PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH ASIH PUTERA KOTA CIMAHI

nusi nusantari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman guru tentang reward and punishment yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Asih Putera Kota Cimahi terhadap pembentukan akhlak. Reward and Punishment diterapkan sebagai alat pendidikan yang membantu memberikan motivasi siswa dalam melakukan hal yang baik dan memberikan efek jera terhadap tingkah laku yang melanggar aturan. Penerapan Reward and Punishment bukan untuk sekedar menyenangkan anak atau untuk balas dendam tetapi untuk membimbing akhlak anak kearah yang lebih baik. Rumusan masalah penelitian ini : 1) Bagaimana penerapan Reward and Punishment terhadap pembentukan akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Asih Putera Kota Cimahi ?, 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi diterapkannya Reward and Punishment terhadap pembentukan akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Asih Putera Kota Cimahi ?

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Penerapan Reward and Punishment terhadap pembentukan akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Asih Putera Kota Cimahi, 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi diterapkannya Reward and Punishment terhadap pembentukan akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Asih Putera Kota Cimahi.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah koleksi data, editing, interpretasi data dan penyajian data. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan Reward and Punishment yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Asih Putera Kota Cimahi, sebagai berikut : Reward berupa pujian, acungan jempol, tepuk tangan, hadiah, penghormatan dan penghargaan. Sedangkan Punishment berupa hafalan surat-surat juz amma, menulis Al-Qur’an, tugas tambahan, bersih-bersih kelas dan teguran. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya yang terdiri dari faktor internal dan ekternal. Faktor internal yaitu dari dalam diri anak itu sendiri seperti kecerdasan, minat, bakat dan motivasi. Adapun faktor eksternal yaitu lingkungan sosial meliputi keluarga, sekolah dan masyarakat.

 

Kata Kunci    : Reward, Punishment dan Pembentukan Akhlak


References


Abuddin Nata. 2003.

Akhlak Tassawuf. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Ahmad D Marimba. 1998.

Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Rineka Cipta

Ahmad Tafsir. 1991.

Ilmu Pendidikan dalam persprektif Islam. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemah, Jakarta.

Departemen Agama RI, Panduan Kegiatan Ekstra Kurikuler Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag.

Indrakusuma, Amier Daien. 1973. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya :. Usaha Nasional.

Matta, Anis. 2006.

Membentuk Karakter Cara Islam. Jakarta : Al-I’tisham cet III hal 14.

Moch Ali. 1992.

Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung : Angkasa.

Mohd Athiah Al-Abrasy.1990.

Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam (Attarbiyah Al-Islamiyah), Jakarta. terj. Bustami A Gani. Bulan Bintang.

Moleong, Lexy J.2011.

Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Muhaimin. 2005.

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan di Madrasah dan di Perguruan Tinggi, PT Rajagrafindo.

Nasution. 2003.

Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Tarsito.

Nata, Abudin. 2012.

Akhlak Tasawuf. Jakarta : Rajawali Pers.

Noeng Muhajir. 2000.

Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Rake Sarasin.

Purwanto, M. Ngalim. 2000. Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : Rosdakarya.

Quthb, Muhammad. 1993.

Sistem Pendidikan Islam. Bandung : Al-Ma’arifat.

Ramayulis.2002.

Ilmu Pendidikan Islam, cet. 5. Jakarta : Kalam Mulia.

SastraPradja, M. 1978.

Kamus Istilah Pendidikan dan Umum. Surabaya : Usaha Nasional, hal 169.

Sugiono. 2009.

Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Faktor Media. 2003

Zakiyah Darajat dkk, 1992.

Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara.

Fauziah Neneng. 2015.

Pengaruh penerapan metode pembiasaan dan metode Reward and Punishment menjelang Pembelajaran Agama Islam terhadap karakter peserta didik. Bandung : Pascasarjana Universitas Islam Negeri Bandung.




DOI: https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.