JENIS-JENIS ORDINAL BARISAN CACAH SEBAGAI PERLUASAN BILANGAN HINGGA BESERTA HIRARKI-HIRARKINYA

Ravi Ahmad Salim, Ernastuti Ernastuti, Erwin Harahap, Norawati Norawati

Abstract


Sifat menyerap pada penjumlahan ordinal adalah fenomena menghilangnya seluruh atau sebagian ordinal pada penjumlahan, misalnya 2+w = w, (w+2)+w = w2. Orca adalah singkatan dari ordinal barisan cacah yaitu barisan-barisan bilangan cacah tertentu sebagaimana didefinisikan di bawah. Pertama tulisan ini mengemukakan upaya melenyapkan sifat menyerap operasi penjumlahan ordinal melalui pembentukan korespondensi F antara sistem ordinal dengan sistem orca. Bertolak dari barisan-barisan konstan sebagai wakil bilangan cacah, dengan merumuskan “tambah satu” (+1) dan penjumlahan berbentuk S+S+S+... atas barisan-barisan bilangan cacah diperoleh orca-orca. Penjumlahan perluasan atas barisan ternyata mewakili penjumlahan ordinal tanpa penyerapan.        Kedua tulisan ini membahas bagaimana orca-orca tersusun dalam sebuah hirarki yang didasarkan atas polinom-polinom pendefinisinya. Dari hirarki ini dapat dikaitkan dengan hipotesis kontinum serta konsep kardinal-kardinal tak terjangkau dalam teori ordinal. Dengan demikian diperoleh sumbangan teori ordinal terhadap teori orca. Ketiga tulisan ini menjelaskan bagaimana mengembangkan sistem bilangan yang sejajar dengan sistem-sistem bilangan bulat, pecahan, dan real namun dengan memasukkan seluruh sistem orca dari bagian pertama ke dalamnya.


References


Bartle, Robert G. (1976). Elements of Real Analysis, John Wiley & Sons, New York, 1976.

Devlin, Keith. (1996). The Joy of Sets, Springer Verlag, New York.

Enderton, Herbert D. (1977). Elementary Set Theory, Academic Press, Orlando, Florida.

Garwati, Eka Triyani. (2006). Penyederhanaan Informasi Matriks Umum menggunakan Sifat-sifat Aljabar Matriks, Skripsi Jurusan Matematika Universitas Islam Bandung, Bandung.

Kurnia, Dede Budi (2006). Teorema-teorema Dasar Kalkulus dalam Analisis Tak Baku menggunakan Ordinal Real, Skripsi Jurusan Matematika Universitas Islam Bandung, Bandung.

Norawati. (2006). Pengembangan Konsep Ordinal barisan Cacah dari Ordinal von Neumann, Skripsi untuk diajukan pada sidang sarjana Universitas Islam Bandung, Bandung.

Salim, Ravi Ahmad & Ernastuti. (2006). Mengatasi Sifat Menyerap Penjumlahan Ordinal dengan Ordinal Barisan Cacah, Universitas Gunadarma, Jakarta.

Salim, Ravi Ahmad & Erwin Harahap & Norawati (2006)., Hirarki Polinom untuk Ordinal Barisan Cacah serta Pengambangannya, Jurusan Matematika, Universitras Islam Bandung, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.29313/jmtm.v6i1.3376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Matematika

ISSN : 1412-5056 | E-ISSN 2598-8980  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Indexed by: