Komunikasi Antarpribadi Ibu Dalam Mendidik Anak Berprestasi Akademik (Studi Kasus Pada Ibu Yang Berprofesi Sebagai Guru Bimbingan Konseling Yang Tergabung di Musyawarah Guru Bimbingan Konseling di Kabupaten Kuningan-Jawa Barat dalam Mendidik Anak Berprestasi Akademik Tahun 2016)
Abstract
Komunikasi Antarpribadi di dalam keluarga merupakan tempat yang penting bagi setiap orang untuk bersosialisasi. Keluarga dengan segala permasalahannya mampu menumbuhkan rasa kebersamaannya bagi para anggotanya. Oleh karena itu, penting bagi sebuah keluarga dalam kebersamaannya menumbuhkan rasa saling memiliki. Orangtua khususnya ibu yang memilih untuk bekerja, tidak dapat lepas dari tanggungjawabnya sebagai pendidik utama bagi anaknya agar proses belajarnya tetap berlangsung dengan terarah. Dengan komunikasi Antarpribadi yang efektif diharapkan terjalin harmonisasi antara ibu yang berprofesi sebagai guru konseling dengan anak yang berprestasi akademik.
Penelitian di lakukan di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengerjaan studi kasus mencakup suatu situasi yang secara keseluruhan berbeda. Dalam melakukan observasi terhadap kegiatan, peneliti mencampuri dunia subjek yang akan diselidiki.
Penelitian ini mencoba menjawab tentang 1). Karakteristik komunikasi Antarpribadi Ibu dalam mendidik anak berprestasi akademik, 2) Penggunaan media komunikasi Antarpribadi Ibu dalam mendidik anak berprestasi akademik, 3) Faktor pendukung komunikasi Antarpribadi Ibu dalam mendidik anak berprestasi akademik. 4) Alasan Kompetensi Komunikasi Antarpribadi Ibu menjadi faktor penting dalam mendidik anak berprestasi akademik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam 1). Karakteristik komunikasi Antarpribadi Ibu dalam mendidik anak berprestasi akademik ditemukan 5 karakteristik, 2) Penggunaan media komunikasi Antarpribadi Ibu dalam mendidik anak berprestasi akademik ada yang menggunakan berbagai jenis media komunikasi serta diterapkan aturan dalam penggunaannya , 3) Faktor pendukung komunikasi Antarpribadi Ibu dalam mendidik anak berprestasi akademik ditemukan 4 faktor yaitu atraksi interpersonal, persepsi interpersonal, konsep diri dan hubungan. 4) Ditemukan 4 Alasan Kompetensi Komunikasi Antarpribadi Ibu menjadi faktor penting dalam mendidik anak berprestasi akademik.
(Kata Kunci:komunikasi antarpribadi, ibu, anak, berprestasi,akademik)
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ascan, F.K. & Anne, M.F. (2002, February). Family Communication. Communication Theory, 12(1), 70-91.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Alex Sobur. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Alteza, M. & Hidayati, L. N. Work family conflict pada wanita bekerja: Studi tentang penyebab, dampak, dan strategi coping. Universitas Negeri Yogyakarta.
Azwar, Syaifuddin. 1995. Sikap Manusia (Teori dan Pengukurannya), Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Akhyak,2005. Profil Pendidikan Sukses, (Surabaya : Elkaf.
Beebe, Steven A, Susan J. Beebe, Mark V. Redmond. 2005
Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif. Jakarta: Kencana Media Grup
Cangara, Hafied. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Chaplin, J. P. (2008). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo.
DR. C. Asri Budiningsih, 2004. Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rinika Cipta, Yogyakarta. Hal. 39-40.
DeVito, J.A. (2007). Komunikasi antar manusia. Jakarta: Professional Books.
Effendy, O.U. (2007). Ilmu, teori, dan filsafat komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Hurlock, Elizabeth B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang. Kehidupan. Jakarta : Erlangga.
Frank, R. & Livingstone, K. E. (1999). Equal Balanced Parenting and The Involved Father New York: St. Martin's Press.
Friedman, M. 2010. Buku Ajar Keperawatan keluarga: Riset, Teori, dan Praktek. Edisi ke-5. Jakarta: EGC Komunikasi Interpersonal (Interaksi Keseharian).
Goleman, D. (2002). Working With Emotional Intelligence. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. (Terjemahan Alex Tri Kantjono Widodo). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Liliweri, Alo.2015. Komunikasi Antar Personal. Jakarta : Prenamedia Group.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Dedy.2005,Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, bandung:Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung; PT Remaja Rosdakarya
Morissan. 2010. Psikologi Komunikasi. Bogor : GHlmia Indonesia.
Omas Ihromi, Wanita Bekerja dan Masalah-masalahnya, dalam Toety Hearty Nurhadi dan Aida Fitalaya S. Hubeis (editor), Dinamika Wanita Indonesia seri 01: Multidimensional, Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita, Jakarta, 2000, hlm. 38.
Pawito. (2007). Penelitian komunikasi kualitatif. Yogyakarta: LkiS Pelangi Aksara Yogyakarta.
Rakhmat, Jalaluddin. 2008. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak, edisi ke-11 jilid 1. Penerbit Erlangga,. Jakarta.
Segrin, C. & Flora, J. (2008). Family Communication. New Jersey: Laurence Erlbaum Associates.Inc
Santrock, J.W. 2007. Psikologi Pendidikan (edisi kedua). (Penerj. Tri Wibowo B.S). Jakarta: Kencana.
Sendjadja, S. Djuarsa.2004. Teori Komunikasi. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung:Alfabeta, 2010)
Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi11. Jakarta:Erlangga
Sugiyo. 2005. Komunikasi Antarpribadi. Semarang: UNNES Press.
Sudjana, Nana.. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Usman, Basyirudin dan Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Delia Citra
Utama.
Vardiansyah, D. (2004). Pengantar ilmu komunikasi. Bogor: Pernerbit Ghalia Indonesia.
Wirjokusumo, I. & Ansori. (2009). Metode penelitian kualitatif bidang ilmu-ilmu sosial humaniora: Suatu pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Grasindo.
West, Richard dan Lynn H. Turner.2008. Pengantar Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
Sendjadja, S. Djuarsa.2004. Teori Komunikasi. Jakarta : Universitas Terbuka.
Supratiknya, A. 2006. Komunikasi antar pribadi : tinjauan psikologis. Yogyakarta: Kanisius.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Supartono W, Drs. 2004. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Ghalia Indonesia
Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Grasindo.
Wood, Julia T. 2010. Komunikasi Interpersonal : interaksi keseharian. Jakarta : Salemba Humanika.
DOI: https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4960
Refbacks
- There are currently no refbacks.