome. Diambil kembali dari Telkom Indonesia: http://www.telkom.co.id/products/my-broadband/IndiHome

Telkom Indonesia. (2016, November 8). Aplikasi Mobile MyIndiHome. Diambil kembali dari IndiHome Fiber: http://www.IndiHome.co.id/MyIndiHome




DOI: https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.