Pengaruh Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan terhadap Kinerja Lingkungan (Survey pada Perusahaan tekstil yang telah mengikuti PROPER di Kab. Bandung Tahun 2015-2016)

Kania Dewi, Nurleli Nurleli, Rini Lestari

Abstract


Abstract. This research originated from the many phenomenon of environmental damage caused by industrial development, one of them in Bandung Regency which became the largest textile industry region in Indonesia. The purpose of this study is to determine the application of environmental management accounting, environmental performance and the influence of the application of environmental management accounting on environmental performance in textile companies that have followed PROPER in Bandung regency 2015-2016. The research method used in this research is survey research method and verificative with quantitative approach. Data collection techniques in this study using questionnaires. Sampling technique in this research is nonprobability sampling with purposive sampling type. Hypothesis testing used is simple linear regression analysis. The results of this study indicate that the application of environmental management accounting on textile companies that have followed PROPER in Bandung regency 2015-2016 are included in good criteria, environmental performance in textile companies that have followed PROPER in Bandung regency 2015-2016 are also included in the criteria well, the application of environmental management accounting affects the environmental performance of textile companies that have followed PROPER in Bandung regency 2015-2016.

Keywords : Environmental Management Accounting, Environmental Performance, PROPER.

Abstrak. Penelitian ini berawal dari banyaknya fenomena kerusakan lingkungan yang di timbulkan oleh perkembangan industri, salah satunya di wilayah Kabupaten Bandung yang menjadi wilayah industri tekstil terbesar di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan akuntansi manajemen lingkungan, kinerja lingkungan dan besarnya pengaruh penerapan akuntansi manajemen lingkungan terhadap kinerja lingkungan pada perusahaan tekstil yang telah mengikuti PROPER di Kabupaten Bandung tahun 2015-2016.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini yaitu nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan akuntansi manajemen lingkungan pada perusahaan tekstil yang telah mengikuti PROPER di Kabupaten Bandung tahun 2015-2016 termasuk dalam kriteria baik, kinerja lingkungan pada perusahaan tekstil yang telah mengikuti PROPER di Kabupaten Bandung tahun 2015-2016 juga termasuk dalam kriteria baik, penerapan akuntansi manajemen lingkunganberpengaruh terhadap kinerja lingkungan pada perusahaan tekstil yang telah mengikuti PROPER di Kabupaten Bandung tahun 2015-2016.

Kata Kunci : Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan, Kinerja Lingkungan, PROPER.


Full Text:

PDF

References


Burhany, Dian Imanina. 2011. Pengaruh Implementasi Akuntansi Lingkungan terhadap Kinerja Lingkungan dan Pengungkapan Informasi Lingkungan serta Dampaknya Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Indonesian Journal of Economics and Business 1(2): 257-270.

. 2013. Akuntansi Manajemen Lingkungan, Alat Bantu untuk Meningkatkan Kinerja Lingkungan dalam Pembangunan Berkelanjutan. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan – Volume 17, Nomor 3: 279 – 298.

De Beer, P. dan F. Friend. 2006. Environmental Accounting: A management Tool for Enhaching Corporate Environmental and Economic Performance. Ecological Economics 58: 548-560.

Deegan, C. 2002. The legitimising effect of social and environmental disclosures - a theoretical foundation. Accounting, Auditing & Accountability Journal, Vol. 15, No. 3, pp. 282–311.

Doorasamy, M. dan H L Garbharran. 2015. Assessing The Use Of Environmental Management Accounting As A Tool To Calculate Environmental Costs And Their Impact On A Company's Environmental Performance. International Journal of Management Research and Business Strategy 4(1): 35-52.

Derchi, G.B., Burkert, M. & Oyon, D. 2013. Environmental Management Accounting System: A Review of the Evidence and Propositions for Future Research.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Lanjutan dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7. (Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang).

Hansen & Mowen, 2009. Akuntansi Manajerial dialih bahasakan oleh Deni Arnos Kwary. Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.

IFAC (International Federation of Accountants). 1998. International Guidance Document: Environmental Management Accounting.

. 2005. International Guidance Document: Environmental Management Accounting. New York, USA.

Ikhsan, Arfan. 2009. Akuntansi Manajemen Lingkungan. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Indiyanto, Nur dan Bambang, S. 2002. Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BFEE UGM.

Kumar, K., Subramaian, R., and Strandholm, K. 2004. Competitive Strategy, environmental scanningand performance: a context specific analysis of their relationship. International Journal of Commerce and Management, 11(1), 1-33.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2006. Perencanaan dan Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Refika Aditama.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenada Media Group.

Nurhayati, Win, Helliana. 2015. Statistik Penelitian Dengan SPSS v.17.0.

Palupi, Mega. 2015. Pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Kinerja Lingkungan. (Skripsi) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung.

Riduwan dan Kuncoro, Engkos Ahmad. 2008. Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur. Bandung: Alfabeta.

Sekaran, Uma. 2014. Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suratno, Ignatius Bondan, Darsono, dan Siti Mutmainah (2006) Pengaruh Environmental Performance terhadap Environmental Disclosure Dan Economic Performance (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Periode 2001-2004). Makalah pada Simposium Nasional Akuntansi 9. Padang, 23-26 Agustus 2006.

Wicaksono. 2012. Faktor-Faktor Yang Berpengaruhi Terhadap Kinerja Lingkungan Studi Pada Perusahaan PROPER Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. (Skripsi) Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

http://menlh.proper.go.id




DOI: https://doi.org/10.29313/ka.v18i1.3068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Kajian Akuntansi

Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-074X | ISSN 1693-0614