Perkembangan Paradigma Epistemologi dalam Filsafat Islam
Abstract
Abstract. Based on historical reports, Islamic epistemology paradigm has evolved from time to time bringing different schools each other. This paper aims at revealing such differences. Methods employed are philosophical Literary Review where compiled data are analyzed inductively to formulate theoretical constructions. Research findings reveal that peripatetic philosophers highlight their mind as a dominant tool to gain knowledge using demonstrative method (burhani).Whilst illuminative philosophers, ‘irfaniyyin, and Sufis believe that knowledge can only be derived from mystical intuition after purification of the heart (qalb) trough practices (riya-ah). Different schools such as ones held by Mulla Sadra and Abed al-Jabiri are based on those distinctive principles.
Keywords: epistemology, science, knowledge, ratio, intuition and philosophy
Abstrak. Paradigma epistemologi pemikiran Islam menurut laporan sejarah mengalami perkembangan dari zaman ke zaman, yang berbeda prinsip antara aliran yang satu dengan yang lain. Tulisan ini bertujuan untuk menguak letak perbedaan antara aliran-aliran tersebut. Metode kepustakaan filsafat dilakukan dengan analisa data induktif untuk merumuskan konstruksi teoritik. Temuan penelitian ini adalah, bahwa para filosof Muslim Paripatetik mengedepankan akal atau rasio sebagai alat yang paling dominan untuk memperoleh pengetahuan yang benar dengan menggunakan metode demonstratif (burhani). Sementara filosof iluminasi, kaum ‘irfani, dan kaum sufi berprinsip bahwa pengetahuan hakiki hanya dapat diperoleh melalui intuisi-mistik, setelah melalui proses penyucian hati (qalb) dengan berbagai bentuk latihan (riya-ah). Sementara epistemologi Mulla Sadra menggunakan tipe “hikmah”, yaitu pemaduan antara visi rasional dengan visi mistik, yang kemudian diselaraskan dengan syari’at. Epistemolog kontemporer, Abed al-Jabiri memilih epistemologi burhani yang meyakini bahwa sumber pengetahuan adalah rasio, bukan teks atau intuisi.
Keywords: epistemologi, ilmu, pengetahuan, rasio, intuisi dan filsafat
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amien, Miska, M. 1983. Epistemologi Islam. Jakarta: Universitas Indonesia.
Abdullah, M. Amin. 2006. Islamic Studies di Perguruan Tinggi. Yoyakarta, Pustaka Pelajar.
Afifi, A.E. 1989. Filsafat Mistik Ibn ‘Arabi, ter. Syahrur Mawi dan Nandi Rahman. Jakarta: Media Pratama.
Al-Ahwani, Fu’ad. tt. Dirasat al-Falsafah al-Islamiyyah. Mesir: D?ar al-Fikr.
Amstrong, Amatullah. 1996. Khazanah Istilah Sufi, Kunci Memasuki Dunia Tasawuf, ter. Nasrullah dan Ahmad Baiquni. Bandung: Mizan.
Asy’arie, Musa. 9111. Filsafat Islam, Kajian Ontologis, Epistemologis, Aksiologis, dan Perspektif. Yogyakarta: LESFI.
Drajad, Amroni. 2005. Suhrawardi, Kritik Falsafah Paripatetik. Yogyakarta: LKIS.
Al-Gazali, Imam. tt. I+ya’ ‘Ulum al-Din, Jilid 3. Surabaya: Salim Nabhan.
Hamdi, Ahmad Zaenul. 2004. Tujuh Filsuf Muslim. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Hartoko, Dick. 1986. Kamus Populer Filsafat. Jakarta, Rajawali Press.
Ibn ‘Arabi, Mu+yi ad-Din. tt. al-Futu+at al-Makkiyyah, Jilid 1. Bayrut, Dar-al-Fikr.
Ibn Sina. 2009. A+wal al-Nafs, ter. M.S. Nasrullah. Bandung: Pustaka Hidayah.
Al-Jabiri, ‘Abid. 1999. Bunyah al-‘Aqli al-‘Arabi. Bayrut: Markaz al-Thaqafi al-‘Arabi
Jumantoro dan Syamsul Munir. 2005. Kamus Ilmu Tasawuf. Wonosobo: Amza.
Kartanegara, Mulyadi. 2002. Panorama Filsafat Islam. Bandung: Mizan.
Kaelan. 2005. Metodologi Penelitian Filsafat. Yoyakarta: UGM.
Kadir, Muslim A. 2003. Ilmu Islam Terapan. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Labib, Muhsin. 2004. Mengurai Tasawuf, ‘Irfan dan Kebatinan. Jakarta: Lentera.
Muslih, Muhammad. 2008. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Belukar.
Musthofa, Ahmad. 1997. Filsafat Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Muthahhari, Murtadla. 2002. Filsafat Hikmah, Pengantar Pemikiran Sadra, ter. Mizan. Bandung: Mizan.
Nur, Syaifan. 2003. Filsafat Mulla Sadra. Jakarta: Teraju.
Rahman, Fazlur. 2000. Filsafat Shadra, ter. Munir A. Muin. Bandung: Pustaka. ____________. 1975. The Philosohopy of Mulla Sadra. New York: State University of New York Press, Albany.
Rahmat, Jalaluddin. 2004. al-Hikmah al-Mutaaliyah, Filsafat Islam Pasca Ibn Russyd. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sadra, Mulla. 1981. al--ikmah al-Muta‘aliyah fi al-Asfar al-Aqliyyah al-Arba‘ah, Jilid 1. Bayrut: Dar al-I+ya’ al-Turath al-Arabiyyah.
____________.1967.Al-Syawa+id al-Rububiyyah. Mashhed: University Press. ____________. 1984. Mafati+ al-Gayb. Teheran: Academy of Philosophy.
____________. 1984. Iksir al-‘Arifin. Tokyo: Jami’ah Tokyo. Sharif, MM (ed). 1998. A history of Muslem Philosophy. Delhi: Low
Price Publication. Suriasumantri, Jujun S. 1983. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Suhartono, Suparlan. 2008. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: al-Ruzz Media.
J. 2002. Epistemologi Dasar, Pengantar Filsafat Pengetahuan. Yogyakarta: Kanisius.
Surajiyo. 2008. Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Suhrawardi, Shi+ab al-Din. 2003. -ikmah al-Ishraq, ter. Muhammad al-Fayyadl. Yogyakarta: Islamika.
Syukur, Suparman. 1996. Epistemologi dalam Filsafat Ibn Rushd. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga.
____________. 2007. Epistemologi Islam Skolastik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tafsir, Ahmad. 1998. Filsafat Umum, Akal dan Hati Sejak Thales Sampai James. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Taftazani, Abul Wafa. 2003. Pengantar Tasawuf Islam, ter. Rafi’ Usmani. Bandung: Pustaka.
al-Walid, Khalid. 2005. Tasawuf Mulla Sadra. Bandung: Muthahhari Press.
Wahyudi, Imam. 2007. Pengantar Epistemologi. Yogyakarta: LIMA dan Faisal Fondation.
Yazdi, Mehdi Haeri. 1994. Ilmu Huduri, Prinsip-Prinsip Epistemologi dalam Filsafat Islam, ter. Ahsin Muhammad. Bandung: Mizan.
DOI: https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4263